Energi dan Harapan Masa Depan

Posted on September 18th, 2018

“What make today have energy, what make today have power, because of the faith in the future.” (John Maxwell)

SEPANJANG PERJALANAN HIDUP, kita melangkah seperti biasanya setiap hari, kita akan merasa nyaman, dan berusaha untuk tetap tinggal di situasi yang nyaman seperti biasanya. Dalam situasi seperti itupun kita tentu proaktif mencari peluang untuk melakukan improvement. Namun itu sejauh kita merasa nyaman untuk melaksanakannya dan masih dalam lingkup yang sudah dikenal. Tapi berapa lama kita harus berada di sana, di zona nyaman?

Perubahan Senantiasa Mencemaskan

Begitu gelombang perubahan terjadi, semua yang terkena dampak akan menjalani perubahan itu. Ada yang secara mental sudah siap. Ada yang juga siap secara kompetensi karena sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya. Ada yang karena mempunyai kemampuan belajar dan menyesuaikan diri secara cepat, maka dia akan melewati situasi seperti itu dengan muda.

I Will Not Complain

Dalam sebuah program yang diselenggarakan untuk menjadi Change Champion, di mana saya juga terpilih di antara beberapa teman-teman se-Asia, kami harus mengadakan team building di sebuah booth camp di kaki bukit dekat Tembok Cina. Sebelum berangkat, kami dikirimi sebuah formulir yang harus diisi dari penyelenggara yang bernama IWNC.

Dan semua pernyataan isian tersebut, dimulai dengan “I Will Not Complain”. Baru saya mengerti, rupanya itu kepanjangannya IWNC. Contohnya: I will not complain, kalau di tenda itu banyak nyamuk dan serangga. Atau I will not complain kalau pagi hari kutemukan kalajengking di sepatuku. Dan semua harus di-tick. Lembaran sederhana tersebut sudah mempersiapkan mental kami untuk berjuang mengikuti semua latihan tanpa mengeluh, karena banyak tantangan yang akan dihadapi.

Salah satu latihan yang tidak kalah sulitnya adalah turun dengan menggunakan tali di dinding luar Tembok Cina sampai ke tanah datar sempit yang pinggirnya juga adalah jurang yang dalam. Mereka yang punya ketakutan akan ketinggian tentu akan mengalami kesulitan.

Walaupun penyelenggara sudah menunjukkan bahwa tali utama dan cadangan yang diikatkan ke badan kami sanggup menurunkan seekor gaja dewasa ratusan kg. Tapi tetap saja ada seorang anggota tim wanita yang sulit diyakinkan untuk mau turun. Padahal ini kerjasama kelompok.

Hasil diskusi, tim menyarankan, ada teman yang duluan ke bawah (sejauh 7-10m), kemudian dia berdiri di bawah sambil membuat video terhadap dua tiga teman yang turun. Video itu yang dibawa ke atas untuk meyakinkan teman wanita tersebut, untuk membangun konfiden dirinya.

Pesan kami pada dia: “Fokus, percaya bahwa kamu bisa, demi hasil tim. Dan Berhasil!! Teman ini sekarang sudah menjadi Chief HR Officer Global.

Leader yang Penuh Optimis

Dalam sebuah Pembahasan berjudul “How Faith Brings Power to the Present, A minute with John Maxwell,” (free coaching video yang saya terima setiap hari), John Maxwell menyampaikan:

“When there is no faith in the future, there is no power in the present. Or whether is it a faith in the future, it makes the power in the present?

What make today have energy, what make today have power, because of the faith in the future.

Leaders always put hope in front of their people, so that they are inspired, encouraged, and that helps people keep on keeping on. It is encouraging, uplifting,  sustaining exercise.”

Di sinilah peran besar seorang pemimpin yang meyakinkan anak buah akan masa depan yang lebih baik, dengan demikian mereka akan terinspirasi dan terdorong untuk bekerja lebih smart.

Energi Asia

(Courtesy of Reuter)

Bukan pula sebuah kebetulan, sehari sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menutup event besar Asian Games 2018, dia berkata:

“Inilah Energi Asia yang sesungguhnya: Bersatu membawa kebaikan dan kedamaian bagi dunia. Apresiasi buat optimism dan energi positif para atlit dan masyarakat Indonesia, sehingga perolehan medali emas jauh melebihi target yang ditetapkan.

Semoga momentum ini menjadikan energi bangsa ini, bangsa yang makin besar bersatu dan semakin maju.”

Konfiden yang diperlihatkan di wajah seorang pimpinan akan juga membuat timnya konfiden dan penuh harapan. Berikut foto bapak Presiden RI yang penuh percaya diri sekaligus memberi harapan.

(Courtesy of AFP)

Sementara itu dari video persiapan ASIAN Para Games 2018 di Indonesia, Bapak Presiden RI berujar:

“Hidup ini penuh perjuangan, mengalah bukan pilihan. Mereka memilih bergerak. Mereka ingin menjadi bagian dari sejarah. Kita pasti bisa. Seperti tanah air ini, berdiri dari sebuah keyakinan, keteguhan untuk menjadi besar dan hebat. Pantang tubuh ini menyerah.”

Kata-kata positif penuh keyakinan yang keluar dari mulut seorang pemimpin juga akan meningkatkan gairah berprestasi dari seluruh tim, karena mereka percaya bahwa ada masa depan yang lebih baik yang bisa diharapkan. Dan masing-masing kita adalah pelaku untuk merealisasikannya, sesuai profesi dan tanggung jawab kita masing-masing. Kita BISA karena kita percaya kita BISA.

“Don’t let negative people drain your energy. Focus on your positive energy and kill them with kindness.” (Jon Gordon)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih tanggapan Kelana. Tidak mau membalas argumen juga merupakan pilihan. Namun kalau argumen...

kelana:
halo pak josef, bagaimana cara upgrade rasa PD, saya tidak ragu dengan kemampuan tapi terkadang tidak mau...

josef:
Terima kasih, kalau insight yg Rolin dapat juga dibagi ke teman2, akan bertambah kaya ilmu Rolin. Salm

Rolin:
Terimakasih selalu menginspirasi,Pak Josef. Seperti sumur, semakin dalam digali, semakin jernih airnya

josef:
Terima kasih mba Nurlita Magdalena, sudah sempatkan menyimak kisah di blog ini dan memberikan komennya. Sukses...


Recent Post

  • Percaya Pada Diri Sendiri
  • Saya Mengaku Salah
  • Advis Utama Seorang CEO: Be Yourself
  • Building Resilience with Growth Mindset
  • Year End Meaningful Conversation
  • Inspirasi dari Pelosok Nusantara
  • Produktivitas Tanggung Jawab Semua Pemimpin
  • Terima Kasih Boleh Melayanimu
  • Tidak Semudah Itu Ferguso
  • Self Coaching for Better Tomorrow