Panduan Motto: Be Yourself but Better Every Day

Posted on January 3rd, 2014

“A candle loses nothing by lighting another candle.” (James Keller)

SAYA HADIR menyapa teman-teman di media sosial, entah itu blog, Twitter, Facebook, LinkedIn atau Instagram. Berbagai pesan coba saya hadirkan. Pagi-pagi sekali setiap hari Senin sampai Jumat saya hadirkan inspirational quotes di Twitter dan Facebook dan di LinkedIn sekitar jam makan siang. Sementara itu, Instagram saya gunakan untuk merekam momen-momen khusus, dan momen-momen yang hadirnya tidak di duga. Rekaman keceriaan team di pagi hari seperti foto berikut ini, akan terus mereka kenang.

Memacu Diri untuk Terus Belajar

Berbagai pengalaman dan pengetahuan yang sudah lama saya kumpulkan, masih berada dalam kepala saya. Sebagian sudah dimanfaatkan di berbagai kesempatan dalam rangka menempa diri saya, menuntun saya ke arah yang lebih bijak, menginspirasi saya dalam berbagai kesulitan, untuk bisa menemukan solusi, atau merupakan kunci untuk membuka berbagai peluang dalam kehidupan ini.

Setiap pagi ketika saya menyampaikan pesan-pesan berupa inspirational quotes, seluruh diri saya diajak untuk menghayati kata-kata bijak tersebut, memenuhi diri saya dengan mindset positif, yang akan membuat saya berusaha untuk berpikir positif sepanjang hari, betapapun sulitnya situasi yang dihadapi. Inspirasi positif pun saya dapatkan dari rekaman foto seperti ini.

Saya sendiri melangkah dengan keyakinan bahwa saya harus menjadi diri sendiri, menggali potensi yang dikaruniai oleh Sang Pencipta, mencari keunikan yang saya punyai. Namun demikian, saya pun menyadari bahwa orang lain juga punya keunikan yang tidak saya punyai.

Karena itu saya harus membuka diri untuk belajar, meramu kekuatan saya dan kekuatan yang ada dalam diri orang lain sekitar kita, untuk menjadikan saya pribadi yang lebih baik hari ini dibandingkan dengan kemarin, dan hari esok yang lebih baik dibandingkan dengan hari ini. Inilah makna dari moto hidup saya: Be Yourself, but Better Every Day.

Berbagi untuk Kemajuan Bersama

Dalam banyak kesempatan, saya selalu mengajak orang-orang yang hadir untuk menghitung berapa tahun pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Dan kalau digabungkan, potensi pembelajaran yang dibangun hanya dari orang-orang yang hadir hari itu saja, sudah sangat dasyat. Namun syaratnya adalah kita harus iklas membagi, dan juga mau membuka diri untuk belajar.

Komitmen learning & sharing seperti itu saya wujudkan antara lain dengan membuat blog ini untuk berbagi dengan harapan bisa bermanfaat bagi yang lain. Di blog ini saya sajikan berbagai pengetahuan dan pengalaman ataupun pemikiran-pemikiran berupa tulisan-tulisan yang hadir setiap hari Selasa dan Jumat pagi jam 08:00, yang juga saya broadcast melalui Twitter, Facebook dan LinkedIn.Dan melalui komentar dan input yang diposting oleh pembaca, diharapkan semakin memperkaya materi pembelajaran buat saya sendiri dan pembaca lainnya.

Hadirnya Twitter, Facebook, LinkedIn serta Instagram, turut menunjang kehadiran blog. Inspirational quotes yang saya sajikan pun dengan harapan bahwa yang membaca juga akan menciptakan mindset positif walau hanya sekian menit membaca tulisan inspiratif tersebut.

Lain Kepala Lain Pula Tanggapan

Macam-macam alasan mengapa seseorang tertarik atau tidak tertarik untuk membaca sharing yang disajikan. Dan reaksi mereka??

Ada yang ngajak bercanda ringan. Ketika saya berbagi quote: “True friends are those who lift you up when your heart’s wings forget how to fly by Anonymous,” seorang pengikut di LinkedIn dari luar negeri berkomentar:

“anyway heart has no wings and incase if our friends left our heart up that means they are damaging our heart and have chances of death . 🙂 :)”

Ada juga komentar:

“Tidak banyak lagi orang seperti yang dimaksud oleh quote itu”

Komentar seperti ini seakan mau mengatakan bahwa saya oke, tapi banyak orang di sekitar saya yang belum. Ketika saya menulis, tak ada maksud untuk menggurui orang lain. Saya coba menuangkan pemikiran-pemikiran di sini untuk menarik perhatian orang lain yang mudah-mudahan terinspirasi untuk mencerna dan mengambil manfaat darinya. Karena itu kurang bijak kalau menggunakan pesan-pesan itu untuk judge orang lain.

Lain lagi komentar tentang salah satu tulisan di blog:

“Tulisan ini mestinya cocok untuk atasan saya yang berperilaku sebaliknya…”

Begitu mendapatkan komentar seperti ini, saya selalu menanggapi dengan:

“Tulisan ini justru untuk mengingatkan kita semua agar kalau kita menjadi pemimpin suatu hari kelak, kita seharusnya berperilaku positif seperti layaknya seorang pemimpin yang bijak.”

Dan tentu saja saya sangat berbahagia, begitu mengetahui bahwa ada pembaca yang terinspirasi membaca berbagai pesan yang saya sampaikan, dan mengambil manfaat untuk hidupnya. Lebih bahagia lagi, ada yang minta untuk sharing lagi kepada teman-temannya, karena dia juga terpanggil untuk menularkan pesan-pesan positif ini kepada orang lain.

“All knowledge is connected to all other knowledge. The fun is in making the connections.” (Arthur Aufderheide)

Bookmark and Share

4 Responses to Panduan Motto: Be Yourself but Better Every Day

  1. Fenny suryana says:

    Pak .. Merry christmas and happy new year .. Kiranya Tuhan selalu memberkati bapak .. Terutama berkat hikmat yang selama ini selalu bapak share di blog ini .. Saya selalu mendapat inspirasi baru dari tulisan di sini .. Hal simple, tp means a lot .. Thanks a lot pak

    • josef josef says:

      Terima kasih Fenny, Selamat tahun baru, semoga terus sukses dan sehat selalu. Senang mengetahui bahwa ada manfaat yang bisa diambil Fenny di blog ini. Ikuti terus kisah selanjutnya

  2. Helmi says:

    Terima kasih untuk semua pembelajaran dan pencerahannya Pak, semoga Bapak sehat selalu sehingga dapat terus berbagi pengetahuan, ide, dan pencerahan untuk kami semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan