Terpingkal-Pingkal

Posted on February 26th, 2016

“Find a place inside where there’s joy, and the joy will burn out the pain.” (Joseph Campbell)

PAHAM MASA LALU, entah dari mana munculnya, ada yang masih saja hadir dewasa ini. Perilaku kita kemudian seakan menyesuaikan (entah sadar atau tidak) dengan paham tersebut, entah negatif atau positif. Bahkan jarang sekali kita mau challenge pemahaman itu namun ada juga yang berusaha untuk melakukan koreksi kalau itu negatif. Maka ketika pagi itu saya bertanya kepada tim:

“Apa makna Senin bagi Anda.”

Mereka menjawab:

Blue Monday, Gloomy, mmm berat bangun tidur…”

Sementara itu ketika saya bertanya:

“Apa makna hari Jumat buat Anda?”

Dengan cepat mereka menjawab:

“Gembira, hang-out, TGIF (Thanks God It’s Friday), yang ditunggu-tunggu, syukur jelang week-end.”

1

Banyak Awal dari Penggal Perjalanan

Perjalanan sepanjang tahun ternyata terdiri dari banyak penggalan, karena itu banyak awal dan juga banyak akhir. Sebut saja, ada 12 awal dan akhir bulan, ada 53 awal dan akhir minggu, ada awal dan akhir hari.

Kita baru saja melewati Hari Imlek, yang juga bisa dijadikan momen refleksi untuk perjalanan sebelumnya dan bagaimana mempersiapkan diri untuk masa mendatang. Pertanyaannya adalah, berapa sering kita luangkan waktu untuk refleksi di saat-saat seperti itu? Apakah mungkin kita menciptakan kesempatan. Meluangkan waktu untuk itu?

Kalau kita sungguh memegang control atas hidup kita sendiri, kita mungkin mulai menantang diri sendiri: bagaimana membuat hari Senin sama seperti hari lain, penuh semangat bangun tidur, penuh antusias melangkah ke tempat kerja, dan siap membagi virus positif kepada siapa saja yang kita temui hari itu.

Fun at Work

Sejauh ini FishFun tim telah merancang berbagai aktivitas untuk membuat warna lingkungan kerja kami beda. Tujuannya untuk tetap mempertahankan semangat kerja tinggi, dan dalam berinteraksi secara informal, kita bisa saling mengenal dengan lebih baik sambil menciptakan sense of belonging dalam tugas masing-masing. Kalaupun ada yang mendapat alasan untuk tertawa terpingkal-pingkal, biarkan mereka leluasa tertawa lepas.Terpingkal Pingkal2

Dalam bukunya yang juga berjudul “Fun at Work”, Dr. Adil Malia dan Dr. R.L Bhatia mengedepankan beberapa pengertian tentang Fun at Work:

  • Fun at work is not always laughing, but being light-hearted, having low stress, and being comfortable in the environment so as to contribute more productively to the organization.
  • Fun at work is taking out the ordinary and making it enjoyable. It is our reward for commitment and hard work and also a great stress buster. The common ground of fun helps us to bond with others.

Hari Jumat itu memang ada perayaan Imlek dan Valentine. Tapi Valentine dan Imlek bisa juga hanya alasan untuk menciptakan suasana kebersamaan penuh Fun. Keseharian kita yang biasa-biasa saja, bisa dibuat luar biasa, hanya dengan sentuhan sederhana dari tim FishFun yang merancang program hari itu. Dan tentu saja kombinasi dress-code merah atau pink, dengan potluck sumbangan bersama akan membuat hari itu lebih istimewa lagi.

Kembali ke paham Jumat/Senin, ketika saya pamit pulang di akhir hari Senin berikutnya, dengan ceria Lia berpesan: “Have a nice weekend, Pak!” Saya hanya tersenyum gembira. Kita tidak mungkin punya week-end, kalau kita tidak memulai hari Senin, atau setiap akhir hari dibuat seakan jelang week-end yang menyenangkan.

“The essence of life is not in the great victories and grand failures, but in the simple joys.” (Jonathan L Huie)

Bookmark and Share

2 Responses to Terpingkal-Pingkal

  1. lia says:

    Have a nice weekend, pak…

    I almost said “have a nice weekend” every day… I just love to see their reaction and laughing together when they realize that it’s not Friday yet….

    • josef josef says:

      I appreciate it, Lia. I also love such a beautiful moment, when everyone laugh together. Have a wonderful moment with your family.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 mas Arie, saya juga senang kita bisa belajar bersama. Salam untuk teman2 semua

Arie Frederik:
Terima kasih Pak sudah mau membagikan pengalaman dan materi ini ke kami. Kami semua senang mendapatkan...

josef:
Terima kasih sama2 pa Dedy, terima kasih juga sudah berkenan mengunjungi dan menyimak tulisan di blog ini....

Dedy:
Terima kasih sharenya pak Josef.

josef:
Terima kasih sama2 Santi. Melalui Prof Jennifer, kita mjulai sadar bahwa ada penjelasan ilmiah tentang Humor...


Recent Post

  • Pandemi: Empathy dan Coaching
  • FUN di Tempat Kerja
  • Dosen Yang Tanggap Perubahan
  • Maling Keren
  • Terima Kasih Pintuku Dibuka
  • VALUES Landasan Sukses
  • BERMAKNA Bagi Orang Lain
  • Berani Bersuara
  • Saya Belajar Bersyukur dari Murid SD
  • Mengukir Positive Legacy