Masa Depan Ada di Tanganmu!

Posted on February 25th, 2014

“The ultimate test of a man’s conscience may be his willingness to sacrifice something today for future generations whose words of thanks will not be heard.” (Gaylord Nelson)

SEMANGAT TIM dalam Annual Plan Meeting nampak jelas. Antusiasme mereka terpancar dari expresi di wajah. Diskusi kelompok seakan terlalu sedikit waktu, sementara ide-ide yang ingin disampaikan masih banyak. Pluit sebagai tanda untuk pindah ke booth unit lainnya sudah berbunyi, namun selalu saja ada upaya meminta tambahan waktu.

Mereka perlu balance antara disiplin waktu dan kesempatan menggali berbagai ide. Di sebuah hotel di Bandung, tim ini mengadakan meeting dengan tema: “We Make the Future

Di pojok ball room kita bisa melihat papan besar bertuliskan tema itu, sekaligus berbagai post-it berisi ide-ide yang merupakan kontribusi dari semua peserta, lintas fungsi.

Tema We Make the Future by josefbataona dotcom

Janji untuk Masa Depan

Kelompok Divisi ini memang mengemban misi mulia melalui brand-nya untuk menciptakan Generasi Mendatang yang Sehat dan Bergizi. Tag line-nya: “Be Healthy and get more out of life.” Dan ini harus dimulai dari saat ini, dengan memberikan makanan bergizi kepada bayi sejak dini.

Kita memang tidak menunggu datangnya “masa depan,” kita juga tidak ingin mendapatkan kejutan dengan munculnya berbagai hal, yang sebetulnya bisa kita persiapkan. Walaupun kita bicara tentang generasi mendatang yang populasinya sangat banyak, kawan-kawan ini ingin ikut berpartisipasi melalui produk yang dipunyai: produk untuk bayi dan ibunya.

Hidup Bermakna Mengusung Brand Social Mission

Dalam sharing session saya, semua peserta ditantang untuk melihat kembali keberadaan mereka di Perusahaan ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan:

  • Mengapa saya berada di perusahaan dan divisi ini??
  • Berapa banyak nilai tambah yang saya dapatkan karena bekerja di perusahaan ini, untuk kehidupan saya, baik professional, social, family, financial lives dll.
  • Bila jawabannya sedikit atau tidak ada (saya tidak percaya kalau itu jawabannya) maka mungkin sekarang saatnya untuk memutuskan, apakah akan tinggal di perusahaan ini atau harus keluar.
  • Tapi pertanyaan juga perlu diajukan: seberapa Nilai Tambah yang diperoleh perusahaan ini berkat kehadiranku sebagai karyawan. Karena bila kenyataannya ada nilai tambah untuk karyawan maupun perusahaan, maka akan ada ikatan emosional yang membuat karyawan ini mau tinggal dan berkarya sungguh-sungguh.

Karyawan, misalnya, boleh berbangga, bahwa karena bekerja di Perusahaan ini, dia ikut ambil bagian dalam menciptakan generasi mendatang yang sehat.

Dan karyawan sales di ujung tombak pun kalau menghayati “brand social mission” ini, maka ketika mereka membawa produk ke pelosok tanah air, di samping memikirkan penetrasi produk tersebut, merekapun menyadari bahwa mereka sedang memperluas wilayah yang menggunakan produk bergizi bagi bayinya, agar bisa tumbuh menjadi generasi sehat di masa mendatang. Mereka bangga, karena ini adalah MAKNA sebenarnya dari pekerjaan mereka.

Kebanggaan ini selanjutnya akan memunculkan rasa puas dan termotivasi untuk terus bekerja, kalau perlu hingga pensiun. Dan makna hidup inipun bertambah lengkap karena semua karyawan dipayungi values yang sama: discipline, integrity, respect, unite, innovation dan excellence.

Values by josefbataona dotcom

Perlu Lingkungan Kerja yang Menunjang

Salah seorang peserta menulis di post it, alasan kenapa pagi itu dia tersenyum: “Karena penampilan berbeda dari boss.”

Loh.. ada apa??

Memang di scenario, di sesi pembukaan, boss mereka muncul dalam kegelapan dari belakang dengan pakaian sangat casual, jean dan jacket kulit, sebuah pemandangan kontras yang sengaja dibuat dibandingkan dengan casual yang di kantor. Dan sangat pas. Seluruh acara mengalir dalam suasana yang sangat menunjang untuk menyerap berbagai ilmu dan pengetahuan dari sharing unit yang berbeda-beda dalam divisi ini, bertempat di beberapa booth.

Di akhir sharing session saya sore itu, lampu mendadak dibuat remang-remang, muncul dua orang dengan seragam Bajak Laut membawa Boneka Ikan yang dilemparkan ke peserta. Boneka itu harus terus dilempar ke teman lain sampai musik berhenti.

Boneka Ikan by josefbataona dotcom

Dan tidak mereka duga, di antara ikan yang dilemparkan itu, ternyata ada dua ekor ikan sungguhan, baru dikeluarkan dari kulkas…. Dingin..  amis.. dan tentu saja segera dilempar ke teman lain.. dan ketika musik berhenti, mereka yang memegang ikan benaran akan menerima Hadiah Utama, sedangkan yang memegang boneka ikan akan mendapat hadiah hiburan. Itulah cara FUN teman-teman di Divisi ini meluncurkan FISHFun Program, sebuah komitmen untuk menciptakan bersama lingkungan kerja yang menyenangkan, di bawah payung ke-6 Values perusahaan.

Tim ini memang sedang punya Business Planning Meeting. Namun  di sana mereka menggaris-bawahi misi sosial dari brand yang mereka tangani, yang kalau dihayati dan direalisir, karyawan ini bisa merasakan turut serta mempersiapkan generasi mendatang yang sehat penuh gizi.

“We are called to be architects of the future, not its victims.” (R Buckminster Fuller)

Bookmark and Share

18 Responses to Masa Depan Ada di Tanganmu!

  1. Saya tersenyum2 sendiri membaca cerita bapak ttg Annual Plan Meeting tim. Saya bisa membayangkan betapa serunya acara pas “mengoper” ikan tsb 🙂

    Saya suka sekali akan poin yg Bpk sampaikan tentang Brand Social Mission. Karena spt yg Bpk mungkin sudah tahu, Gen Y skarang (termasuk saya) menganggap itu sbg salah satu bag penting dari sebuah perusahaan atau brand.

    Terima kasih atas sharing dan terutama inspirasinya 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Agus, bisa membayangkan ketika engkau tersenyum. Gembira sekali bahwa butir tentang Brand Social mission bisa nempel di kepala dan terus diingat. Hal itu sangat penting kalau kita mau memberikan makna dibalik setiap brand yang kita punyai.

  2. evelline says:

    Dear Pak Josef,

    Saya baru pertama kali melihat Bapak pada saat konsolidasi meeting di Bandung. Saya sangat diberkati dengan sharing Bapak, bagaimana Bapak bisa meraih mimpi yg sangat, sangat, sangat di luar apa yg bisa diimpikan. Saya melihat hidup Bapak yg penuh nilai kehidupan dan sangat mengispirasi saya.
    Dari sekian banyak yg Bapak sharingkan, yg paling memberkati saya dan menjadi inspirasi saya “be yourself, but better everyday – for God and men”.

    Thks a lot Pak Josef, Gbu…

    Regards,

    Eve

    • josef josef says:

      Terima kasih Eve, telah mengunjungi blog dan menyimak kisah ini. Saya juga merasa bahagia bisa berkesempatan untuk sharing di annual meeting ini. Motto hidup ini akan terus menjadi panduan perjalanan saya, dan tepat sekali seperti kata Eve, Better Everyday sebagai rasa Syukur pada sang Pencipta, dan sekaligus bisa bermanfaat bagi banyak orang. Ikuti posting2 berikutnya yang akan dimunculkan setiap Selasa dan Jumat pagi jam 08:00

  3. santi says:

    Dear Pak Joseph,

    Kami sangat terkesan dengan cerita perjalanan hidup Bapak yang dishare saat annual meeting tsb, sangat menginspirasi. Terima kasih Bapak sudah berkenan datang untuk kick off ‘fish fun’ program pertama untuk divisi.
    Social value yang menjadi kelebihan di divisi ini secara bertahap kami cascade ke semua tim, salah satunya melalui cerita morning briefing senin.
    Sekali lagi terima kasih, kami tunggu inspiring story lainnya dari Bapak.

    Salam,
    Santi

    • josef josef says:

      Terima kasih Santi, saya hadir sebagai bagian dari dukungan saya atas misi mulia NSF seperti tercantum pada Misi brandnya. Kalian bisa teruskan kebiasaan sharing seperti ini dengan story telling yang kalian lakukan di morning briefing.

  4. Rike says:

    Dear Pak Joseph,

    Terima kasih atas sharing yg sangat menginspirasi…
    Kebahagiaan tersendiri bpk bs hadir untuk sharing secara langsung kpd keluarga NSF di Bdg..

