Pilihan Sekaligus Panggilan

Posted on August 19th, 2016

“Our journey to success is not always trying to reach the star that shines the brightest, it is learning along the way and making our own stars shine bright from within.” (Mark Raymond Abad)

MEMILIH PERILAKU POSITIF. Betul, itu adalah sebuah pilihan di setiap momen kehidupan kita. Karena ada yang bisa memilih sebaliknya. Ini pun tidak terlepas dari pilihan yang ada di pikiran masing-masing. Saat hujan turun di siang hari, ada yang mensyukurinya karena membuat suasana bertambah sejuk.

Sementara ada juga teman lain yang sudah mulai marah-marah sendiri dalam mobil karena terjebak macet akibat hujan. Postingan saya Jumat lalu sekaligus menjadi bagian pra-kata saya dalam acara morning briefing di penghujung tugas FishFun Team: Choose Your Attitude.

Pilihan Sekaligus Panggilan-1

Tim ini terus mengingatkan kami semua untuk senantiasa memilih Perilaku Positif. Kalau memang ini pilihan, apakah perlu kita mengingatkan yang lain? Jawabannya jelas PERLU! Ini merupakan panggilan kita untuk membantu sesama, terlepas dari dia menerima atau tidak. Sekalikah, dua kalikah, atau berapa kali perlu kita mengingatkan? Jawabannya, berkali-kali tanpa batas!

Sejak Bangun Tidur

Begitu raga kita disadarkan oleh alam pagi hari, kita sudah dihadapkan pada berbagai pilihan. Pilihan untuk menambah lama tidur karena masih ngantuk, atau segera bangun dan siap-siap berangkat ke tempat kerja. Contoh yang tim paparkan dalam presentasi ini bukan sesuatu yang rumit. Kata-kata yang disajikan pun hampir terdengar setiap hari.

Serah Terima CYA-1

Attitude yang kita pilih pun bukan saja berdampak pada diri kita sendiri, tapi juga pada lingkungan di mana kita berada. Betapa sejuknya suasana bila dikelilingi teman-teman penuh senyum dan gairah positif dalam memulai harinya di tempat kerja. Bahkan ketika kita dihadapkan pada situasi yang bisa membuat kita tidak menyukainya. Maya Angelou menyarankan: “If you don’t like something, change it. If you can’t change it,  change your attitude”

Butir Pembelajaran

Setiap serah terima, tim menyajikan juga beberapa butir pembelajaran, ada yang deskriptif, ada yang dibuat dalam bentuk foto, ataupun petikan menarik seperti:

When “I” is replaced with “WE” even illness becomes Wellness. – Malcolm X.

Teamwork makes the dream work . – John C. Maxwell

Without U There is no US. – Suki Kim

Beberapa kegiatan yang difasilitasi oleh tim, seperti pada slide berikut ini:

Serah Terima CYA-2

Dengan bangga mereka juga memaparkan beberapa kegiatan selama 2.5 bulan, di FishWorld yang ada di pintu masuk menuju CHR. Ini akan menjadi momen mengenang kebersamaan yang dibangun sejauh ini.

Pilihan Sekaligus Panggilan-2

Kini tanggung jawab untuk dua bulan berikutnya berada di tangan Team “Be There 2”. Mereka akan berupaya agar kobaran api semangat kerja di CHR akan tetap menyala.

Pilihan Sekaligus Panggilan-3

Mereka akan menggali berbagai potensi kreativitas tim untuk menjadikan keseharian kami menjadi istimewa, menjadikan lingkungan kami tempat yang menyenangkan untuk berkarya, karena perjalanan panjang masih akan berlanjut.

“Each one of us has a fire in our heart for something. It’s our goal in life to find it and to keep it lit. (Mary Lou Retton)

Bookmark and Share

2 Responses to Pilihan Sekaligus Panggilan

  1. Tergantung paradigma masing-masing y pak untuk memilih yanga mana?semoga saya selalu memilih yang positif 🙂
    Thx u for sharing pak

    • josef josef says:

      Terima kasih Herva, sharing pilihan positifmu akan menjadi pendorong bagi yang lain untuk juga memilih yang positif. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan