Story of Butterfly: Aktivasi HR Transformation

Posted on January 13th, 2012

SAYA paling suka menggambarkan perjalanan Human Resources sampai ke tahap seperti sekarang ini dengan menggunakan analogi Kupu-kupu. Kisah ini berangkat dari sebuah ide yang sederhana.

Suatu hari, begitu karyawan tiba di lobi kantor, mereka menemukan billboard besar yang ditempeli ratusan kupu-kupu beraneka warna. O, ya, ini bukan kupu-kupu asli.

Karyawan diperbolehkan mengambil kupu-kupu yang mereka sukai. Begitu semua kupu-kupu diambil, nampaklah gambar di bilboard: sebuah kepompong!

Kepompong ini melambangkan sebuah makluk yang dingin, menutup diri, mojok, dan tentu saja tidak cantik penampilannya. Sehingga tidak ada yang menyukainya.

Begitu mereka tiba di lantai masing-masing, ditemukan poster yang mencoba memberikan interprestasi karakter pemegang kupu-kupu berdasarkan warna kupu-kupu tersebut. Diskusi pun marak sepanjang hari. Tentu saja, ada yang setuju, ada pula yang tidak sependapat. Yang tidak sependapat, merasa kalau karakter dirinya tidak seperti yang tergambarkan.

Sampai di titik ini, orang menduga pasti ada brand activation dari divisi marketing. Dan, mereka mulai menebak, brand apakah gerangan?

Dua hari kemudian, billboard penuh kupu-kupu kembali terpampang di loby kantor dengan menyolok. Kali ini, karyawan lebih berhati-hati mengambil kupu-kupu kesukaan mereka. Begitu tiba di lantai masing-masing, tampak terlihat poster lain yang menjelaskan warna kupu-kupu, karakter dan pilihan karier yang paling sesuai.

Lagi-lagi debat berkepanjangan terjadi. Tetap ada dua kubu, ada yang setuju ada juga yang tidak setuju. Ini memang bukan urusan salah benar. Lebih untuk aktivasi program baru.

Karena, begitu kali ketiga papan penuh kupu-kupu dipreteli, ditemukan logo HR dengan kata-kata: Grow People for Growth is Our Vision. Dan sekali lagi, setibanya di lantai masing-masing, mereka menemukan poster berisi HR Key Service Attributes.

Sejalan dengan itu semua, karyawan lantas diundang untuk sebuah acara LAUNCH HR Service Excellence, yang sekaligus mengawali HR Transformation Program di lantai HR. Tentu saja lengkap dengan berbagai boots penjelasan. Hari itu, terjawab sudah apa makna dari permainan kecil, yang berangkat dari ide sederhana, transformasi seekor kupu-kupu.

Ini tentu saja dimaksudkan sebagai sebuah terobosan peluncuran program HR yang baru, dengan pola yang baru pula. Sama seperti layaknya orang marketing yang meluncurkan produk anyar. Pelajarannya, cara ini jauh lebih efektif ketimbang hanya berupa surat edaran yang menjelaskan tentang adanya program baru. (*)

Bookmark and Share

14 Responses to Story of Butterfly: Aktivasi HR Transformation

  1. Bany says:

    Whatta creative team you got there,chief!
    Salut!

    • josef josef says:

      terima kasih Bany, ini kredit kepada tim saya dibawah leadership Ibu Lala Tobing, yang sebelum bergabung dengan HR, adalah seorang Marketing Manager. Ini yang menjadi kunci kenapa launchingnya seperti itu.

  2. Iqbal says:

    Dear Pak Jos.. sangat inspiratif sekali.. ingin sekali kami mengundang Bapak utk share diacara kami “BINUS – Industrial Gathering” di bulan Februari.. boleh kami minta kontak bapak untuk kirim undangannya?

    terima kasih banyak, kami sangat merasa terhormat sekali apabila Bapak berkenan memenuhi undangan kami..

    salam
    Iqbal – BINUS Career Center

  3. Victor Johannes Manurung says:

    Sekali lagi saya mendapat pelajaran dari sebuah ide yang berhasil dengan dukungan komitmen, konsistensi, dan percaya diri.

    Trims Pak.

  4. mudji astuti says:

    Dear Pak Jos & Mba Lala, salut untuk dikau ber-2, benar2 ” SO CREATIVE…& KEREN BANGEEE…..T….;)”.

    • josef josef says:

      All credit goes to Lala untuk ide2 kreatif dan upaya untuk menerjemahkan konsep kedalam aktivai tersebut, dengan cara yang unik. Thanks Mudji..

  5. Toety Setyadewati says:

    Kami senang mendapatkan pencerahan dari Bapak kemarin, apa yang disampaikan dalam film “FISH MARKET” alhamdulillah sudah kita jalankan… Sehingga semua Staff di Grup kami merasa nyaman dan tidak pernah merasa lelah meskipun pelkerjaan kita penuh tekanan dan tantangan. Namun sayang waktunya sangat kurang, harapan saya lain waktu akan kami minta Bapak memberikan pencerahan pencerahan yang lain buat kekompakan group Litigasi. Salam

    • josef josef says:

      Yang penting response tim untuk follow up. Kita bisa bei masukan lebih lanjut. Ikuti dua posting minggu depan, yang bekisah tentang ini. Terima kasih saya bisa jadi Fish Fun Team di Litigasi

  6. sumarno says:

    Dear Pak Joss,

    Pada masa HR Transformation saya masih bergabung dengan ULI sbg team Helpdesk di depo, 5 th saya joint dan sekarang baru tau ternyata maknanya sungguh luar biasa Pak, Banyak sekali pelajaran serta nilai-nilai positif yang saya dapatkan waktu bergabung dengan ULI, Saya bersyukur pernah bekerja untuk ULI walopun sbg outsource…
    oh iya pak ada semboyan yang Saya sangat suka ” Can do…”
    Sukses selalu Pak joss

    • josef josef says:

      Terima kasih Sumarno telah mengunjungi blog ini. Saya juga gembira mengetahui bahwa walaupun hanya 5 tahun bekerja di ULI, banyak sekali pelajaran nilai2 positif yg didapat… Termasuk “Can do” spirit. Ikuti terus cerita2 selanjutnya

  7. Agusta Rinaldi says:

    Inspiratif sekali Pak Jos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan
  • Peluang ke Jenjang Lebih Tinggi
  • Bermanfaat Bagi Orang Lain
  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang
  • Agar Sehat dan FIT