    Starting day with a positif way, selalu bersyukur dan do it for a meaningful life … Semoga sy bs terus belajar untuk improve this spirit…

    Keep Inspiring Pak… GBU…

    Warnest Regards,
    Rike

    • josef josef says:

      Terima kasih Rike, kesempatan mengenal lebih dekat keluarga NSF, kesempatan berbagi, kesempatan menyaksikan antusiasme kalian ditengah meeting, semua itu terasa encouraging. Bila semua memulai harinya dengan spirit positif, tim ini akan sangat kokoh dan konfiden dalam meraih sukses

  5. jolanda says:

    Hi pak josef

    Akhirnya saya bisa ketemu bapak di Indofood, senang rasanya bisa ketemu langsung dan mendapat sharring yang cukup membuat saya menjadi semakin bersyukur bisa menjadi bagian di indofood. saya selalu menchallenge diri saya utk apakah bisa discipline seperti yg bapak lakukan…

    discipline jalan 1000 kaki, tulis di blog dan msh banyak sekali…wahh itu luar biasa sekali pak bisa menjadi bagian dari panggilan dr hidup…

    Many thanks for your sharring and be inspiring people.. GBU always pak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Jolanda, disiplin memang mulai dari diri sendiri. Orang lihat atau tidak lihat, kalau itu komitmen pribadi akan saya lakukan. Dan sedikit koreksi, disiplin melangkah sehari bukan 1.000 tapi 10.000 steps. Semoga ada komitmen pribadi yang akan dilakukan setelah mendengar sharing saya. Salam

  6. iwan akmal says:

    Dear pak Josef
    Terimakasih atas sharing semangat yg bpak sampaikan pada kami saat annual meeting di Bandung , terus terang saya pribadi sangat terharu degan cerita yg bapak sampaikan dan sekaligus salut atas kegigihan perjuangan bapak
    untuk mencapai suatu tujuan,
    semoga sharing ini menjadi infirasi baik untuk saya pribadi maupun team saya di jawa timur
    salam kami untuk bpak & keluarga dari team di jawa timur

    • josef josef says:

      Terima kasih Iwan, sharing itu saya buat karena yakin bahwa baik secara individu maupun secara bersama2 tim NSF BISA meraih sukses. Saya doakan semoga tim Jawa Timur akan meraih sukses seperti yang dijanjikan. Salam untuk seluruh tim Jawa Timur

  7. M. Nugraha [Aga] says:

    Dear Pak Josef,

    Terima kasih atas sharing nya,

    Semua apa yang dipaparkan oleh Bapak saat Presentasi khususnya untuk
    Anak Muda seperti saya ini yang Emosi nya terkadang masih Naik Turun,
    (bahasa kerennya : “Galau+Labil” 🙂 ) & yang dituliskan dalam Blog ini sangat memberikan saya pelajaran yang sangat berharga dan sangat terinspirasi.

    Saya akan memilih “Sukses” untuk Masa Depan.

    Sukses selalu untuk Bapak.

    Thanks & Regards,
    M. Nugraha [Aga]

    • josef josef says:

      Terima kasih Aga, semoga pembelajaran dari sharing membantu perjalanan hidupmu kedepan. Pilihan “Sukses” sudah betul, tinggal merealisir

  8. zainab.toha says:

    Dear Pak Yosef,
    Sharing perjalanan hidup Bapak sangat menginsfirasi kami team NSF terutama bagi saya pribadi.Semangat bapak yang sangat luar bisa u mencapai tujuan hidup. Sangat beruntung saya bisa mengenal bapak walaupun Bapak tidak mengenal saya. he..he..he. Semoga Tuhan selalu memberikan kita Berkah Hidup.

    regards,
    zainab toha

    Terima

    • josef josef says:

      Terima kasih Zainab, saya senang untuk membagi cerita perjalanan hidup, dan bahagia bahwa ini menginspirasi. Semoga rencana2 tim NSF dapat terlaksana dengan sukses

  9. Ratih says:

    Semoga Disiplin, Integritas, Respek, Kesatuan, Keunggulan dan Inovasi dapat tertanam dan menjiwai seluruh kehidupan berorganisasi di Indofood Group…

    Asyik juga nih cara NSF memadukan antara tema yg diangkat dengan Core Values dan Fish Fun ;o)

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, sentuhan kecil secara creatif bisa memberikan dampak besar, apalagi dalam nuansa FUN. Resapan pembelajaran akan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life