Agar Sehat dan FIT

Posted on February 14th, 2020

“Lack of activity destroys the good condition of every human being, while movement and methodical physical exercise save it and preserve it.” (Plato)

SEHAT belum tentu fit. Ada parameter untuk mengukur kesehatan dengan pemeriksaan dokter/General check-up. Kalaupun semuanya dianggap oke, belum tentu kita dianggap fit, terutama fit untuk mengikuti olahraga tertentu. Kita masih ingat beberapa korban lari marathon yang merasa diri sehat dan fit, tapi ternyata tidak berhasil menyelesaikan lari dan berakhir di Rumah Sakit, atau bahkan meninggal. Kasus yang sama juga pernah terjadi untuk olahraga futsal, yang juga menelan korban.

Komitmen untuk Fit dan Sehat

Luangkan waktu untuk berolahraga. Ini merupakan investasi yang sangat penting. Namun pada kenyatannya, karena kesibukan kerja, berbagai prioritas kerja atau prioritas kehidupan akan menjadi alasan yang sangat bisa diterima untuk tidak melakukan olahraga.

Akhirnya kembali kepada masing-masing individu, seberapa besar porsi fokusnya diberikan pada investasi waktu untuk olahraga, demi kesehatan. Komitmen ini harus dibangun dan dijadikan sebagai jadual penting yang harus ditepati. Inilah janji pada diri sendiri, dan diri sendiri yang memonitor apakah ingkar janji atau menepatinya. Dengan menepati janji untuk menjaga kesehatan tubuh, ini merupakan cara kita mensyukuri bahwa kita diberikan tubuh yang awalnya sehat wal afiat.

Evaluasi Latihan

Bersyukur bahwa sejauh ini saya didampingi seorang Personal Trainer, pa Rori M. Putra, yang merancang latihan sesuai dengan tuntutan usia dan juga tuntutan kondisi tubuh di saat tertentu. Disamping itu, kami juga sering berdiskusi tentang latihan sejauh ini, dan apa lagi yang perlu diberikan perhatian dalam latihan-latihan mendatang. Foto berikut adalah diskusi dengan pa Rori, Evaluasi latihan yang dilakukan sejauh ini.

Menjelang perjalanan dengan mendaki gunung, atau liburan panjang, apa fokus latihannya. Atau kembali dari liburan panjang dengan kondisi fisik yang agak menurun, latihan apa yang lebih sesuai, dan lain-lain. Kalaupun jadual latihan belum bisa dipenuhi karena kondisi fisik yang membutuhkan istirahat, pa Rori akan memberikan tips latihan ringan di rumah, melalui wa, misalnya tetap lakukan static stretch.

Jaminan akan Sehat

Apakah dengan komitmen olahraga seperti itu, menjamin saya akan hidup sehat sepanjang waktu? Jawabannya tergantung porsi perhatian pada dimensi pola hidup lainnya. Misalnya, nutrisi dan pola makan, gaya hidup sesuai kemampuan, berani memutuskan untuk beristirahat, saat tubuh memanggil atau persisnya berteriak minta istirahat. Terkadang, lingkungan sekitar dan cuaca alam sekitar turut  dalam menyentuh tubuh kita. Tinggal bagaimana kita menanggapinya.

Januari, dalam cuaca yang kurang menguntungkan, sayapun mengalami flu pilek batuk. Obat dokter berhasil menghilangkan flu pilek. Tapi batuknya awet banget. Akhirnya kami melirik resep leluhur, kembali ke alam: sebuah jeruk nipis dibakar, diperas, dicampur kecap dan garam dan diminum setelah makan. Dilakukan tiga kali, dan ternyata mujarab.

Tapi gatal tenggorokannya tidak mau pergi. Modal terakhir, asam jawa (persisnya asam Lamalera, karena saya bawa dari kampung Lamalera) diseduh air panas. Saya hanya meminum seteguk kalau tenggorokan gatal. Ternyata inipun manjur. Dan masih satu lagi untuk melengkapi kedua langkah tersebut, frekuensi makan sayur daun kelor ditambah. Berikut foto pohon kelor di rumahku dan sayur bening daun kelor siap dimakan.

Cerita diatas sengaja saya sampaikan untuk memberikan gambaran, bahwa kita hendaknya senantiasa cermat menyikapi situasi, terus menjaga dan meningkatkan kondisi fisik yang sehat walafiat, termasuk dengan menggunakan resep tradisional dari alam. Semoga sepanjang tahun kedepan kita bisa terus berkarya dengan penuh vitalitas.

“Exercise alone provides psychological and physical benefits. However, if you also adopt a strategy that engages your mind while you exercise, you can get a whole host of psychological benefits fairly quickly.” (James Rippe, MD)

Bookmark and Share

2 Responses to Agar Sehat dan FIT

  1. Meisia says:

    terima kasih sharing tips nya pak… Ternyata obat-obatan itu ada di sekitar kita ya.. BTW semoga udah sembuh batuk2nya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional

Meisia:
terima kasih sharing tips nya pak… Ternyata obat-obatan itu ada di sekitar kita ya.. BTW semoga udah...

josef:
Terima kasih sama2 Santi, semoga lebih banyak leader yang mau belajar coaching untuk menunjang tugas...

Santi Sumiyati:
Selamat malam Pak Josef, terima kasih untuk tulisannya yang selalu saja memberikan suatu insight...

josef:
Selamat Pagi pa Riyadno. Kami sehat-sehat saja. Tolong japri saya di wa jadi saya tahu no hpnya masih sama...


Recent Post

  • Agar Sehat dan FIT
  • Evaluasi Leadership Program
  • Kesalahan BESAR Seorang Pemimpin
  • Memaknai Pesan Alam Semesta
  • Waiting Time is Learning Moment
  • #GEMprogram3 Mulai Bergulir
  • Bersyukur: Sumber Kebahagiaan
  • Membuka Peluang Belajar
  • Pilihan Buku Pilihan Hidup
  • Membekali Agen Perubahan