Terus Menyelami Rahasia Energi Positif di Fish Market

Posted on April 9th, 2013

“It always seems impossible until it’s done” (Nelson Mandela)

RASANYA baru dua bulan program FISHFun ini diperkenalkan di perusahaan ini. Seluruh tim dibagi empat dengan menggunakan nama sesuai 4 filosofi FISHFun: Choose Your Attitude, Play, Be There, Make Their Day. Masing-masing team akan bertugas selama dua bulan sebagai driver inisiatif FISHFun ini, sebelum diserahkan ke team berikutnya. Ketika FISHFun Team Pertama “Choose Your Attitude” melaporkan persiapan untuk hand-over ke Fish Team Kedua “Play”, mereka pun kaget sendiri melihat daftar aktivitas yang sudah dilakukan selama dua bulan.

Di Pasar Ikan ini Ditemukan Ke-4 Falsafah

Seperti diutarakan dalam posting-posting sebelumnya, kisah FISHFun diambil dari buku FISH,  karangan Stephen C. Lundin dkk. Cerita di buku ini mengangkat pengalaman Mary Jane, yang dalam pergolakan batinnya untuk menerima atau menolak pekerjaan baru yang penuh tantangan, ternyata menemukan jawabannya di Pasar Ikan sebelah kantornya, “Pike Place Fish Market” di Seattle Amerika.

Betapa tidak, di Pasar Ikan yang becek, dengan aroma tidak sedap, lingkungan yang jauh dari standar kenyamanan lingkungan kerja kantor, tetapi karyawannya bisa bergembira sepanjang hari, menyenangi pekerjaan mereka, dan bisa bersama menciptakan energi positif sepanjang hari.

Bukan saja Mary Jane yang terpukau dan ingin mencoba konsep ini. Saya secara pribadi pun melihat sebuah peluang yang luar biasa, kalau mau mengajak tim untuk bersama-sama menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dengan menerapkan 4 falsafah dasar, yaitu: Choose Your Attitude, Play, Be There dan Make Their Day.

Dan kami pun menciptakan imaginasi pasar ikan sendiri, seakan-akan di arena ini, saya bersama tim menyelam dan menemukan berbagai rahasia FISHFun. Detail tentang falsafah ini, simak posting FISHFun sebelumnya di blog ini.

Inisiatif, Kreativitas dan Keterlibatan Tim

Dari berbagai posting sebelumnya, bisa diikuti berbagai inisiatif yang dilakukan oleh tim. Apakah kita harus berhenti bekerja untuk melakukan itu??

Saya punya dua sesi morning briefing sebulan, sekitar sejam. Mereka bisa memanfaatkan itu untuk inisiatif FISH. Di luar itu ada berbagai aktivitas lain yang justru untuk meningkatkan semangat kerja. Secara bergantian, tiap anggota FISHFun team bergantian mengirimkan via email sebuah inspirational quote, sehingga begitu pagi hari sebelum mulai bekerja, teman-teman lainnya akan mencari dan membaca dulu quote tersebut. Bentuknya bisa kalimat kutipan, atau pun cerita. Sebagai rangkuman, daftar inisiatif mereka adalah sebagai berikut:

  1. Acara Pot Luck Breakfast merayakan Imlek dan Valentine
  2. Daily Quotes
  3. Memperkenalkan dan melaksanakan Peregangan di tempat kerja
  4. Kontes memilih nama Announcing Board
  5. Appreciation Scoring Board
  6. Persiapan Perkenalan 5S, yang akan direalisasikan oleh tim berikutnya

Semuanya ini adalah inisiatif tim. FISHFun team pertama sebagai driver-nya, dan lainnya ikut berperan serta dalam pelaksanaannya. Semua dilibatkan, dan mendapatkan peran tersendiri. Di sinilah letak enjoyment: Keterlibatan yang memberikan peluang untuk berkreasi.

Apresiasi dan Perjalanan Dilanjutkan

Makna dari keterlibatan adalah bahwa anggota tim dipercaya mempunyai ide-ide yang bisa ditelorkan dalam berbagai aktivitas. Melibatkan berarti kita mengapresiasi apa yang dihasilkan oleh team, baik secara individu maupun secara kelompok.

Keterlibatan dalam konsep ini mengandung makna: kita secara bersama-sama sedang menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan kita, sambil melaksanakan tugas kita sehari-hari. Tidak hanya itu saja, sebuah ungkapan terima kasih untuk inisiatif yang telah mereka laksanakan, akan melipatgandakan energi mereka untuk terus bekerja tanpa lelah. Seperti ungkapan di Instagram berikut ini.

Dan saat ini, peran sebagai driver FISHFun sudah beralih ke Team 2, yang juga sudah punya rencana jelas untuk melanjutkan dan menjaga kesinambungan antusiasme semua anggota. Terima kasih untuk FISHFun Team “Choose Your Attitude” dan Selamat Bekerja untuk FISHFun Team “ Play.”

“The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others” (Mohandas K Gandhi)

 

Bookmark and Share

6 Responses to Terus Menyelami Rahasia Energi Positif di Fish Market

  1. erlina says:

    Tetap Semangatt bekerja dengan cara yang menyenangkan dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan ya Pak…Happy Tuesday 🙂

  2. justian says:

    Saya setuju juga Pak. lingkungan kerja yang nyaman dapat membuat karyawan betah bekerja sehingga turn-over bisa turun. Juga, lingkungan kerja yang fun bisa membuat seseorang mengeluarkan seluruh potensi yang ada pada dirinya

    • josef josef says:

      Terima kasih Justian. Dan tidak kalah pentingnya adalah keterlibatan semua anggota tim dan program yang berkesinambungan. Terima kasih sekali lagi untuk kunjungannya ke blog ini. Nantikan kisah2 selanjutnya yang akan hadir tiap selasa dan jumat pagi jam 08:00.

  3. Yuli Wong says:

    Dear Pak Josef, saya tertarik untuk menduplikasi konsep FishFun Bapak, dan ingin mohon masukan untuk penerapannya di small size HR team (or small size organization), dimana kebanyakan karyawan terlalu tenggelam dalam pekerjaan dan rutinitas, sehingga less energy/time for such initiatives.
    Terima kasih sebelumnya atas sharingnya ya Pak. GBU.

    • josef josef says:

      Terima kasih Yuli, dan senang mendengar idemu untuk menerapkan konsep FishFun. Konsepnya sangat sederhana, mudah dicerna dan gampang di implementasi. Let me know, kalau ada yang perlu ditanyakan atau klarifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan