Semangat Perdamaian

Posted on September 22nd, 2015

“There’s A Place In Your Heart, And I Know That It Is Love.  And This Place Could Be Much Brighter Than Tomorrow.” (Michael Jackson, Heal the World Lyrics)

PAGI ITU bersama tim CHR, kami melakukan refleksi singkat, perjalanan dua bulan lalu, apa saja yang sudah kami lakukan untuk terus membangun tim. Kami percaya bahwa ini bukan upaya sekali jadi. Harus berkesinambungan.

Membangun tim solid dirasakan sangat penting, dalam lingkungan kerja yang menyenangkan hasil karya ciptaan setiap anggota atau ciptaan bersama-sama. Evaluasi dijadikan sebagai pupuk penyubur untuk melancarkan langkah selanjutnya.

Banyak Agenda Menarik

Tim “Choose Your Attitude” (CYA) telah bertugas sejak akhir Juni. Mereka coba mengangkat berbagai kegiatan untuk menciptakan warna-warni kehidupan di tempat kerja kami. Sebut saja, Buka Puasa Bersama, Halal-bi-Halal, Lomba Foto selama libur keluarga di Hari Lebaran, warna-warni Hari Kemerdekaan RI dan juga partisipasi dalam Indofood Got Talent.

Demi melatih berbahasa Inggris dalam keseharian, diluncurkan program “English Hour” setiap hari Jumat jam 15:00 – 17:00. Semua perlu ber-Bahasa Inggris dalam berkomunikasi selama dua jam tersebut.

Nobar (Nonton Bareng) itu biasa. Yang tidak biasa adalah Nonton sambil Makan Bareng di saat istirahat siang di ruang meeting. Dan lebih istimewa lagi, ada dua video yang disajikan, masing-masing 15 menit, diambil dari kekayaan nusantara yang unik, yang tidak ada di belahan dunia lain: Berselancar (surfing) di Sungai?

Ya, ini baru unik dan ada di Sungai Bono, Riau. Pernah dengar? Gelombang itu bisa menempuh puluhan kilo meter selama satu sampai dua jam, gelombang demi gelombang.

Foto1

Video kedua berjudul “Lamafa”, menceritakan kehidupan penduduk Lamalera, penangkapan Ikan Paus, barter ikan dan makanan untuk kehidupan sehari-hari dan kehidupan sosial yang diramu seputar itu. Teman-teman yang belum sempat ke Lamalera, seakan mendapatkan preview wisata, sebelum memutuskan untuk berkunjung.

Mereka terus menyajikan quotes inspirasi di computer, info tentang kuliner menarik, atau mempertajam pengetahuan kita, karena belum tentu semua mengetahui bahwa Ikan terbesar di dunia ada di perairan Teluk Cenderawasih, seperti nampak pada foto.

Foto2

Serah Terima Tugas

Tim CYA yang telah bertugas dengan baik, akan menyerahkan tongkat tanggung jawab kepada tim berikutnya BT2 (Be There 2).

Tidak lupa mereka memaparkan juga butir-butir pembelajaran sebagai berikut:

Within CHR Team

  • Involvement of All CHR members for success
  • Belief that: The sky is no longer the limit
  • Diversity as a strong point
  • Creativity may come from limitation
  • We CAN do, we just need to try and don’t give up
  • Do our task seriously but don’t forget to have FUN

Within CYA Team

  • Sharing tasks and responsibilities make our life easier
  • Eagerness to contribute in everyone’s hectic daily activities
  • Take it seriously but don’t forget to SMILE
  • We all have our limitations. We need to support each other to ease our task

Pesan penting untuk tim BT2:

  • Any contribution of every team members is quite meaningful.
  • We can do more.

Foto3

Saling Mengingatkan untuk Berbuat

Acara serah terima mendahului Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh pada 21 September 2015. Tim sempatkan juga memberikan paparan tentang sejarah ditetapkan Hari Perdamaian Sedunia dengan temanya setiap tahun. Tema tahun ini adalah: “Partnership for Peace, Dignity for All

Perdamaian tidak hanya berarti tidak ada peperangan. Tema ini mengajak kita semua untuk hidup berdampingan sebagai sesama manusia dengan harkat hidup yang sama. Saling peduli satu sama lain, saling berbagi.

Selain game sederhana tentang Perdamaian, semua yang hadir diajak untuk bersama menyanyikan lagu Michael Jackson, Heal the World. Lagu ini seakan terus mengingatkan kita untuk saling mengasihi satu sama lain, mulai dari lingkungan di mana kita berada: jadikan lingkungan keluarga yang lebih baik, lingkungan kerja yang lebih baik, Indonesia yang lebih baik, dan akhirnya dunia yang lebih baik.

“Heal The World, Make It A Better Place, For You And For Me, And The Entire Human Race, There Are People Dying, If You Care Enough, For The Living, Make A Better Place, For You And For Me.” (Michael Jackson, Heal The World Lyrics)

Bookmark and Share

2 Responses to Semangat Perdamaian

  1. Mawardi says:

    Dari Kutipan diatas “Membangun tim solid dirasakan sangat penting, dalam lingkungan kerja yang menyenangkan”. Untuk membentuk dan membangun team work yang solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak tangan, team work yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut. Karena teamwork yang solid akan mampu memberikan hasil yang maksimal, tentu karena kerja keras tim yang didukung oleh superman-superman sebagai anggota tim sehingga bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran yang hebat, ide-ide yang super, bisa memberikan hasil yang maksimal dan luar biasa dalam superteam tersebut. Ingat Filosofi teamwork: ‘Saya mengerjakan apa yang anda tidak bisa dan anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa’. Demikian, sukses selalu Pak.

    Mawardi

    • josef josef says:

      Terima kasih Mawardie untuk menyimak tulisan ini. Tambahan pemikiran tentang membangun tim yang solid sangat saya hargai. Pada akhirnya bila para supermen dan superwomen yang bersinar bersama, yang nampak adalah superteam. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET