Gaya Hidup Sehat: Buah, 10.000 Langkah dan Peregangan di Jam Kerja

Posted on November 2nd, 2012

Those who think they have not time for bodily exercise will sooner or later have to find time for illness.  ~Edward Stanley

SAYA paling suka praktek morning briefing sejauh ini. Inilah moment setiap awal minggu, hari Senin pagi. Kita bisa saling menyapa dan berbagi keceriaan, setelah istirahat akhir pekan, saling bertukar energy positif, sebagai bekal kita bersama dalam bekerja seminggu ke depan.

Kesempatan ini pula berbagai informasi diberikan, sambil menampung pertanyaan untuk klarifikasi. Inisiatif baru pun diumumkan dalam forum ini, dan tidak lupa juga untuk mengumumkan mereka yang berulang tahun, karyawan baru, karyawan yang baru melahirkan anak dan sebagainya.

Di morning briefing pagi itu, kami semua diajak oleh penyelenggara untuk memikirkan tentang kesehatan diri di tempat kerja, dengan mengangkat 3 (tiga) hal:

  1. Fruits Day: Terkadang kita terjebak dengan persepsi untuk harus mengkonsumsi secara rutin tablet vitamin, sementara itu kandungan vitamin yang kita makan banyak tersedia dalam buah-buahan. Untuk itu, tim bersepakat untuk sesekali kita giatkan Fruits Day, di mana karyawan membawa berbagai buah ataupun juice buah untuk dikonsumsi bersama, sambil mengingatkan kita akan mendapati beragam manfaat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut. Foto di atas adalah buah-buahan yang tersedia di salah satu meja hari itu.
  2. Gaya Hidup Sehat “10.000” Langkah Sehari: Menanamkan pola pikir sehat, dengan memperbanyak aktifitas jalan kaki atau naik turun tangga (di mana kita kebanyakan suka naik lift, walaupun hanya ke lantai 2). Angka 10.000 nampaknya fenomenal, tapi dalam kenyataannya bisa dicapai oleh banyak orang sejauh ini. Dan kalau toh awalnya sulit dicapai, bisa dijadikan target progresif menuju 10.000 langkah. Misalnya mulai dengan menargetkan 3.000, lalu angka itu ditingkatkan seminggu kemudian. Sedikit demi sedikit hingga mencapai 10.000. Hal kecil yang dipikirkan oleh tim adalah, mengurangi keranjang sampah dan hanya menempatkan di beberapa titik saja. Dengan demikian, akan memacu orang untuk berjalan, walau hanya beberapa langkah, untuk membuang sampah ke tempat tadi. Alat pedometer pun bisa digunakan untuk memonitor langkah setiap hari.
  3. Peregangan (stretching): Banyak diantara kita harus bekerja sambil duduk, dan terkadang dalam waktu yang cukup lama. Tanpa disadari, ini akan menimbulkan kekakuan otot, terutama karena berada pada satu posisi dalam waktu yang lama. Menurut pengamatan di tempat kerja kami, posisi kerja yang terbanyak adalah duduk di depan PC/laptop, tanpa diselingi gerakan lain. Partner kesehatan kami diundang untuk memberikan pemahaman kepada karyawan tentang posisi duduk yang ergonomis itu seperti apa. Kemudian mereka sekaligus mengajarkan kami untuk melakukan peregangan (stretching) ringan selama jam kerja. Foto memperlihatkan praktek peregangan mengikuti pelatih.

Dan sebagai bagian dari komitmen, sejak saat itu, setiap jam 10:00 dan 15:00 begitu mendengar bunyi pluit panjang:

Priiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt !!!

Semua akan berdiri di samping meja kerja dan melakukan 12 macam gerak peregangan, yang akan memakan waktu tidak lebih dari 2-3 menit. Foto di bawah ini menunjukan praktek di hari pertama, yang juga dipandu oleh seorang karyawan, dan ini akan dilakukan secara bergiliran.

Berikut ini kami sertakan juga gerak peregangan sederhana, yang disarankan oleh partner kesehatan kami, Medikaloka.

Siapa tahu ada pembaca yang berkeinginan untuk menirunya.

Movement is a medicine for creating change in a person’s physical, emotional, and mental states.  ~ Carol Welch

Bookmark and Share

10 Responses to Gaya Hidup Sehat: Buah, 10.000 Langkah dan Peregangan di Jam Kerja

  1. seenlook says:

    Waduu..yg 1). Bisa di copas tu..buat temen2. Yg 2).teteeep..yg 3). Kayak yoga, ya?…(bagus banget tu..) kalo ga sala, gerakan itu buat mengeluarkan ‘oli’ antar tulang, guna mencegah osteo..*great!

    • josef josef says:

      Terima kasih Sinta, sudah mengunjungi blog dan kisah ini. Suatu praktek sederhana yang bisa dilakukan siapa saja. Nomor dua dan tiga, lebih untuk membiasakan banyak gerak setiap hari. Tentu saja ada banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh, termasuk kebersamaan melakukan aktifitas untuk tujuan bersama. Tolong sharingnnya bila sudah diterapkan. Saat menulis response ini, jam 13:57 pedometerku sdh menunjukan angka 8.670. Artinya, hingga akhir hari nanti, saya hanya memerlukan 1.330 langkah untuk memenuhi target 10.000 langkah sehari. Salam

  2. Lisa Christiana says:

    Aktivitas peregangan di kantor saya ceritakan ke anak saya di rumah pak…. Ternyata dia juga ga mau kalah, ikutan memperagakan peregangan a la pelajaran olahraga di sekolah. Hasilnya weekend di rumah pun ada acara peregangan dipimpin oleh anak saya….. Priiiitttttt…..

    • josef josef says:

      Luar Biasa Lisa, virus yang baikpun bisa menyebar cepat. Kalau anaknya bercerita kepada temannya lagi, maka akan lebih banyak lagi yang ikutan menerapkan. Terima kasih sharingnya, dan salam untuk anaknya.

  3. budi sutiono pn says:

    Dirut kita memberi 3 kesuksesan ketika town hall meeting danamon yaitu pertama, kesehatan hal ini sangat penting untuk menunjang karer, kedua keluarga sejahtera maka motivasi kerja akan tinggi, ketiga adalah bicara karir itu sendiri yang berkaitan dgn performan

    Sehingga jika habit ini bisa ditularkan pada seluruh karyawan maka bdi akan sukses

    • josef josef says:

      Terima kasih Budi, karena masih ingat pesan dari Town Hall. Dan yang paling penting adalah bagaimana kita menerapkannya. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga diharapkan untuk saling mengingatkan. Mari kita terus saling mengingatkan demi sukses bersama.

  4. mudji says:

    Ide yang keren banget….:))
    Top Markotop….:))
    Terima kasih atas contekannya Pak…:))

  5. arly Faizal says:

    Idenya ga disangka, bisa di Copas di kantor kami. Ijin mencontek gambar & isinya ya pak untuk share dengan rekan sekantor.

    Prikitiwww…. eh priiiiittttt………….

    • josef josef says:

      Terima kasih Arly, silahkan Copas gambar dan isinya dan share pd teman2mu. semoga mereka tertarik untuk melaksanakannya. Kalau sdh diterapkan, tolong dishare disini, biar yang lain bisa Copas lagi. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life