Berbagi Cerita Inspiratif

Posted on January 6th, 2017

“The desire to reach for the stars is ambitious. The desire to reach hearts is wise.” (Maya Angelou)

ACARA MENYAMBUT TAHUN BARU umumnya dirancang untuk menciptakan memori yang akan lama di kenang. Pilihan bisa di tempat umum, di jalanan ramai, tempat wisata, tempat hiburan. Ada juga memilih berada dalam keheningan.

Rumah kediaman juga menjadi pilihan banyak orang. Kami juga memilih untuk kumpul keluarga di rumah. Di sana kita bisa merancang sendiri program saat menantikan pergantian tahun. Tapi apa yang dilakukan selain makan bersama?

Inspirasi Sekaligus Apresiasi

Setiap kita berkumpul, tidak akan terlewatkan untuk saling berbagi cerita. Tapi itu umumnya akan mengalir mengikuti suasana saat itu, tanpa tema tanpa pengaturan. Untuk merayakan Tahun Baru kali ini, kami sengaja memilih tema: “Berbagi Cerita Inspiratif.”

Setiap orang, entah orang tua, anak-anak atau siapa saja akan diberi kesempatan untuk membagi cerita hidup yang inspiratif. Bisa pengalaman yang lucu, perjuangan hidup, momen menghadapi dan atau keluar dari tantangan berat, saat menolong orang untuk bangkit lagi. Semua diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk bercerita.

Tapi di luar dugaan, banyak muncul cerita menarik yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Bahkan semua hampir tidak tahan menahan tawa, ketika kakak yang sudah berusia lanjut bangkit berdiri bercerita dengan gaya memperagakan apa yang terjadi.

Banyak pelajaran hidup yang kami semua pelajari malam itu, dengan cara yang santai, entertaining, tapi juga menumbuhkan rasa apresiasi dan saling menghargai akan perjuangan hidup masing-masing. Dan tidak terasa jam sudah menunjukan angka 24:00, saat pergantian tahun. Selain saling mengucapkan Selamat Tahun Baru, tidak lupa pula kami menyampaikan Selamat Tahun Baru untuk anggota keluarga kami yang sedang berada di Southampton UK.

berbagi-cerita-inspiratif-1

 

Positif Dimulai dari Pikiran

Kami sepenuhnya percaya bahwa berperilaku positif merupakan pilihan. Dan dalam perjalanan hidup kita ke depan nantinya, kita akan disodorkan berbagai momen di mana kita harus memilih untuk menanggapinya secara positif atau sebaliknya.

Untuk itu kita semua perlu mengambil ancang-ancang sejak dini untuk membangun pola pikir positif guna menunjang perilaku tersebut. Salah satunya adalah dengan memperbanyak perbendaharaan kata-kata positif yang dimasukkan dalam kamus pikiran kita masing-masing.

Salah satu agenda jelang pergantian tahun adalah mengundang semua anggota keluarga untuk menyampaian apa yang terpikir oleh mereka ketika mendengar “Tahun 2017”. Syaratnya adalah yang diungkapkan itu harus positif dan tidak boleh lebih dari 3 kata, boleh satu atau dua.

berbagi-cerita-inspiratif2

Kompilasi dari apa yang mereka ungkapkan ini bisa terus menjadi cermin bagi kami semua, mengingatkan di setiap langkah kami bahwa pikiran dan perilaku positif adalah merupakan pilihan, bukan karena disuruh orang lain atau dipaksa situasi.

Koridor Positif

Adalah Wiwik Supiati Widiastuti, salah satu anggota keluarga yang memiliki dan mengelola PAUD Nurul Fallah, Kampung Kosambi RT 01 RW 02 Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Sekitar 8 tahun lalu, dia terpanggil ketika di suatu pagi dia menyaksikan anak-anak bermain abu dan tanah lumpur di sekitar rumahnya.

Dia mulai membayangkan, kalau mereka diberi kesempatan untuk bermain secara lebih kreatif dan sehat, maka mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas kreatif. Mulailah dia mencari informasi dan memulai inisiatif untuk mendirikan PAUD dengan fasilitas seadanya di sebidang tanah di samping rumahnya.

Foto berikut, Wiwik bersama suami dan anaknya, ketika menerima hadiah “Lomba Cerita Inspiratif” di malam tahun baru.

berbagi-cerita-inspiratif3

Perjalanan 8 tahun tidaklah mudah. Tantangan terberat adalah meyakinkan orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke PAUD miliknya, padahal sudah ada beberapa yang sudah beroperasi lama. Tak ada iklan, tak ada banner atau poster untuk promosi. Namun kesungguhan Wiwik dan seorang asistennya yang benar-benar fokus pada kualitas pendidikan sesuai persyaratan untuk sebuah PAUD, perlahan tapi pasti membuahkan hasil.

berbagi-cerita-inspiratif4

Kepercayaan para orang tua sudah bisa menempatkan 40 anak di kelas PAUD-nya tahun ini. Tanpa disadari, semakin banyak SD yang menerima murid keluaran PAUD Nurul Fallah, sangat yakin bahwa kualitas murid mereka adalah hasil binaan awal dari PAUD Nurul Fallah, dan telah membawa nama baik sekolahnya karena kualitas lulusannya.

Ada hal menarik yang ingin saya kemukakan di sini, ketika saya bertanya apa perasaanmu saat ini.

Dengan sedikit merendah Wiwik menjawab:

“Siapalah saya ini. Delapan tahun sudah memperlihatkan kepada saya bahwa ini bukan lahan mencari uang, walau saya bukan orang yang berada. Barangkali ini merupakan sarana untuk saya beramal, berbagi ilmu dan apa yang saya punya untuk yang membutuhkan. Bayangkan dengan uang iuran Rp 50.000 sebulan sekitar 15 dari 40  anak tidak mampu membayar, tapi saya tetap menerima mereka. Mungkin ini merupakan lahan amal bagiku tanpa saya mencarinya.”

Apakah kamu merasa terbebani dengan keterbatasan seperti ini? Jawab Wiwik pasti:

“Ada kepuasan batin tersendiri. Ketika hampir seantero kampung memanggilku Ibu Guru, saya lalu sadar bahwa semua mata mengamati perilaku saya dari pagi hingga malam. Bagaimana saya memperlakukan anak saya. Apa perilaku anggota keluarga termasuk suamiku. Mereka berharap untuk menyaksikan perilaku positif untuk mereka contoh. Saya seakan menjadi panutan mereka. Karena itu saya terus mengingatkan diri dan anak-anak serta suamiku untuk terus menjaga perilaku mereka.”

Wiwik akan terus menekuni kegiatan ini, dan dia semakin yakin bahwa buah dari perbuatan baik ini bisa menjadi warisan yang bermakna bagi anak cucunya.

“All good men and women must take responsibility to create legacies that will take the next generation to a level we could only imagine.” (Jim Rohn)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan