Kejar Aurora Menggugah Imajinasi Anak

Posted on December 4th, 2015

“A great leader’s courage to fulfill his vision comes from passion, not position.” (John Maxwell)

INISIATIF “JALAN PEMIMPIN” batch pertama sudah memasuki tahap akhir. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak muda yang sedang mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Dan mereka membutuhkan pemimpin masa kini yang bisa mereka temui untuk berinteraksi dan belajar langsung. Untuk itu mereka harus mempunyai sebuah proyek untuk diselesaikan.

Salah satu diantara 19 anak muda terpilih adalah Puji Prabowo yang mempunyai Program Kurikulum Imajinasi atau KejarAURORA yang merupakan proyek kelompok belajar bagi anak-anak berusia 5-18 tahun yang belum beruntung secara ekonomi, melalui kegiatan bermain dan berimajinasi.

Menggugah Imajinasi Anak

Fokus dari Kelompok Belajar Aurora adalah mengembangkan daya imajinasi dan soft skill (kepemimpinan, kerja sama tim, kemampuan bicara di depan publik, kreatifitas, empati, interaksi, pemecahan masalah, dll) anak-anak melalui kegiatan bermain dan berimajinasi. Target utama KejarAURORA adalah anak-anak berusia 5-18 tahun.

Mimpi besarnya yaitu melahirkan inovator-inovator baru yang menjadi agen perubahan dan pemecah masalah bagi lingkungan sekitar dan bagi bangsa Indonesia. Dalam mencapai mimpi tersebut, tim ingin merancang kurikulum yang bisa membantu anak-anak yang tergabung di KejarAURORA agar berani mewujudkan mimpi-mimpinya, berani mewujudkan imajinasinya, berani menyampaikan idenya, tidak minder karena datang dari kondisi yang berbeda, tetapi juga tidak sombong karena tahu berasal dari mana.  Harapannya agar bisa membentuk anak-anak muda yang percaya diri untuk berkarya yang bermanfaat bagi orang banyak.

Progress

Tim sudah usai merumuskan kurikulum imajinasi dan sudah diuji-cobakan. Mereka pun sudah merumuskan profil guru/fasilitator untuk KejarAURORA, dan bagaimana kalau daerah lain ingin mereplikasinya.

Beberapa catatan mereka dari implementasi awal sejauh ini:

  • Perubahan yang dialami oleh anak, yang diam menjadi aktif, malu-malu menjadi berani bicara, berani bertanya.
  • Ibu-ibu dari anak peserta program sangat berterima kasih akan perkembangan yang dialami anak mereka.
  • Testimoni dari ibu-ibu: “Anak-anak kami dilibatkan dalam permainan yang bermanfaat, dengan demikian mereka memanfaatkan waktunya secara positif. Hasilnya sudah bisa langsung dilihat.”
  • Kepercayaan dari orang tua sudah sangat nyata, tadinya ragu-ragu sekarang berani membolehkan anaknya turut belajar.
  • Pola bermain yang mempunyai tema, yang memberikan nilai pembelajaran tentang nilai kehidupan.

Kejar Aurora Menggugah Imajinasi Anak

Nilai Tambah

Hari itu Puji dan 13 dari 18 orang tim fasilitator KejarAURORA yang hadir untuk memberikan saya update. Hanya dua di antara mereka yang sudah bekerja, selebihnya masih kuliah di berbagai Universitas di Bandung dan dari jurusan yang berbeda-beda. Sambil makan siang santai di Bawean, Bandung, mereka juga menyampaikan apa nilai tambah yang diperoleh karena terlibat dalam program ini:

  • Mendapatkan pelajaran bagaimana mendidik anak, belajar mengenal anak.
  • Bagi mereka ini merupakan sekolah menjadi orang tua yang baik, bekal untuk mereka berkeluarga nanti.
  • Interaksi antar tim seakan mereka merupakan keluarga baru, saling menunjang dalam organisasi informal, sukarela tanpa bayar.
  • Kesempatan membangun network.
  • Banyak kesempatan belajar untuk memfasilitasi anak-anak.
  • Bangga bisa menjadi bagian dari membentuk anak-anak penuh inovasi dan kreatif.

Sementara itu,  Puji Prabowo, yang menjadi pemimpin tim ini sudah mendapatkan berbagai kesempatan untuk bertemu muka dengan beberapa leader, entrepreneur atau mereka yang punya jiwa inovasi/kreatif yang ikut memberikan kontribusi dalam menyelesaikan program ini. Sementara saya sendiri bertindak sebagai Coach dibantu Lisa Qonita. Hari itu, mereka berkesempatan juga untuk mendengarkan paparan tentang bagaimana saya membangun mimpi dan berjuang menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, melewati berbagai rintangan yang tidak mudah.

Di akhir hari itu, saya memberikan “Team Coaching” untuk memfasilitasi proses finalisasi proyek KejarAURORA.

Saya sendiri sangat gembira dengan progress yang mereka paparkan, dan sangat bangga dengan kualitas kerja dan antusiasme seluruh tim. Selamat dan sukses untuk Puji Prabowo dan seluruh tim KejarAURORA.

“Don’t ask yourself what the world needs; ask yourself what makes you come alive. And then go and do that. Because what the world needs is people who have come alive.” (Howard Thurman)

Bookmark and Share

4 Responses to Kejar Aurora Menggugah Imajinasi Anak

  1. Puji says:

    Terima kasih banyak pak josef dan mba icha atas bimbingannya, terima kasih telah meluangkan waktuya untuk berbagi ilmu dan pengalamannya. Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kebahagiaan selalu. terima kasih pak 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Puji, saya sekaligus ingin memberi contoh untuk “mau berbagi ilmu dan pengalaman.” Semoga kalian juga bisa melakukan yang sama pada orang lain yang membutuhkannya. Salam untuk tim Aurora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET