Mengubah Diri Sebelum Mengubah Dunia

Posted on November 10th, 2017

“If you don’t understand generational differences. You overreact to the small things, ignore the big things, and propose the wrong things.” (Haydn Shaw)

AJAKAN UNTUK HIDUP SEHAT telah banyak digaungkan. Ada kata-kata indah seperti: Mens Sana In Corpore Sano. Atau Mengolahragakan Masyarakat dan Memasyarakatkan Olahraga. Ada pula inisiatif nyata seperti Hari Olah Raga Nasional yang diperingati setiap tahun, atau car free day yang memberikan kesempatan masyarakat untuk berolahraga.

Fitness center pun tumbuh seperti jamur. Di tingkat perusahaanpun langkah untuk meningkatkan kesehatan karyawan juga dilakukan. Berbagai club bermunculan sesuai minat. Tantangan untuk semua itu adalah bagaimana menjaga keberlangsungan kegiatan tersebut.

Tapi saya sendiri sangat yakin bahwa contoh dari seorang leader akan jauh lebih powerful.  Buku catatan berjudul “Change Yourself, Change the World” saya pilih untuk mencatat berbagai latihan yang saya lakukan bersama Personal Trainer, seperti yang diceritakan berikut ini.

10 Nov 2017_Mengubah Diri Sebelum Mengubah Dunia1

Contoh Seorang Leader

Melalui blogku atau sarana social media lainnya tak henti-hentinya saya mengajak semua untuk olahraga sehat, sekaligus menceritakan apa yang saya lakukan dan apa hasilnya. Saya sadar bahwa sebagai seorang leader tidak cukup hanya berkata-kata. Diperlukan contoh nyata.

Akhir-akhir ini saya merasakan bahwa ada sesuatu yang mundur dalam hasil latihanku, yang saya lakukan sendiri. Karena itu saya meminta bantuan seorang professional Personal Trainer untuk mengamati, menganalisa dan menyusun kembali program latihan yang lebih memadai.

Latihan pun dimulai di bawah bimbingannya, dengan fokus berkaitan dengan antara lain strength, mobility, flexibility, endurance, balance dan speed. Ternyata banyak kemuduran yang saya alami, tapi dengan latihan baru dan dipandu PT (Personal Trainer), maka kondisi tubuhku perlahan tapi pasti mulai pulih kembali. Foto memperlihatkan hasil pengukuran yang dilakukan 3 November 2017 lalu. Lemak tubuh, entah dimana mereka beredar, masih merupakan tantangan bagiku.

10 Nov 2017_Mengubah Diri Sebelum Mengubah Dunia2

Peregangan di samping meja kerja

Sudah lima tahun Tim CHR-ku menerapkan kegiatan peregangan setiap hari. Jelang jam 10:00 dan 15:00 kita akan mendengar bunyi gentong bambu, musik pengiring disiapkan, seorang pemandu gerak yang bertugas akan berdiri di depan, dan mulai……

Satu dua divisi yang tertarik untuk mengimplementasi, mulai mempelajari dan menerapkan.

RPM (Rehat Peregangan dan Minum)

Untuk bisa menularkan kebiasaan hidup sehat, dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja, maka diperlukan Agent of Change. 7 Divisi didaulat untuk menjalankan program ini, karena itu mereka mempersiapkan beberapa Agent of Change (AOC) dan mereka akan di persiapkan untuk menjalankan program ini di divisi masing-masing, sebagai proyek percontohan. Seperti biasa, program bisa dilihat berhasil atau gagal kalau ada alat ukurnya.

Masing-masing divisi menerima satu alat ukur seperti terlihat pada foto kedua di atas. Tentu saja ada pengukuran lainnya yang sejalan dengan program yang dilansir. Dan tentu saja program ini harus sejalan dengan disiplin diri dalam menerapkan pola makan yang sehat dengan Gizi Berimbang.

Dinding Fish World di CHR pun dimanfaatkan maksimal untuk mengkampanyekan inisiatif ini.

10 Nov 2017_Mengubah Diri Sebelum Mengubah Dunia3

Langkah ini tidak akan membawa perubahan dalam semalam, tapi dengan keterlibatan leader masing-masing, antusiasme Agent of Change dan kesungguhan  semua peserta karena sadar akan manfaat dari latihan tersebut, maka diharapkan kita semua akan bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Leadership is communicating to people their worth and potential so clearly that they come to see it in themselves.” (Stephen R. Covey)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan