Terus Bertanya: Who Am I?

Posted on August 19th, 2014

“I think you travel to search and you come back home to find yourself there.” (Chimamanda Ngozi Adichie)

SUDAH LAMA HASRAT TERPENDAM, ingin mengunjungi Lourdes. Banyak versi cerita yang diperoleh sejauh ini. Kotanya terlalu kecil untuk hanya single trip, karena itu perlu dikombinasi dengan obyek di kota lainnya.

Info yang diperoleh dari berbagai agen perjalanan, belum memenuhi rangkaian perjalanan yang saya inginkan: harus mencakup Lourdes, Roma dan Lucern Swiss dan pada waktu yang tepat dengan agenda kami sekeluarga.

Akhirnya, hari itu datang juga. Kami dihubungi sebuah agen perjalanan yang memberikan kabar gembira: rangkaian perjalanan yang saya inginkan tersedia.

Dalam Keheningan Aku Bertanya …

Kami masuk Eropa melalui Madrid, Spanyol, di mana kami berkesempatan untuk mengunjungi Royal Palace, dan beberapa bangunan bersejarah lainnya.

Royal Palace by josefbataona dotcom

Perjalanan dengan bus dari Madrid menuju Lourdes, sudah memberikan gambaran kontras antara gersangnya alam Spanyol sepanjang perjalanan dan hijau segarnya Perancis Selatan, di mana Lourdes berada. Suasana sejuk sekaligus damai tenang. Karena suasana seperti itu yang didambakan untuk tujuan kali ini.

Mungkin sudah puluhan atau ratusan kali saya mengajukan pertanyaan berikut. Dan hari ini, di Grotto Penampakan Bunda Maria dan Basilica of Our Lady, saya pun khusuk berdoa, dan meditasi sambil bertanya:

  • Siapakah saya sebenarnya?? (Who am I ?)
  • Mengapa saya melakukan apa yang sekarang sedang saya lakukan di bumi ini? (Why I’m doing what I’m doing?)

Saya bertanya dalam hati, tapi saya seakan bisa mendengar pertanyaan itu sendiri, bahkan dalam keheningan itu bisa merasakan gelombang pertanyaan itu mengalir serta  gemanya di alam sekitarku. Saya membiarkan diri dalam keheningan itu untuk bisa mendapatkan jawabannya, atau persisnya merekam jawaban…

Karena seperti biasanya, saya tidak berharap mendapatkan  jawaban langsung saat itu. Tapi dalam perjalanan selanjutnya saya akan ditunjukan berbagai jawaban yang saya cari. Itulah makna kutipan di awal tulisan ini: saya boleh mencari atau bertanya, tapi saya akan menemukan jawaban ketika “come back home” yang memiliki makna kembali ke dunia nyata, kehidupan sehari-hari.

Doa by josefbataona

Pertanyaan Kunci

Mengapa pertanyaan itu penting bagiku?? Berikut ini adalah beberapa pertanyaan reflektif untuk terus memahami: apa sebetulnya misi hidup saya?

  • Apakah saya cukup mengenali diri saya dan talenta yang dipunyai??
  • Apakah saya paham untuk apa sebenarnya talenta itu digunakan??
  • Apakah saya paham bahwa kehadiran saya di manapun saya berada karena panggilan untuk memberikan kontribusi demi kebaikan bagi yang ada di sekitarku??
  • Apakah yang saya lakukan sudah sesuai tuntutan misi hidupku??
  • Atau barangkali kehadiranku di suatu tempat tertentu, adalah persiapan untuk misi berikutnya??
  • Bahkan dalam kesulitan yang dihadapi, saya pun bertanya: Pelajaran apa yang sedang disodorkan kepada saya??
  • Atau juga: misi apa yang sedang disiapkan di depan saya, sehingga pelajaran dari tantangan yang sedang dihadapi harus dipenuhi??

Dan di mana pun kita berada, atau di saat mana pun tiga rangkaian pertanyaan hendaknya terus ditanyakan: Who am I? Why am I here? dan  How then shall I Live?

Prosesi Lilin

Dan saya tidak sendirian. Sekitar saya banyak yang hadir dari berbagai penjuru dunia. Mereka juga sedang mencari sesuatu. Banyak yang duduk di kursi roda sedang merindukan penyembuhan.

Bahkan yang secara fisik nampak sehatpun paham bahwa berkunjung dan berdoa di Lourdes mudah-mudahan bisa memperoleh penyembuhan, baik fisik maupun mental atau spiritual. Bisa memperoleh ketenangan jiwa. Asalkan kita pasrah menyerahkan diri.. mengakui keberadaan kita yang sangat kecil tiada berarti, ketidak-mampuan kita di alam.

Dengan cara demikian kita sekaligus mengakui keagungan Tuhan. Dan Allah yang Maha Rahim akan senantiasa mendengarkan doa-doa kita, tapi belum tentu memberikan apa yang kita minta, tetapi Dia akan memberikan apa yang sesungguhnya kita butuhkan.

Doa-doa

Prosesi panjang menuju latar Gereja dengan membawa lilin di tangan, mengantar kami semua ke dalam suasana yang menyatu dengan alam yang damai. Usai acara resmi, kami pun terbenam dalam intensi doa masing-masing atau bahkan titipan doa dari sahabat, ada yang sampai larut… ada yang kembali lagi dini hari … semoga semua menemukan apa yang dicari, semoga doa-doa kami semua berkenan ke hadirat Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.

“One may understand the cosmos, but never the ego; the self is more distant than any star.” (G.K. Chesterton)

Bookmark and Share

4 Responses to Terus Bertanya: Who Am I?

  1. Wah seru ya Pak. Saya juga bagpacker-an ke Lourdes, Luzern, dan Italia ketika liburan Lebaran kemarin. Sayang gak ketemu Bapak 😀

    • josef josef says:

      Wah Ewaldo, mestinya kita janjian. Saya tiap hari posting instagram dan FB dan twitter. Nanti kalau ketemu kita berbagi cerita. Terima kasih

  2. inge says:

    Sangat setuju Pak, terus bertanya kepada diri sendiri, salah satu cara untuk focus terhadap tujuan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Dewi, setuju sekali di rumahpun kita bisa rancang liburan yang menyenangkan. Butir yang tidak...

dewi:
Tidak semua liburan seharusnya keluar dan mengunjungi salah satu tempat wisata… terkadang dengan d rumah...

josef:
Terima kasih Mudji atas pertanyaannya: 1) Pembelajaran yang dimaksud tidak harus yang besar. Mis. Dalam...

Mudji:
Saat pertama Bpk baru buka blog ini di Nop 2011, terus terang saya suprise banget dgn moto Bpk yg berat ini +...

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional


Recent Post

  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan
  • Peluang ke Jenjang Lebih Tinggi
  • Bermanfaat Bagi Orang Lain
  • Komitmen Belajar dan Berbagi
  • Start-up Mentality
  • Transformer Center: School of Life
  • Melayani dengan Coaching
  • Terus Belajar dan Berkembang