Self Reward

Posted on November 28th, 2011

Start appreciating yourself before someone does”. Mungkin ini adalah landasan utama cerita ini.

“Papa, coba lihat apakah baju ini bagus untuk saya pakai?” tanya istri saya suatu hari.

“Bagus sekali, dan cocok sekali dipakai mama!” sambut saya tanpa basa-basi. “Memang kita akan ada acara apa?”, tanya saya lebih lanjut.

Istriku menjawab pasti dengan ekspresi penuh suka cita: “Saya baru saja meraih hasil luar biasa, dan saya merasa perlu untuk mengapresiasi diri saya sendiri!!”

Ini luar biasa, bisa-bisa ini konsep reward yang patut diterapkan di kantor, pikir saya. Istri saya pun melanjutkan:

“Program diet yang saya jalankan secara disiplin telah menurunkan berat badan saya ke tingkat ideal dalam 10 bulan dan terus bertahan hingga saat ini.Ini apresiasi untuk memanjakan diri sendiri.”

Belum sempat saya berkomentar karena masih terperangah, dia sudah menambahkan:

“Kalau papa mau memberikan apresiasi lagi, itu adalah bonus.”

Tapi apa yang unik dari program diet itu? Program ini dilengkapi dengan Kontrak Pelangsingan (yang sampai hari ini masih disimpan). Isinya adalah janji untuk menjalankan program termasuk pengaturan pola makan, olah tubuh dan perilaku untuk menurunkan berat badan ke tingkat ideal dan mempertahankannya.

Yang dia sukai adalah programnya bukan berisi larangan berbagai makanan/minuman tetapi mengenai pengaturan pola dan porsi makan. Hasilnya: dalam tempo 10 bulan berat ideal dicapai (penurunan 10 kg) dan masih bisa dipertahankan dalam bulan-bulan berikutnya, melalui maintenance program.

“Nah, karena ini adalah kontrak perjanjian dengan diri sendiri, jadi penghargaan pun dari diri sendiri.” Demikian kilah istri saya sambil tersenyum puas… Kontrak itu masih terletak manis di meja riasnya. Dan programnya pun masih berlanjut.

Sebuah contoh disiplin diri yang saya pun ikut kagum, tapi lebih kagum saya akan reward system yang dia terapkan itu,”self-reward.

Bookmark and Share

6 Responses to Self Reward

  1. erlina says:

    Wah setuju pak….sama nih seperti sesi kelas training yg sedang saya ikuti From X to Y by when.. Dalam waktu 10 bulan bisa turun krn ada target…dan self reward memang penting buat recognition…salam buat ibu yaa.. 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Erlina, ada target manfaat yg diraih, komitmen dan janji pada diri sendiri, akan menumbukan motivasi yang tinggi. Setelah hasilnya nampak, bagaimana mempertahankannya !! kalau kita percaya kita isa, maka pasti KITA BISA !

  2. erlina says:

    Sip…:)

  3. Etty Purwanto says:

    Sangat setuju, Pak Josef. Ada contoh yang paling terkini yaitu program Love Your Heart di kantor saya. Ini bukan program diet yang semata-mata untuk menurunkan berat badan, tetapi lebih ke arah perubahan life style. Program ini dilakukan dengan fun dan hasilnya sangat memuaskan. Dalam waktu satu bulan, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kebiasaan karyawan. Makanan sehat, olah raga teratur, dan banyak inisiatif fun yang sangat membantu program tersebut. Karena ada “buy in” dari karyawan, maka mereka dengan senang hati membuat commitment untuk diri sendiri dan berusaha untuk selalu mematuhi commitmentnya.

    • josef josef says:

      Mudah2an sepenggal cerita bu Etty bisa menginspirasi teman2 lain untuk mencoba berbagai komitmen kecil untuk diri sendiri, baik di tempat kerja maupun di rumah. Terima kasih sharingnya dan kami tunggu sharing berikutnya dari ibu Etty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Ratih. Semua kita punya kontribusi untuk menciptakan lingkungan untuk tumbuh kembangnya mindset...

Ratih:
Penutupnya keren Pak, “fokus pada solusi”. Hal ini akan mudah diterapkan jika kita punya mindset...

josef:
Terima kasih Ratih, sungguh cantik, hanya terbatasnya ruang untuk penyajian saya di blog. Salam

Ratih:
Cantik sekali ya Pak pemandangannya..

josef:
Terima kasih Tromol untuk waktunya menyimak kisah ini. Banyak momen hadir dihadapan kita, untuk mengingatkan...


Recent Post

  • Kick-off Coaching Program
  • Suasana Penuh Kedamaian
  • Jadikan Pelajaran Berharga
  • Swedia Negara Ribuan Pulau
  • World’s Happy Countries
  • Indahnya Ciptaan Tuhan
  • Meaning dibalik Aktivitas
  • Optimisme Pekerja Mandiri
  • Positive Organization
  • Benih Positif di Taman Kehidupan