Konspirasi Alam Semesta

Posted on October 18th, 2016

“The Universe is saying: Allow me to flow through you unrestricted, and you will see the greatest magic you have ever seen.” (Klaus Joehle)

RANCANG ALAM SEMESTA. Berapa banyak kali kita mendengar kata KEBETULAN. Berapa sering pula kita yang menggunakannya, ketika menghadapi situasi yang mengejutkan, tidak terduga, bahkan hampir tidak percaya bahwa dua kejadian bisa berbarengan.

Kok bisa? Demikian pertanyaan lanjutan.

Dan banyak kejadian serupa yang kita lewatkan begitu saja tanpa repot-repot memikirkan korelasinya. Tapi ada pula yang mencoba membawakan dalam perenungan pendek, betapa karya Ilahi di alam semesta ini, mengatur semuanya untuk bisa terjadi, berhubungan secara harmonis.

Wanita Tangguh

Muncul sebuah pesan di FB Messenger menanyakan di mana keberadaan kami di Inggeris. Pesan itu berasal dari seorang putri asli Lamalera, yang juga sedang berada di Inggeris. Saya tahu namanya, tapi belum pernah bertemu sejak lahir. Kesepakatan dicapai, kami akan bertemu di Oxford, titik tengah antara Birmingham dan Southampton.

1konspirasi-alam-semesta

Ribuan kilometer dari desa Lamalera, seorang biarawati bernama Sr. Yudith Keraf telah lebih dari 20 tahun mengabdikan hidupnya untuk pelayanan, termasuk untuk melayani mereka yang sakit, terabaikan atau para pengungsi. Sesudah Irlandia, Birmingham adalah tempat bertugas sekarang, di mana banyak pengungsi dari Syria ditampung.

Dari suster ini saya banyak belajar tentang “Melayani dengan setulus hati, tanpa pamrih”. Tidak mengharapkan ucapan terima kasih, atau ada yang melihat dan mengapresiasi. Bahkan dengan pengalaman pahit, tempat tinggalnya dirampok sekalipun, dia tidak gentar. Mental kuatnya sudah dibangun sejak dari kampung, di atas bebatuan di Lamalera.

Terima kasih sudah berbagi kisah inspiratif selama pertemuan singkat di Oxford. Dia dan Eka berbagi alamat untuk saling komunikasi. Akankah kita menyebutnya sebuah kebetulan?

Kejar Aurora hingga Southampton

Dua tahun lalu, saya terlibat dalam sebuah program bernama “Jalan Pemimpin”, menjadi coach untuk calon pemimpin masa depan, baru lulus kuliah, belum dapat pekerjaan tetap. Tapi mereka tidak tinggal diam. Mereka membuat proyek dengan melibatkan masyarakat sekitarnya demi kepentingan masyarakat tersebut.

Saya memilih Bandung, di mana Puji Prabowo, seorang Sarjana S2 yang membuat proyek membuat kurikulum kreatif untuk menggugah daya kreatifitas anak-anak sejak PAUD. Kurikulum disusun dan diuji-cobakan di kelas PAUD, SD, SMP hingga SMA. Sudah beberapa postingan saya yang bercerita tentang Kejar Aurora.

2konspirasi-alam-semesta

Pada 4 September tahun ini, Puji Prabowo rupanya berhasil mengejar Aurora yang lebih indah: Adinda Gladya (keduanya yang dilingkar di foto atas), bersatu di pelaminan.

Dan di akhir bulan yang sama, tidak terduga saya bertemu kembali dengan Adinda, bukan di Bandung tapi di Southampton. Dia sedang mengejar impiannya, meraih ilmu demi masa depannya di University of Southampton dan demi pelayanannya kepada masyarakat pendidikan nantinya.

Eka, putriku pun mempunyai teman di hari-hari awal.

Sebuah kebetulan? Tidak!

Ini peran ‘Universe’ yang tidak kita paham sebelumnya, hingga peristiwa itu terjadi.

Alam Semesta Mencatat

Ketika Eka memilih universitas untuk melanjutkan kuliahnya, fokusnya adalah pada universitas di mana dia bisa menimbah ilmu yang diinginkan. Tidak pernah terlintas di pikirannya bahwa ada seorang sahabat orangtuanya tinggal di kota Southampton.

Ketika mengetahui bahwa kami akan melakukan perjalanan ke Inggeris, seorang sahabat mengirim pesan dan bertanya tentang kota tujuan kami. Dan semua kami kaget terperanjat, bahwa Southampton tempat kuliah Eka, juga tempat kediaman sahabat lama: Liliek Mega Yuliani. Kita pun baru membangun komunikasi setelah semuanya siap, dan rencana perjalanan kami matang.

Apakah ini sebuah kebetulan? Tidak!

Alam semesta sudah lama mencatat, bahwa persahabatan dengan seorang kawan bernama Liliek Mega Yuliani, akan lebih terjalin erat dengan kehadiran putri kami Eka di sana. Mungkin ini karena kita percaya bahwa friendship are for ever.

3konspirasi-alam-semesta

Liliek bersama suaminya Jeff Nelson serta putranya Rullie Nelson dengan senyum gembira menyambut kedatangan kami di Bandara Heathrew London. Hari-hari kami di Southampton sangat menyenangkan difasilitasi oleh keluarga Liliek, memperkenalkan kami dengan kota Southampton, obyek-obyek menarik sekitarnya, termasuk Winchester dan Oxford.

Kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih berlimpah atas uluran tangan keluarga Liliek yang telah membantu selama kami berada di sana, dan kesediaannya untuk membantu Eka bila diperlukan. Semoga Allah yang Maharahim memberkati keluarga Liliek.

“The universe is limitless and so are you. There is a limitless supply of GOOD  that the universe wants to show you. Step out of the way and let it be!” (James Van Praagh)

Bookmark and Share

4 Responses to Konspirasi Alam Semesta

  1. Adinda Gladya says:

    Terima kasih tulisannya pak. Setuju, tidak ada yang kebetulan. Everything happens for a reason ya pak. Setiap pertemuan mengizinkan kita untuk belajar atau mengajarkan. Selalu kagum dengan cara Tuhan menuliskan takdir untuk masing-masing dari kita..
    Senang sekali bisa kenal dengan bapak dan bertemu lagi, dari Bandung ke Southampton. Semoga hubungan silaturahim senantiasa terjaga, bisa bertemu lagi full team dengan bapak sekeluarga dan mas Puji 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Adinda, saya sendiri sempat surprise ketika menerima pesan WA dari mas Puji kalau Adinda juga akan belajar di Sotton. Saya percaya masih ada hal2 yang menunggu kita di masa mendatang, untuk kita kerjakan sebagai buah dari kita saling belajar dan berbagi.

  2. Hari says:

    Selembar daun jatuh pun bukan karena kebetulan……. Terimakasih Pak Jos atas sharingnya. Tuhan Memberkati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life