A Little Love

Posted on July 18th, 2017

“Each morning we are born again. What we do today is what matters most.” (Buddha)

DALAM KEGELAPAN terdengar jelas suara musik dari sudut kamar tidurku. Jam menunjukkan angka 03:45. Perlahan kubuka mataku, sambil menyimak lirik lagu tersebut:

Try a little love

It’s what mama used to say

Son try a little love

And things will go your way

Try a little love

In everything you do

Try a little love

‘Cause love will do

Demikian penggalan lagu yang dibawakan Oscar Harris, diiringi musik lembut tapi menginspirasi.

18 Juli 2017_A Little Love1

Kreasi Unik untuk Hari yang Spesial

Pagi itu, di tempat kerja, ada tiga orang memasuki ruang kerjaku dengan membawa sebuah piring kecil berisi tiga kueku. Di atasnya ditancapkan pesan:

“Some people are old at 18 and some people are young at 90. Time is a concept that humans created.” (Yoko Ono). Stay Young Pak Josef!

Kemudian saya diberikan clue berkaitan dengan hari lahir dan usia. Ternyata clue ini mengantar saya ke  meja kerja dengan no extension 1164. Di sana ada sebuah Little Book of Quotations dengan tema Happy Birth Day.

18 Juli 2017_A Little Love2

Di dalamnya ditemukan quote dan clue lain, yang harus saya pecahkan:

The color pink makes everything looks happier. Clue: Pink Flower

Saya pun harus mencari ke semua ruangan, dan baru ketemu di wing lain, di mana ada yang sedang memegangi bunga yang melingkari motto hidupku. Selanjutnya kami semua berkumpul di ruang meeting.

18 Juli 2017_A Little Love3

Pengakuan Seorang Pimpinan

Di hadapan hampir semua anggota teamku, saya menyampaikan pesan berikut ini:

Ini adalah ulang tahun saya yang kelima di Indofood. Lima tahun adalah waktu yang banyak. Apa yang sudah saya hasilkan selama ini? Belum banyak. Sebagai atasan kalian, apa yang sudah saya lakukan untuk development kalian? Masih tanda tanya. Sebagai Pimpinan HR di perusahaan ini, kontribusi besar apa yang bisa dibanggakan? Saya sendiri tidak berani untuk mengklaim apa-apa. Bila semua ini belum bisa memenuhi harapan kalian, atau bila kalian juga merasakan bahwa belum banyak  kontribusi berarti yang kita semua berikan, maka itu sepenuhnya kesalahan saya. Saya ulangi, saya yang seharusnya disalahkan. Mengapa saya kemukakan ini?

Kita semua, saya atau masing-masing kalian bisa mengalami situasi di mana kita merasa belum memberikan kontribusi maksimal, belum bisa memberikan makna sepenuhnya, karyanya belum banyak memberikan hasil yang bisa dibanggakan, apa yang harus kita perbuat? Saya kemudian memutarkan lagu Oscar Harris di atas untuk refleksi bersama. “Try a Little Love” Mengapa?  

Sering sekali kita memikirkan hasil kerja yang besar yang bisa kita tinggalkan sebagai legacy kita. Ternyata ketika Oprah Winfrey memberitahu Maya Angelou bahwa dia barusan membangun sekolah, yang kiranya bisa menjadi legacy yang patut dibanggakan, Maya menjawab:

“You have no idea, what your legacy will be. Your legacy is every life you’ve touched. Feel everything with love. Because every moment you are building your legacy.”

Untuk itu saya mengundang lima orang untuk maju ke depan, dan mereka boleh menunjuk kue yang mereka sukai, tapi sayalah yang akan mengambilnya, dan menyajikan kepada mereka dalam sebuah piring. Di hari ulang tahun ini saya ingin melayani mereka.

18 Juli 2017_A Little Love4

Hidup kita dipenuhi dengan tugas panggilan untuk melayani. Selama kita terus melayani dengan tulus, kita akan menyentuh lebih banyak hati, mengisinya dengan cinta kasih. Dan semua yang dilakukan itu merupakan bagian dari membangun legacy.

Tak ada kontribusi besar atau kontribusi kecil. Yang ada adalah kontribusi yang memberikan makna bagi kehidupan orang lain. Kita akan terus mengenali diri sendiri, dan belajar menyentuh lebih banyak orang, disetiap momen kehidupan ini. Ingat pesan mama dan papa, seperti yang dilantunkan Ocar Harris, “Try a Little Love

Berbagai Pesan Sejak Pagi

Makanan kecil turut mewarnai kebersamaan pagi itu.

18 Juli 2017_A Little Love5

Sementara itu pesan sejuk sejak pagi umumnya mendoakan semoga sukses dan sehat dan selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha esa. Untuk itu pada kesempatan ini saya sekali lagi ingin mengucapkan beribu terima kasih. Saya juga mendoakan agar teman-teman semua dan pembaca blog ini juga diberkati Tuhan Yang Maha Rahim.

Di samping itu ada banyak harapan, yang sebetulnya juga adalah doa, agar tetap sehat dan bisa terus menginspirasi.

18 Juli 2017_A Little Love6

Motto hidupku, yang dirakit dengan sangat kreatif, akan saya simpan, karena akan terus mengingatkan saya untuk selalu membuka diri untuk belajar menjadi lebih baik agar bisa terus berbagi kepada yang membutuhkan. Terima kasih team kreatif FishFun CHR yang terus menelorkan ide-ide gemilang dalam menciptakan momen kebersamaan.

“An essential aspect of creativity is not being afraid to fail.” (Edwin Land)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan