Bekerja dengan Hati

Posted on February 14th, 2014

“When you wholeheartedly adopt a ‘with all your heart’ attitude and go all out with the positive principle, you can do incredible things.” (Norman Vincent)

APAPUN YANG KAMU LAKUKAN, lakukanlah dengan sepenuh hati. Pesan seperti itu sudah kita dengarkan turun temurun, dan masih akan relevan sepanjang waktu. Dan saya juga akan meneruskan pesan itu kepada anak cucu saya, sebagai bagian dari tips untuk menjalani hidup yang penuh tantangan ini. Banyak juga slogan-slogan atau panduan sederhana yang dibuat untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya bekerja sepenuh hati.

Kata-kata Sederhana dan Mudah Diingat

Dalam lingkungan kerja, banyak kepala bagian yang menggunakan kata “HATI” untuk membangun motivasi kerja yang ingin ditanamkan kepada timnya. Ini seakan sejalan dengan paham berikut ini:

“You can employ men and hire hands to work for you, but you must win their hearts to have them work for you.” (Merle Shain)

Kami barusan mengunjungi pabrik yang cukup baru di daerah Purwasari Jawa Timur, yang memproduksi susu. Semangat kepala pabrik cukup tinggi untuk menanamkan mindset positif di tengah karyawannya. Mereka bekerja dengan slogan dan logo BERKAH, alias Bekerja dengan Hati.

Keuntungan dengan pabrik dan tim baru, adalah kita bisa mulai menanam apa saja dari awal, dengan mengajak karyawan baru untuk bersama-sama membangun lingkungan kerja yang menyenangkan kita semua. Namun tantangan juga tidak sedikit. Bagaimana menjaga momentum positif ini untuk terus tumbuh sejalan dengan bertumbuhnya perusahaan untuk jangka waktu yang cukup lama. Berikut ini foto bersama setelah kunjungan.

Bersama Tim by josefbataona dotcom

Disiplin adalah Bagian Komitmen

Salah satu contoh bagus yang diterapkan oleh tim, adalah dalam kaitan dengan disiplin untuk hadir pada waktunya dan juga untuk melaksanakan morning briefing sesuai alokasi waktu, dengan menggunakan jam yang unik.

Jam untuk briefing by josefbataona dotcom

Ketika jarum jam menunjukkan jam 09:00 tepat, briefing akan dimulai dengan Opening dan Safety Contact selama 5 menit; kemudian Safety dan GMP issue selama 10 menit; Production performance selama 10-15 menit.

Ini hanya sekedar sebuah contoh penerapan Value Perusahaan: Disiplin yang sekaligus juga membangun kerjasama tim.

Bukti, Bukan Sekedar Omongan

Dalam keseharian di tempat kerja, karyawan juga akan melihat, bagaimana pimpinan menerapkan berbagai hal dalam kaitan dengan “Bekerja dengan Hati”. Salah satu sentuhan kecil yang kami amati, adalah dengan tersedianya kantin, yang tidak sekedar tempat untuk makan, tapi didesain sedemikian rupa agar selama setengah jam berada di sana untuk menikmati makanan, karyawan merasakan kesegaran situasi yang apik asri, untuk membantu mereka memulihkan tenaga dari kerja paroh waktu pertama.

Dari dialog saya dengan karyawan di meja makannya, mereka tampak gembira dengan situasi kantinnya. Mereka juga mengharapkan agar menu makanan yang sudah memadai ini sering diperhatikan, bukan saja dalam kaitan dengan standard hygienis-nya tapi juga cita rasanya.

Dialog dengan karyawan by josefbataona dotcom

Bila karyawan menyaksikan kesungguhan pimpinan di balik slogan “Bekerja dengan Hati” maka mereka pun akan mengabdikan diri mereka untuk bekerja dan memberikan kontribusi maksimal. Bahkan, mereka sendiri akan terus mencari untuk menemukan apa sesungguhnya yang akan membuat mereka puas:  karena mempunyai pekerjaan yang bermakna.

Kata-kata Steve Jobs di bawah ini, cukup untuk menggambarkan bagaimana bekerja dengan hati.

“Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it.” (Steve Jobs)

Bookmark and Share

6 Responses to Bekerja dengan Hati

  1. achmad Fauzi says:

    Dear pak Josef, Sangat luar biasa tulisan bapak, sederhana dan mudah dicerna. Memang banyak hal yang bisa dilakukan jika masing-masing karyawan telah tersentuh hatinya dan bahkan mereka sendiri mengetahui, memahami, peduli dan akhirnya memiliki semangat bekerja dengan hati ini. Sebagai leader kita memang perlu dan harus memberikan waktu bagi mereka memberikan contoh, sentuhan-sentuhan berupa recognition, pujian atas pencapaian yang telah mereka lakukan dan pembelajaran terus menerus tanpa henti.

    Salam, Achmad Fauzi.

    • josef josef says:

      Dear Fauzi, terima kasih telah menyimak tulisan dan memberikan komentar yang berharga. Sentuhan2 sederhana ini yang sering kita abaikan, padahal dampaknya sangat besar. Untuk itu perlu untuk saling mengingatkan. Ikuti terus posting berikutnya

  2. eriman says:

    setuju sekali Pa Jos, terima kasih atas inspirasi yang luar biasa.

  3. Asharri says:

    Luar biasa, keep it simple system.
    Pak Jos, bisa dibantu, informasi safety and GMP issued

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life