Moment Dikelilingi Orang-orang Yang Peduli

Posted on February 7th, 2014

“Surround yourself with people who lift you up, make you laugh and inspire you to be amazing.” (Britt Michaelian)

CELEBRATION!! Sebuah kata yang begitu disebutkan sudah membangkitkan gairah, sukacita. Sudah bisa membayangkan wajah-wajah ceria, suasana warna-warni.

Sebut saja sebuah contoh: Perayaan Ulang Tahun! Begitu seringnya terjadi di seputar kita, sehingga kalau kita tidak hati-hati, celebration ini menjadi rutin, menjadi biasa-biasa saja, dan bisa-bisa terjadi pengulangan yang gagal menciptakan suasana yang diharapkan.

Keseharian yang Mengesankan

Kalau menyimak keseharian kawan ini, tidak bedanya dengan teman-teman lainnya. Makanan kesukaannyapun adalah yang ditemukan setiap hari di sekitar kita. Sebut saja krupuk kampung, asinan, bakso dan jajan pasar lainnya. Itulah Elfi, sosok yang sangat dekat dengan timnya, dan juga dengan teman-teman di Corporate HR. Kedekatan saja tidak cukup. Teman-temannya adalah pemerhati yang jeli.

Kejelian itu mereka tuangkan dalam kreasi untuk memberikan surprise kepada Elfi yang berulang tahun hari itu. Pernah ngga membayangkan sebuah hadiah Ulang Tahun berupa Krupung Kampung sekaleng-kalengnya? Tapi itulah kecermatan tim. Mereka meramu berbagai hal yang biasa menjadi sebuah surprise yang akan sulit dilupakan oleh Elfi. Dan walaupun ada kue ulang tahun, mereka memilih untuk membuka kaleng krupuk sebagai pengganti potong kue.

Kaleng Krupuk by josefbataona dotcom

Apa perasaan hati Elfi menanggapi semua ini? Ketika mengintip Time Line FB Elfi, ditemukan ungkapan perasaan hati Elfi tertuang dalam komentar bersama foto di FB yang atas izinnya saya petik di sini:

“Each food and message prepared with effort and lots of thought …. Each of them is truly meaningful … thanks to all my dear friends who really made my day and make me feel really blessed … I love you all.”

Timeline FB Elfi by josefbataona dotcom

Setiap saat hingga hari ini, begitu Elfi mengintip foto-foto kenangan ini, dia pasti merasakan sentuhan persahabatan di balik semua ini… yang tentu saja akan terus dikenang.

Masih Seputar Makanan dan Lilin ULTAH

Celebration adalah moment kebersamaan juga kreativitas, moment untuk senyum dan gembira, moment untuk berbagi energy positif, memberi perhatian, saling apresiasi, kejutan, ciptakan momen tak terlupakan. Begitu tiba moment Ultah kedua teman ini, tim mencoba mencari apa tatakan yang pas untuk menancapkan lilin Ultah.

Kue Ultah Unik by josefbataona dotcom

Kedua foto atas: Nasi berbentuk kotak untuk menemani sayur-sayuran dengan bumbu kas Solo (Nasi Tumpang), yang jadi kegemaran Danang, kawan asal Solo ini. Kedua di bawah memperlihatkan Akmar, yang ultahnya adalah jelang Imlek, jadinya kue ultahnya adalah jeruk dan sepotong kue. Candaannya justru terletak pada kue yang cuma sepotong untuk yang ultah saja dan bukan untuk semuanya. Alasannya, secara artistic lebih pas untuk satu slice kue dan bukan seloyang…

Kata orang bijak dari China:

“With true friends, even water drunk together is sweet enough.” (Chinese Proverb)

Hadiah Unik

Pagi-pagi sekali, saya baru tiba di ruang kerja usai olahraga pagi. Sudah ada yang nunggu depan ruangan mau ketemu, di luar jadual. Tapi saya temui, nampaknya serius.

Saya hampir tidak percaya mendengarkan paparan tamu tersebut. Utusan dari salah satu divisi ini meminta saya untuk menghadiri acara tiup lilin ultah seorang karyawan di divisi itu. Loh… kenapa saya? Apa penting sekali?

Setelah mendengarkan alasannya, saya hampir tidak mempercayai pendengaran saya, tapi saya akhirnya memutuskan untuk hadir di pagi itu. Tiba di depan ruang meeting, tim sedang di tengah morning briefing. Begitu diberi tanda dari dalam, ada tim membawa kue ulang tahun dengan lilin yang bernyala dan saya pun masuk bersama mereka.

Tentu saja kehadiran saya membuat tanda tanya hampir semua yang hadir, terpancar dari wajah mereka. Dan acara mulai mengalir, menyanyikan selamat ulang tahun dan acara tiup lilin oleh yang ulang tahun. Selanjutnya…. Itu yang unik.

Ultah Rike by josefbataona dotcom

Kata pembawa acara;

“Hari ini kami ingin memberikan sebuah hadiah istimewa. Kawan kita ini yang namanya Rike adalah penggemar kisah-kisah inspiratif yang ada di blognya Pak Joseph Bataona. Dia ingin sekali mendengar cerita inspiratif dari beliau secara langsung. Kami berpikir, ini adalah moment istimewa, di mana harapannya yang kami penuhi. Hari ini secara khusus kami mengundang Pak Joseph untuk hadir dan sharing kisah inspiratif apa saja kepada kita semua, di hari yang istimewa ini. Semoga ini menjadi hadiah unik bagi kawan kita ini.”

Response-nya pun bisa disimak dari pesan yang disampaikan via email ini:

Dear Pak Josef,

Many Thanks Pak buat semua sharingnya Pagi ini…

The best birthday present pak, bisa ketemu dan dengar sharing langsung dari Bpk… =)

Keep Inspiring & Terus Berkarya Pak …

Tuhan Berkati Selalu …. Warmest Regards,

Rike

Tim FISHFun tidak berhenti di sini. Masih banyak lagi moment keseharian yang bisa diangkat untuk menjadi sesuatu yang bermakna, berkesan dan tentu saja dalam rangka memupuk kebersamaan dalam tim.

Terima kasih tim, perjalanan bersama kita masih berlanjut…. Kita masih membutuhkan energy dan kreatifitas seluruh tim.

“All happiness comes from the desire for others to be happy.” (Shantideva)

Bookmark and Share

6 Responses to Moment Dikelilingi Orang-orang Yang Peduli

  1. Elfi says:

    Terima kasih Pak, inilah salah satu hal positif yang tumbuh menjadi kebiasaan dari program fish fun yang kita jalankan, kebiasaan untuk lebih peduli satu sama lain, lebih memperhatikan hal-hal sederhana dan kecil di sekitar kita, lebih menghargai satu sama lain dan lebih kreatif lagi. Terima kasih untuk Bapak yang juga sudah menjadi sumber inspirasi bagi kami dalam menghidupkan hal-hal tersebut di lingkungan kerja.

    • josef josef says:

      Terima kasih Sama2 Elfi, saat ini kita sampai pada tahap dimana tampilan Team menjadi karya yang menjadi hasil kebersamaan, tapi hasil itu sekaligus menjadi pupuk subur untuk menggali berbagai ide yang belum dimunculkan. Kita pelan2 tapi pasti bergeser dari “I” mindset menjadi “WE” mindset.

  2. Lisa says:

    Speechless pak, cerita fish fun tidak pernah berhenti…. Terus mengalir…. Senang rasanya baca cerita Bapak. Saya ikut bahagia sama seperti elfi, ikut terharu dan surprise seperti rike, meskipun saya hanya sekedar membaca blog Bapak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Lisa, rasanya bahagia sekali membuat orang lain bahagia. Dan untuk itu tidak perlu hal yang besar. Kepedulian dalam keseharian saja sudah memberikan makna yang luar biasa. Terima kasih sekali lagi Lisa untuk rutin menyimak kisah2 di blog ini.

