Warna-Warni 2015

Posted on January 8th, 2016

“When you find your path, you must not be afraid. You need to have sufficient courage to make mistakes. Disappointment, defeat, and despair are the tools God uses to show us the way.” (Paulo Coelho)

HENING SEJENAK, guna meresapi seluruh perjalanan yang barusan berlalu. Bayangkan, berapa banyak wajah gembira yang telah menjadi bagian dari perjalanan hidup kita, baik di keluarga, di tempat kerja, maupun di masyarakat. Mereka turut menciptakan warna-warni kehidupan kita.

Mereka tampil bergantian di saat kita berjuang menghadapi tantangan. Atau di saat kita hampir menemukan jalan buntu, mereka memberikan inspirasi. Di saat kita sudah mencoba berbagai cara tanpa hasil, mereka dengan iklas menyodorkan alternatif yang ternyata menjadi solusi yang sedang dicari. Dan tentu saja, ketika kita ingin merayakan momen-momen penting sepanjang perjalanan setahun lalu, mereka pun turut menciptakan suasana kebersamaan penuh syukur, suasana persahabatan, menjadikan momen-momen itu sulit kita lupakan.

FishFUN1

Siapa yang berjalan bersamamu?

Kalau kita mengambil contoh sebuah perjalanan selama dua-tiga tahun, dengan orang yang sebagian besar sama pun, kita akan menghadapi berbagai situasi yang berbeda-beda. Ketika pertama kali kita bertemu dengan anggota tim, kita mulai bertanya, siapakah mereka sebenarnya? Apa detail pekerjaan mereka dalam tim ini? Di mana tugas dia dan tugasku berpapasan untuk saling menunjang?

Berbagai pertanyaan dasar tersebut menjadi penting untuk membantu mengenali setiap individu, dengan siapa kita akan bekerja-sama, dan bagaimana menjalin kerja-sama secara maksimal. Pengenalan kita di awal itu umumnya hanya di permukaan.

Tapi terkadang kita terlalu yakin untuk menganggap bahwa kita sudah kenal benar anggota tim kita. Apalagi di awal perjalanan itu kita masih dengan semangat tinggi, saling mendorong, memotivasi untuk berlari lebih cepat lagi. Singkat kata, perjalanan awal ini seperti periode bulan madu, semua serba manis, menyenangkan. Evaluasi Tim FishFUN kurang lebih memberikan gambaran yang sama.

Tantangan Sepanjang Jalan

Waktu terus berlalu, dan kita semakin mengenali teman-teman sekitar kita. Karena semakin kenal, kita pun semakin terbuka, berani bicara, berani mengemukakan ide-ide yang kontroversial sekaligus menguji tanggapan yang lain. Terkadang kita dikagetkan dengan reaksi yang tidak kita duga. Pribadi masing-masing lebih terkuak, dengan keunikan yang selama ini tersamar. Interaksi formal ataupun informal semakin intens dan di sana kita juga dihadapkan pada “brutal facts” bahwa kita hendaknya semakin cermat belajar mendekati pribadi yang berbeda-beda.

Energi positif mulai tertantang untuk terus menumbuhkan entusiasme. Bahkan pertanyaan mulai mencuat ke permukaan: “Masihkah perlu kita meneruskan program seperti FishFUN, kalau perkembangannya tidak seperti di awal perjalanan?” Tim pun menemukan jawabannya dengan pertanyaan: “Apa yang terjadi kalau kita tidak punya sarana yang bernama FishFUN?”

Di titik ini, sebuah evaluasi bersama secara terbuka memperlihatkan bahwa memang ada riak, ada jalan yang berbatu-batu, tapi semangat untuk meneruskan perjalanan dengan cara yang sudah disepakati bersama di awal masih sangat besar. Berbagai hasil telah kita raih, karena itu pilihannya adalah terus berjalan. Di sini pula tim menemukan situasi di mana kreativitas dan kerjasama kita tertantang dan harus dijawabi.

Pelajaran Sepanjang Jalan

Yang saya suka dari perjalanan bersama Tim FishFUN, adalah kejelian mereka untuk merekam berbagai pembelajaran yang akan dibagi demi perbaikan dalam program berikutnya.

Dalam sesi serah terima dari Episode 3 menuju Episode 4, beberapa catatan menarik untuk diangkat:

1. Setiap awal perjalanan baru, ada kesempatan baru untuk memunculkan ide baru, ada energi baru, ada excitement dan surprise. Apalagi, orang bijak berujar:  “The best memory comes from the craziest ideas.”

2. Dalam diri setiap kita memang ada berbagai benih: Joy, Anger, Sadness, Fear, Disgust, demikian kutipan dari sebuah film, dan mereka bisa muncul bergantian, atau bisa ada yang dominan untuk waktu yang lama. Bila masing-masing benih tadi diberikan warna yang berbeda-beda, kita akan bisa membedakannya, saat itu tampil ke permukaan. Bila anggota tim terdiri dari banyak orang, dan benih yang muncul ke permukaan berbeda-beda, maka dapat dibayangkan ragam warna yang muncul setiap saat.

3. Kesan atau memori yang kita bangun dalam perjalanan bersama, tercipta dari kombinasi kelima warna tersebut di atas.

4. Ketika tim mencari foto dokumentasi dari perjalanan lalu, paling banyak ditemukan foto dengan ekspresi JOY, lainnya ada tapi hanya sedikit.

FishFUN2

5. Keempat falsafah penting dalam FishFUN adalah; ‘Be Present, Choose Your Attitude, Play, Make Their Day’. Tak henti-hentinya program ini mendorong anggota untuk membawa mindset positif ke tempat kerja, dan secara kreatif menciptakan kebahagiaan, tawa, peduli dan kasih. Kita disadarkan bahwa setiap tindakan kita membawa konsekuensi. Dan ini sepenuhnya pilihan kita.

Indahnya perbedaan akhirnya bukan sekedar slogan, tapi nyata-nyata kita alami. Dan keindahan itu hasil warna-warni karakter masing-masing anggota tim yang ditampilkan dalam perilaku sehari-hari.

“Keep going…. Each step may get harder. But don’t stop ! The view is beautiful at the top.” (Unknown)

Bookmark and Share

2 Responses to Warna-Warni 2015

  1. Muhammad Fajri says:

    Semangat pagi..

    Tuhan menciptakan manusia dengan beraneka ragam tingkah laku dan pemikiran, karena keragaman itu tercipta kreatifitas yg luar biasa.(berfikir positif otak akan terus berkreatifitas)

    saya senang dengan kalimat “Indahnya perbedaan akhirnya bukan sekedar slogan, tapi nyata-nyata kita alami. Dan keindahan itu hasil warna-warni karakter masing-masing anggota tim yang ditampilkan dalam perilaku sehari-hari.”

    Tim mungkin merasa tempat mereka bekerja menjadi rumah kedua & sebagai sekolah baru bagi mereka yang menyenangkan.#andaibisasepertiituditempat kerjaku

    terimakasih pak tulisannya selalu membuka pencerahan baru..

    salam bahagia dan sukses,
    Fajri

    • josef josef says:

      Terima kasih Fajri, menyadari pentingnya perbedaan, sudah merupakan langkah bagus. Ambil bagian untuk perbaikan, dalam lingkungan paling kecilpun sudah kemajuan. Mengajak orang lain untuk berkontribusi, akan mempercepat perubahan pandang tentang indahnya perbedaan itu. Sekali lagi terima kasih untuk tanggapannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan
  • Peluang ke Jenjang Lebih Tinggi
  • Bermanfaat Bagi Orang Lain
  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang
  • Agar Sehat dan FIT