Kreasi KEJUTAN Kecil yang Mengesankan

Posted on September 3rd, 2013

“Leadership is action, not position.” (Donald H. McGannon)

DI LUAR DUGAAN, ucapan “Selamat Ulang Tahun” paling awal dari seorang teman pagi itu mendapatkan sahabatnya lagi sendirian karena suaminya dan juga anaknya sedang bertugas ke luar kota. Sementara itu, bulan lalu karena kesibukan, dia bahkan baru mengirimkan pesan Selamat Ulang Tahun kepada sahabatnya yang lain, dua hari kemudian.

Dan juga mengejutkan komentar sahabatnya: “Biasanya kamu yang paling pagi kirim SMS.” Yang ditanggapi teman dengan bercanda: “Memang ditunggu toh!” Kawan itu hanya tersenyum. Dua cerita di atas adalah contoh kecil dari konsep FISH “Make Their Day.” Bayangkan hari mereka berubah menjadi berbunga-bunga hanya dengan pesan SMS itu, dan sekaligus menumbuhkan harapan untuk mendapatkan lagi di kemudian hari.

Konyol, Gurauan, FUN, Diramu Secara Kreatif

Pernahkah Anda sibuk mencari tahu apa yang paling dibenci atau tidak disukai teman demi mempersiapkan hari ulang tahunnya?? Mungkin jawabannya: TIDAK. Pernahkah terpikir untuk memberikan kado ulang tahun di kantor berupa tumpeng dengan semur jengkol?? Tanggapannya, mungkin begini: “Astaga, dari mana ide gila itu??

Dua ide tersebut  sungguh konyol, tapi di sini letak kejenakaan tim untuk menciptakan kejutan kecil. Hari itu, Felice yang berulang tahun. Dan dalam kamus hidup pribadinya, buah melon dan jengkol adalah makanan yang kalau perlu tidak dilihatnya, kalau tidak mau dibilang dibencinya, apalagi jengkol.

Tapi hari itu, di hari yang seharusnya Felice bergembira, dia disodorkan lilin ulang tahun yang ditancapkan di atas belahan buah melon, ditambah hadiah berupa tumpeng yang lengkap dengan jengkol!!

Tidak semua teman-teman paham akan makanan ketidak-sukaan Felice tersebut. “Oooo baru tahu kami hari ini..!” komentar beberapa kawan. Dan semua teman-teman, termasuk Felice sendiri menangkap gurauan segar tersebut, sekaligus membuat Felice harus berpikir keras untuk bagaimana caranya meniup lilin tersebut. Dan makan siang menjadi tambah meriah karena Felice dengan senang hati mempersembahkan kembali tumpeng itu untuk disantap ramai-ramai.

Kejelian, Kejutan yang Sulit Dilupakan

Telpon sang istri berdering, dan Hotben berkisah dengan napas masih belum teratur:

Saya barusan dimarahin atasan saya, karena dianggap tidak menjalankan tugas dalam event kemarin, padahal saya merasa samasekali tidak bersalah!

“Coba simak baik-baik, mungkin papa memang salah, mana mungkin atasan memarahimu kalau tidak ada alasan!,” demikian nasehat istri sambil menenangkan Hotben.

Yang mau saya ceritakan adalah peristiwa berikut ini!” sahut Hotben, dan istrinya pun mendengar penuh cemas.

Hotben memang merasa tidak bersalah, dan atasannya semakin keras menekankan, mana mungkin saya dilaporkan kalau itu tidak benar. Ketika Hotben meminta disebutkan siapa nama yang mengadu, atasannya meminta dia untuk sekarang juga ke ruang meeting, karena orangnya menunggu di sana. Biar semuanya jelas pagi ini!!

Dan begitu pintu ruang meeting dibuka, Hotben, staf bagian GA, dikagetkan dengan sambutan lagu “Selamat Ulang Tahun” oleh teman-teman yang sudah berkumpul di dalam. Dan dalam kesempatan sepata dua kata, Hotben menyampaikan keharuannya sambil mengatur napasnya yang belum teratur:

Saya tidak menduga kalau kejadian dimarahi atasan adalah sekedar scenario sambil menunggu teman-teman berkumpul. Dan dalam usiaku yang sudah 43 tahun, baru kali ini saya diberikan kejutan ulang tahun dengan acara tiup lilin seperti ini, acara yang merupakan perhatian dari teman-teman semua. Sungguh saya tidak menyangka.

Dalam acara bincang-bincang hari itu, Hotben Tindoan, staf GA yang sudah mempunyai dua anak pria, kelas 3 SMA dan kelas 2 SMP,  bercerita bahwa  kebiasaan keluarga mereka di hari ulang tahun selama 17 tahun menikah:

Pagi-pagi bersama istri dan anak berdoa mensyukuri rahmat kehidupan. Baru kali ini mendapatkan perayaan dengan kejutan seperti itu. Saya sungguh berterima kasih sama teman-teman!

Kreatifitas dan Belajar

Bersamaan dengan perayaan kecil tadi, Make Their Day Team juga mengirim ucapan Selamat Ulang Tahun via email, bersamaan dengan sebuah quote manis untuk mengingatkan kami semua:

“Leadership is action, not position.” (Donald H. McGannon)

Dan saya pun menanggapinya:

Dear Rani dan MAKE THEIR DAY Team,

Hari ini, team MAKE THEIR DAY memberikan kita contoh nyata tentang makna “MAKE THEIR DAY“, kejutan kecil untuk Hotben, tapi ini menjadi “Moment of Truth,” moment di mana dia yakin bahwa dia tidak sendirian karena banyak teman ada sekitarnya, moment yang sangat menggugah dia, bahwa setelah 43 tahun, dia bisa merasakan perayaan seperti hari ini, dan saya jamin, dia tidak akan pernah melupakannya.

Terima kasih Team atas kejutan kecil ini, dan teruskan mencari kejutan-kejutan kecil lainnya.

Joseph

Dan Hotben pun merespon, sekaligus menegaskan pengalaman pribadi dia pagi itu:

Dear Pak Yosep,

Terima kasih banyak pak atas surprise di pagi hari ini. Saya tidak pernah bermimpi untuk merayakan hari ulang tahun saya seperti acara tadi pagi, sungguh luar biasa dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada pak Supandi, Ibu Ina dan Ibu Fitri, ini sungguh moment yang tidak bisa saya lupakan dalam hidup saya, dan saya mengucapkan terimakasih untuk keluarga besar CHR semuanya dan GA secara khusus sebenarnya.

Salam saya, Hotben

Contoh seperti di atas ditemukan di mana-mana. Dan lebih banyak lagi kreasi di seputar moment-moment penting seperti itu yang bisa di-share untuk inspirasi kita semua. Silahkan berbagi contoh di tempat kerja kalian, seputar kejutan-kejutan kecil ulang tahun atau moment lainnya.

“I can’t understand why people are frightened by new ideas. I’m frightened of old ones.” (John Cage)

Bookmark and Share

2 Responses to Kreasi KEJUTAN Kecil yang Mengesankan

  1. Noor Ali says:

    kejutan yang bikin keharuan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life