  3. wiwik Sri Wilujeng says:

    Dear Pak Joseph,

    Pagi ini saya dtg ke kantor early jam 07.00 WIB,setengah jam sebelum saya Morning Briefing (daily Rooster)..saya ingat ada yang lebih penting setiap jum’at pagi,selain melihat wajah2 ceria anak buah menjelang libur weekend, ĵΰĝά sarapan pagi dg menu Bloq Pak Joseph.

    Begitu duduk manis di ruangan saya,lgs saya membuka menu hari ini (07 feb 2014) “moment dikelilingi orang orang yang peduli” judul artikel Bapak .

    Sejak quotes pembuka saya baca,sudah membuat saya sesak nafas….apalagi membaca cuplikan2 moment didalamnya….airmata saya sulit sekali dibendung.

    Langsung saya meraih Blackberry saya,dan mengganti status saya…”SuRround yourself with people who lift you up,make you laugh dan inspire you to be amazing..Carilah teman yang peduli dan saling memberi energy positif.”…saya menambahkan satu kalimat dalam quotes itu ĵΰĝά mengutip beberapa kalimat dr artikel Pak Joseph…

    Tidak cukup dg itu,…saya kirim BBM ke beberapa kontak bb saya,..sambil airmata terus mengalir susah dibendung….memory saya melambung ke beberapa moment bersama mereka yang pernah kita lakukan bersama….betapa makin membuat saya sesak nafas saat membaca reply mereka

    Dalam hati saya terus bersyukur,”How Lucky I’m”…saya memiliki banyak sekali sahabat yang peduli..bahkan sangat peduli dg saya..Sahabat yang sangat memahami kondisi saya,dan menerima saya ªª adanya..seringkali mereka datang dan memberi energy positif..dan menghadapi Hidup dg sebaik baiknya…..

    Saya adalah seseorang yang jauh dr sempurna…keinginan saya utk belajar day by day all about life and my respon di support oleh sahabat2 saya..beberapa sahabat sering datang memberikan saya pandangan dan ingatan atas Ƨe♍üåª yang saya lakukan utk kebaikan hidup saya,itulah yang saya sebut sahabat sejati,memang tdk jarang kritik mereka menyentuh ego saya,…tapi ada banyak hal yang membuat saya makin antusias menjalani hidup.

    Ada sahabat yang benar2 mensupport saya agar better n better everyday…people who lift me up…menginspirasi saya terhadap banyak hal..membuat saya tertawaa ..menciptakan banyak moment indah..mengubah respon saya ttg banyak hal yang sulit saya ubah didalam hidup …betapa beruntungnya saya mempunyai sahabat yang begitu peduli thd saya….kalo saja saya bisa membuat sebuah buku,mungkin didalamnya adalah sharing2 saya bersama sahabat saya ini ttg banyak hal dalam hidup….karena didalam hidup ini banyak sekali pelajaran.

    Terima kasih Sahabatku Jon…saya berjanji mengenalkanmu dg Bapak Joseph idolamu (perlu Pak Joseph ketaui,Jon adalah pengagum Bapak dan Ƨe♍üåª artikel Bapak,sehingga kalo kita sharing dia seperti sudah sangat kenal dg Pak Josef)….semoga alam semesta berkolaborasi agar kita bisa duduk semeja dg mr Josef dan membahas banyak Hal ttg hidup.

    Demikianlah Pak Joseph,kami selalu terinspirasi dg artikel artikel Bapk tiap selasa dan jum’at…karena setiap hari kami selalu ada hal baru yang bisa kami pelajari…

    Regard,
    Wiwiek-Bojonegoro

    • josef josef says:

      Terima kasih Wiwik, wao… Tulisanmu ini luar biasa, gantian saya yang tersentak melihat bagaimana energy positif bekerja tanpa kenal dimensi ruang dan jarak. Hanya sepenggal quote diawal tulisan sudah bisa menggugah memori Wiwik atas berbagai pengalaman hidup yang lalu. Ini yang kita maksud dengan Konsep learning & sharing. Sepotong sharing saya sudah bisa membuka kesempatan sharing lanjutan yang materinya berlipat ganda, setelah Wiwik menambahkan pengalaman sendiri.
      Mudah2an kita bisa bertemu, dan salamku untuk Jon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan