Ritme untuk Memahami Corporate VALUES

Posted on March 26th, 2013

“As you begin to realize that every different type of music, everybody’s individual music, has its own music, has its own rhythm, life, language and heritage, you realize how life changes, and you learn how to be more open and adaptive to what is around us.”

(Yo-Yo-Ma)

INSPIRASI untuk mendapatkan ide-ide baru, tidak harus dengan menyendiri, jauh dari keramaian.  Dengan membuka mata dan telinga lebar-lebar, setiap hari, di sekitar kita banyak sekali tersedia sumber. Dan atas dasar pemahaman seperti itu, saya sering mengatakan kepada tim, kalau mau mendapatkan FUN di tempat kerja, tidak usah mencari jauh-jauh. Di sekitar kita ada saja kesempatan untuk menciptakan FUN. Dan setiap individu perlu membuka mata dan telinga untuk membantu menemukannya.

Hari Musik Nasional

Tidak banyak di antara kami yang sadar bahwa dalam bulan Maret ada Hari Perangko,  dan juga Hari Musik. Tim tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengangkat tema musik untuk suatu inisiatif dalam bulan Maret. Ya, pada 9 Maret adalah Hari Musik Nasional. “Choose Your Attitude” Team (nama Fish Team Pertama), mulai merancang inisiatif yang akan mengisi salah satu acara morning briefing. Dan mereka pun menemukan bahwa Perusahaan juga sedang menyiapkan program untuk meluncurkan Corporate Values.

Lalu…? Apa hubungannya dengan musik?? Mengangkat quote dari Virginia Woolf:

“Now this is very profound, what rhythm is, and goes far deeper than words. A sight, an emotion, creates this wave in the mind, long before it makes words to fit it.”

Gambar di atas merupakan pengumuman agar setiap tim mempersiapkan diri untuk event penting ini. Wah… siapa teman yang bisa berkreasi seperti ini?? Cukup mengejutkan: ternyata banyak!!

Kapan dan di mana latihannya?? Antusiasme mereka menuntun mereka untuk menemukannya. Dan bersamaan dengan itu, seminggu sebelum Dday, mereka membagikan “Book Marker” yang berisi Corporate Values. Ke-6 Values tersebut yang harus dipaparkan oleh masing-masing Team dengan ritme.

[Bookmark bertema Core Values Indofood Group hadir sebagai pre-event FISH Music’s Day.]

 

Belajar Values pun Perlu Ritme

Berbagai talenta muncul ke permukaan: penyanyi, pemain key board, piano, gitar; penggemar karaoke; bakat-bakat nari,  komposisi lagu dan koreografi pun mendadak tertantang untuk unjuk kebolehan. Lagu ‘One Direction’ yang diramu ulang untuk bercerita tentang hidup menggunakan produk perusahaan dan hidup berdasarkan 6 Values; ada yang menggunakan lagu-lagu perjuangan sebagai basis; ada juga lagu dan tari; ada yang melempar sepatu dalam adegan mereka, ketika membuka amplop dan ternyata bonusnya NOL.. dan masih banyak lagi yang membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Dan tentu saja tidak cukup kalau saya sendiri tidak membuat kesimpulan akhir, tentu saja dengan lagu. Beberapa petikan lagu diangkat: ketika menjelaskan tentang Innovasi, mereka yang bukan saja kreatif dan punya passion akan mampu melakukan apa saja, termasuk mengubah dunia ini untuk orang yang dicintai, dan saya pun melantunkan lagu Diana Ross:

I wanna call the stars, down from the sky

I wanna live a day, that never dies

I wanna change the world, only for you

All the impossible

I wanna do

Dan kata penutup dari saya,

“Sebagai pimpinan kalian, saya punya komitmen untuk membangun sukses bersama, dimulai dengan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Kita semua berkomitmen hidup sesuai Values kita, untuk saling membantu, bergandengan tangan dalam melangkah maju, karena perjalanan kita masih jauh. Kita tidak hanya ingin bersukacita di ujung perjalanan itu, tapi juga kita ingin menikmati setiap langkah perjalanan bersama.”

Dan kami semua, sambil bergandengan tangan menyanyikan sepenggal lagu yang ditulis Carol King:  “You’ve Got A Friend”:

When you’re down and troubled, and you need some love and care,

and nothing, nothing is going right.

Close your eyes and think of me, and soon I will be there

to brighten up even your darkest night

CHORUS:

You just call out my name, and you know where ever I am,

I’ll come running, to see you again

Winter spring summer or fall, all you have to do is CALL,

And I’ll be there, you’ve got a friend, you’ve got a friend

Bookmark and Share

10 Responses to Ritme untuk Memahami Corporate VALUES

  1. Ratih says:

    Membaca artikel Bapak, saya jadi tertawa-tawa sendiri mengingat Bu Elfi yang melempar sepatu, lagu yang berulang2 dan hal-hal lucu lainnya.. Ide yg kreatif utk memahami core values!!

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, saya sendiri juga tidak bosan2nya membaca ketika masih draft, sambil tersenyum sendiri. Inilah kekuatan dari kebersamaan. Dan peran Ratih dan Susanti sangat berarti dalam mendampingi “Choose Your Attitude” Team. Terima kasih Ratih, Santi dan Fish Team pertama: “Choose Your Attitude” Team.

  2. Agnes Murniati says:

    Wow…. Pak Josef ! Terima kasih berkenan berbagi pengalaman ttg Penciptaan Lingkungan Kerja yang nyaman. Very inspiring!!!!!!!!!! Contek ya Pak….

    • josef josef says:

      Terima kasih Agnes, semua kreasi itu murni ide team, yang terus mengalir, dan terkadang surprise buat saya juga. Mereka gembira dengan lingkungan yang mereka ciptakan sendiri. Terima kasih Agnes untuk terus menyimak cerita di blog ini

  3. Hanny says:

    Euforia yang Music’s Day ini masih terasa sekali Pak. Musik memang bahasa universal 😀

    • josef josef says:

      Betul Hanny, sampai hari ini masih jadi pembicaraan. Apalagi pagi ini tim pertama presentasikan seluruh kegiatan selama dua bulan, termasuk perlihatkan video di Music’s Day, membuat kita terus tertawa terpingkal- pingkal. Setuju Hanny, musik memang bahasa universal. TerimA kasih telah berkunjung ke blog ini.

  4. erlina says:

    Mari belajar memahami hal baru dengan cara yang menyenangkan 🙂

  5. nadya anjelia says:

    Membaca artikel bpk, saya sperti mengingat kembali kegembiraan yg bpk bagi pada saya dan lingkungan kerja terutama HRIS. Miss that moments. Buat saya pribadi bpk sngat menginspirasi…:-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life