Siap Melangkah

Posted on January 5th, 2016

“Don’t wait for something big to occur. Start where you are, with what you have, and that will always lead you into something greater.” (Mary Manin Morrissey)

MENJELANG AKHIR TAHUN biasanya muncul berbagai tulisan, entah mengevaluasi perjalanan yang baru berlalu, mengambil pelajaran dari sana, dan juga tips untuk menghadapi tahun yang baru agar bisa lebih sukses lagi.

Saya juga mencoba mengedepankan beberapa pemikiran untuk membuat tahun baru ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, dimulai dengan terus menginvestasikan waktu dan sumber daya agar terus tumbuh berkembang menjadi lebih baik dibanding  tahun sebelumnya. Komitmen untuk maju, untuk tumbuh berkembang, perlu dimulai dari diri sendiri. Dan tidak kalah pentingnya, semuanya menatap ke depan.

IMG_0958

Siap Sedia Selalu

Kita bisa berencana. Namun kesempatan baik sering muncul mendadak. Yang sedang mengharapkan promosi, terus mempersiapkan diri agar begitu kesempatan itu muncul, semua persyaratan sudah lengkap. Bila kesempatan itu memang diberikan pada kita, segera ambil dan berusaha melaksanakannya dengan sebaik-baiknya. Bila sempat terlintas kekhawatiran bahwa kesiapan diri belum matang, hendaknya ini menjadi pendorong untuk mengambil langkah nyata, terus belajar mengejar ketinggalan.

Saya sendiri selalu berusaha untuk membuat tingkat kesiapan itu menjadi lebih maksimal, dengan terus belajar setiap hari, belajar agar bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Semoga langkah mempersiapkan diri ini, bisa sejalan dengan kesempatan baik yang sebentar lagi disodorkan alam semesta di hadapanku. Dan tentu saja ini sejalan dengan janji di balik motto hidupku: Be Yourself but Better Everyday!

Tepati Janji

Menarik untuk menyimak berbagai rencana yang dibuat orang, terutama berkaitan dengan pencapaian pribadi dalam setahun kedepan. Sebut saja rencana untuk menurunkan berat badan, atau untuk olah raga rutin. Ada yang berniat menulis satu artikel dalam dua minggu. Ada pula ibu yang berjanji untuk bisa pulang tepat waktu, paling tidak sekali seminggu untuk bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk anaknya yang masih kecil.

Belum lagi janji dari mereka yang pernah mendengarkan paparan saya tentang langkah menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Mereka menyampaikan niatnya untuk mengimplementasi beberapa contoh pengalaman yang saya sampaikan.

Ini baru berjanji kepada diri sendiri. Apakah mereka tepati janji tersebut? Bila itu tidak bisa ditepati, bagaimana bisa membangun tingkat kepercayaan dalam hubungan dengan orang lain, atau dalam kaitan pekerjaan? Integritas pribadi dibangun dari diri sendiri, menjadi pribadi yang layak dipercaya, sebelum kita mengharapkan orang lain percaya kepada diri kita.

Dan di balik sebuah motto sederhana yang saya rangkai, tersirat sebuah janji terhadap diri sendiri yang saya harus tepati: Be Yourself but Better Everyday!

Jadilah Pribadi yang Lebih Baik

Kita sering menjadikan sukses orang lain sebagai unsur memacu semangat kita. Bahkan tanpa kita sadari sering kita berniat untuk menyamai atau melebihi seseorang yang telah sukses yang sekaligus menjadi idola kita. Sayangnya belum tentu kita bisa meng-copy orang tersebut. Dan akhirnya kita akan kelelahan dalam usaha untuk menjadi orang lain.

Dalam perjalanan hidupku, saya menemukan bahwa kita semua diciptakan unik, lengkap dengan berbagai talenta untuk membuat kita sukses. Karena itu saya pun terus belajar menjadi diri sendiri, belajar mengenali pribadi, talenta yang dimiliki untuk bisa membangun sukses. Kalau toh ada sebuah target yang saya rencanakan, target tersebut adalah menjadi pribadi yang lebih baik dibandingkan diri saya sendiri, hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besok lebih baik dibandingkan dengan hari ini.

Mengapa bisa lebih baik, karena saya terus belajar dari semua pengalaman atau kejadian yang hadir di depanku setiap hati. Dan ini sekaligus merupakan pemenuhan janji yang ada di motto hidupku: Be Yourself but Better Everyday

Percaya, Anda BISA

Percaya bahwa saya BISA! Ini merupakan langkah awal membentuk “mindset” positif tentang kemampuan diri sendiri. Di dalam pikiran kita harus dibangun keyakinan, yang terus diperkuat dari waktu ke waktu. Jangan memberi kesempatan untuk hadirnya kekhawatiran karena rasa percaya diri tidak maksimal. Untuk terus membangun rasa percaya diri itu, rajinlah mengerjakan pekerjaan rumah untuk mempersiapkan diri dengan terus belajar dari berbagai sumber dan rajin bekerja dengan sepenuh hati.

Perbanyak kawan, bawalah orang-orang yang hadir di seputar lingkaran karyamu, mereka yang mempunyai pola pikir positif, punya daya juang tinggi, rajin menggali ide-ide baru yang kreatif, yang saling peduli sekaligus saling membantu untuk kemajuan seluruh anggota tim. Bersama, kita akan menciptakan warna-warni kehidupan penuh percaya diri, di mana hari-hari kita akan dimulai dengan sebuah keyakinan bahwa “Saya BISA” dan diakhiri dengan bersyukur karena nyatanya “Saya BISA”

“People tend to resist a change into something new and different. But after it’s succeded, they easily say that the change is a must.” (Toba Beta)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan