Self Discovery melalui Coaching

Posted on October 8th, 2019

“Great coaches recognize that everyone already has the answers and the capabilities to be successful.“ (Marilyn Atkinson, Founder and Master Coach)

GERAK CEPAT, implementasi, belajar dari pengalaman ini, sambil memperbaiki. Ini pendekatan yang kami gunakan untuk menjalankan program Coaching pro bono untuk anggota FTHR (Future HR) oleh coaches anggota FTHR juga. Berikut foto bersama saat Appreciation Night, menutup program Coaching, 3 Oktober 2019.

“Coach Josef, saya baru selesai melakukan operasi, apakah masih keburu kalau saya datang ke tempat acara?”

Demikian telepon dari Coach Chairunisa sekitar jam 18:00, Kamis 03 Oktober. Jawabku:

“Silahkan datang, karena kita akan mulai dengan makan malam bersama secara potluck baru memulai acara di jam 19:00.”

Dan penelpon inipun langsung datang dan bisa mengikuti seluruh acara ini. Selain sebagai professional Coach, mba Irun (Panggilan akrab untuk coach Chairunisa) adalah seorang dokter gigi dan juga President ICF (International Coaching Federation) Jakarta Chapter. Bisa dibayangkan betapa sibuk agenda beliau. Ini hanya sebuah contoh, dimana para coach yang ditengah kesibukannya yang luar biasa, masih meluangkan waktunya untuk menjadi coach bagi anggota FTHR lainnya, selama tiga bulan terakhir ini. Foto Coach Irun dan Irma sebagai wakil tim penyelenggara.

Antusias Kedua Belah Pihak

Program ini diluncurkan tanggal 3 Juli 2019. Antusias sudah nampak nyata saat kami meminta mereka yang mau menjadi coachee, harus mendaftar dengan menggunakan video selfie satu menit. Dan mereka lakukan. Ada 25 yang terpilih. Selama 3 bulan program dilakukan, antusias coachee seakan menambah energi positif para coach. Mereka rela meluangkan waktu berharganya untuk bertemu coachee untuk program ini. Mereka percaya, bahwa setiap coachee sebetulnya sudah mempunyai jawabannya, dan tugas mereka adalah membantu menemukan jawaban tersebut, seperti highlight berikut ini:

“Great coaches recognize that everyone already has the answers and the  capabilities to be successful.“ (Marilyn Atkinson, Founder and Master Coach)

Antusias masih terbawa saat sesi evaluasi. Berikut foto para coach dan coachee, yang dikompilasi mba Unie Husniyati dan dibagi di WA Group.

Self Discovery

Dua kelompok diskusi, coachee dan coach masing-masing memberikan feed-back, most rewarding dari pengalaman coaching. Banyak yang diungkapkan, dan sangat bermanfaat untuk pembelajaran semua. Saya cukup menampilkan beberapa saja:

Dari perspektif Coach

  • Opportunity to make  difference in someone’s life
  • Bisa membantu coachee untuk self discovery
  • Membuat coachee aware tentang coaching dan manfaatnya.

Dari perspektif Coachee:

  • Menemukan sendiri solusi
  • Berguna bukan hanya untuk pekerjaan tapi juga untuk kehidupan
  • Kesempatan lebih terbuka karena coach luar, bukan internal

Untuk butir terakhir ini, seorang coachee bertanya, mengapa demikian. Bukankah kita mengharapkan seorang leader hendaknya juga berperan sebagai coach.

Memang, seorang leader hendaknya berperan sebagai coach. Internal leader boleh jadi mempunyai masa lalu hubungan yang bisa menimbulkan barrier saat melakukan coaching. Dia bisa memperbaikinya, tapi perlu waktu lama. Sementara coach dari luar tidak memiliki hubungan masa lalu dengan coachee, yang bisa menghambat proses, sehingga coacheenya bisa lebih terbuka, leluasa menjawabi berbagai pertanyaan.

Keceriaan nampak pada wajah-wajah bahagia dalam kompilasi berikut.

Beberapa ide untuk ditindak-lanjuti

Tidak hanya evaluasi, tim juga menggunakan kesempatan untuk menjaring ide, apa yang bisa dilakukan selanjutnya. Beberapa diantaranya yang bisa langsung dilakukan:

  1. Melalui social media masing-masing, kita bisa bercerita tentang program ini kepada masyarakat luas, demi memperkenalkan coaching, tapi juga untuk memprovokasi mereka yang bermaksud belajar coaching tapi belum kesampaian.
  2. ICF menawarkan awareness coaching pro bono selama 8 jam di perusahaan bagi yang berminat. Tinggal perusahaan mendaftarkan peserta dan meminta ICF untuk melaksanakannya.
  3. Bagi yang mendapatkan manfaat dari coaching ini, boleh membalasnya dengan melakukan coaching bagi yang lain. Kalau yang ini belum belajar dan mendapat sertifikat sebagai coach, maka ini kesempatan untuk belajar di sekolah coaching yang punya credential. Sejauh yang saya tahu, setidknya ada tiga atau empat orang yang langsung mendaftar dan belajar serta sudah disertifikasi sebagai Coach
  4. Dan masih ada lebih dari 10 butir implementasi yang dikumpulkan dan akan dishare kepada 500 anggota WA Group FTHR.

Acara malam itu ditutup dengan memberikan kesempatan kepada para coachee mengapresiasi coach masing-masing untuk coaching dan manfaat yang sudah diperoleh.

Tidak lupa peserta mengucapkan terima kasih kepada panitia kecil yang bekerja keras di belakang layar untuk mewujudkan acara ini: Audi Lumbantoruan, Irma Erinda, Juliana Tompodung, Novianta Kuswandi dan Josef Bataona

Ini hanya merupakan langkah kecil, namun dalam pembukaan, Irma Erinda menyampaikan, kalau langkah kecil seperti ini terus bergulir, maka bisa berdampak besar menuju Indonesia yang lebih baik.

“One common thought Managers have is that they will lose their power if they take on a coaching role. What they don’t realize, is that they end up with more power by being a coach rather than a manager.” (Byron and Catherine Pulsifer)

 

 

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih juga karena Santi senantiasa meluangkan waktu untuk menyimak tulisan2 ini, dan membagi manfaatnya...

Santi Sumiyati:
Terima kasih Pak Josef untuk sewindu memberikan kami lentera melalui tulisan tulisan Bapak..sehingga...

josef:
Terima kasih sama2, sayapun berbahagia karena inspirasi yang Helda dapatkan dibagi lagi kepada yang lain....

helda Manuhutu:
An honour buat sy pribadi bisa mempunyai kesempatan melihat dan mengalami journey sewindu...

josef:
Terima kasih mba Meisia, kontribusi mba Meisia dan teman2 yang telah mempersiapkan kelahiran blog ini dan...


Recent Post

  • Sewindu Membagi Cerita
  • Sentuhan Tangan Yang Diberkati
  • Tempat Kerja Idaman
  • Momen Mendengarkan Milenial
  • Memacu Gairah Belajar
  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat