BERMAKNA Bagi Orang Lain

Posted on March 19th, 2021

“Personal Branding is not about You, it is about putting your stamp on the value you deliver to others.” (William Arruda)

TERUS BERTANYA untuk menemukan jawaban, Siapakah Aku ini? Tidak sekali atau dua kali tapi berkali-kali. Siapakah aku ini. Tanya pada diri sendiri. Juga kepada orang yang paling dekat disekitarmu di lingkungan keluarga. Teruskan juga kepada komunitas dimana anda berada, bekerja, melayani. Atau bahkan kepada mereka yang belum dikenal sekalipun. Siapakah aku ini? Semua jawaban yang diterima akan membantu meneguhkan ini: Jadilah diri anda sendiri, karena anda sendiri adalah BRAND.

Mengapa Penting?

Kalau saya sendiri belum jelas siapa diri saya ini, bagaimana bisa orang lain paham? Terlebih lagi kalau karena suatu peristiwa yang menimbulkan kesan negative, kemudian saya mendapatkan label negative seperti itu. Akan sulit buat kita berjuang melakukan koreksi.

Karena itu kita sendiri hendaknya secara proaktif menciptakan citra diri yang diinginkan. Saya ingin dikenal orang, terutama dalam komunitas dimana saya sering hadir, sebagai pribadi positif seperti apa. Citra diri ini penting, karena selanjutnya berbagai perbuatan, tindakan kita akan dilandasi uraian citra tersebut. Satu quote yang saya hadirkan di sosmedku beberapa waktu yang lalu, akan juga relevan untuk saya sertakan disini:

Even though your time on the job is temporary, if you do a good enough job, your work there will last forever. – Idowu Koyenikan

Personal Brand

Kami bersyukur bisa punya kesempatan belajar bareng, dalam forum SHANI (sharing alumni Integra). Dengan sangat antusias, ka Erry Ismali yang menjadi pemateri memberikan kami beberap hal penting seputar Citra Diri ini. Kita ingin dikenal orang, lebih dari sekedar tahu nama. Berikut foto beberapa peserta: di pleno dan breakout-room.

KAPABILITAS, adalah hal yang penting yang kita harapkan bisa senantiasa melekat pada NAMA kita yang disebut seseorang. Dan kapabilitas ini akan menentukan apakah seseorang bisa memberikan KONTRIBUSI tertentu. Kapabilitas dan Kontribusi ini yang mewarnai Personal Brand seseorang.

Selanjutnya diperlukan langkah kongkrit secara proaktif untuk memungkinkan diri kita dikenal:

  1. Komunitas: kapabilitasmu itu akan anda kontribusikan di komunitas yang mana. Atau anda ingin melayani di komunitas mana dengan menggunakan kapabilitasmu?
  2. Keunikan: keunikan anda apa, yang menjadikan faktor pembeda dirimu dengan yang lain
  3. Konsistensi: apa yang akan dilakukan dengan kapabilitasmu, hendaknya dilakukan secara konsisten

Merumuskan Kapabilitas dan kontribusi kita, yang dikombinasikan dengan ketiga elemen ini,  merupakan proses yang sangat penting dalam memperkenalkan diri kita, Personal Branding. Yang diharapkan, saat orang menyebut namamu, top of mind orang-orang yang mendengarkan akan merujuk pada Personal Brand kita,

10 Golden Rules for Creating Personal Brand

Dalam tulisannya di Forbes, 8 November 2018, Golden Chan memaparkan 10 golden rules for creating an engaging, unique, and inviting personal brand.

  1. Have a focus.
    Putuskan apa yang menjadi pesan utama, dan berpegang teguh pada pesan itu. Ini akan memudahkan dalam menciptakan konten personal brandmu dan membantu orang lain mengenalimu.
  2. Be genuine.
    To be genuine and authentic. Ini akan memudahkan keseharianmu. Personal Brandmu hendaknya menjadi filter harian yang mudah saat anda membuat konten komunikasi dan menyampaikannya kepada audiencemu. Bila anda ahli di bidang tertentu, reputasimu di bidang itu akan membantu membangun brand yang anda inginkan.
  3. Tell a story.
    Tanpa story telling, anda sudah gagal meraih separoh potential audience. Allen Gannett meneguhkan: ”The most effective personal branding strategy these days is to build a true narrative.”
    Salah satu cara terbaik story telling adalah dengan konten tertulis atau video.
  4. Be consistent.
    Akan lebih muda dikenal melalui satu topik bila secara konsisten menciptakan konten dan brand seputar itu.
    “Ensure that your personal brand promise stays consistent, both online and offline,” demikian diingatkan oleh Fyiona Yong,
  5. Be ready to fail.
    Gagal itu manusiawi, harus siap menghadapi, sepanjang jalan mendapatkan personal brand yang bagus.
    Timothy Hoang, CEO of Stories By Tim, Inc. berujar: “You’ll never achieve the best branding until you fail a couple times while pushing past your comfort zone.”
  6. Create a positive impact.
    Tip sederhana untuk diingat tentang personal branding: anda sendiri adalah brand. Apapun yang sedang anda kerjakan, atau prioritas apapun saat ini yang anda kerjakan, ingat selalu bahwa kita mempunyai reputasi, dan apa dampaknya yang diingat orang. Menjaga perilaku positif dan membantu orang lain akan juga membantu anda mengembangkan brandmu secara positif dalam jangka Panjang.
  7. Follow a successful example.
    Kita bisa menyusun personal brand kita dengan mengambil pelajaran dari berbagai sukses orang lain dalam membangun personal brand mereka.
  8. Live your brand.
    Gaya hidup keseharianmu hendaknya menyatu dengan Personal Brandmu. Karena itu, kata Tim Salau, community builder and founder of Mentors & Mentees, “Your personal brand should follow you everywhere you go. It needs to be an authentic manifestation of who you are and amplify what you believe.”
  9. Let other people tell your story.
    Kata orang bijak: The best PR is by word of mouth. Selanjutnya kata Jessie Maltin: “Personal branding is the story people tell about you when you’re not in the room.”
  10. Leave a legacy.
    Begitu anda selesai menyusun Personal Brand dengan sebuah reputasi dan komunitas di balik itu, langkah selanjutnya adalah memikirkan Legacy apa yang akan ditinggalkan nanti. Anda ingin dikenal melalui kata-kata kunci atau tindakan apa?

Jadilah diri anda sendiri, karena anda sendiri adalah BRAND. Semua perbuatan dan perkataanmu akan dikaitkan orang dengan brand dirimu, apakah konsisten. Tapi menurut saya, unsur yang paling penting adalah apa KONTRIBUSImu bagi komunitas yang anda targetkan. Dan ini akan menjadi legacymu yang sangat bermanfaat.

“Creating the right personal brand will not only help you be known in your field and consistently land work but it could be the difference between “Who are you?” and “Thank you for being here” in your career.” (Goldie Chan)

Bookmark and Share

2 Responses to BERMAKNA Bagi Orang Lain

  1. Sr.Marietta says:

    Pak Yosep, Selamat Pesta Nama Pelindung hari ini, Jumat, 19 Maret 2021. Pribadi Santo Yosep yang Tulus hati, Jujur dan Murni serta Rendah hati, kiranya pas untuk Pribadi Bapak yang Tulus dan Rendah hati dalam berbagi..
    Jujur dan Murni dalam pemberian diri bagi orang lain, sehingga berdaya dampak memotivasi dan menyemangati bagi yang mulai lelah lesu dalam hidup dan perjuangannya, memberi inspirasi melalui tulisan-tulisan yang dibaca banyak orang..
    Jadi..tepatlah Bapak memilih nama pelindung Santo Yosep yang dirayakan Gereja hari ini. bahkan tahun ini dikususkan sebagai tahun Santo Yosep.. Selamat dan Bahagia ya Pak…Santo Yosep Doakanlah kami

    • josef josef says:

      Terima kasih banyak Sr. Marietta, merasa tersanjung sambil menunduk mengakui bahwa saya masih harus terus belajar dengan mencontoh pribadi St. Yosef. Saya tentu terima kasih juga pada orang tuaku almarhum, yang sudah memberikan saya nama, sebagai inspirasi dalam membangun pribadi yang berguna bagi banyak orang. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Mudji, semoga sehat selalu. Kalau bisa bicara pasti bisa menulis. Yang diucapkan kalau dituangkan...

Mudji:
Masyā Allāh, bahagia sekali baca tulisan Pak JOS & semua sharingnya… Ternyata ketidak-pedean menulis...

josef:
Terima kasih Abu Azzam sudah menyimak cerita di blog ini. Saya sudah email link untuk pesanan buku online...

-:
Coach, saya dari papua barat, saya sangat berminat untuk memiliki bukunya “leader as meaning maker”....

josef:
Terima kasih Tasha untuk kunjungannya ke blog ini dan menyimak tulisan2 yang saya hadirkan disini. Bila terasa...


Recent Post

  • Terima Kasih Pintuku Dibuka
  • VALUES Landasan Sukses
  • BERMAKNA Bagi Orang Lain
  • Berani Bersuara
  • Saya Belajar Bersyukur dari Murid SD
  • Mengukir Positive Legacy
  • Coaching for Student’s Resilience
  • Mengasah Intuisi Menginterpretasi Simbol
  • Jeli Saat Menjadi Andalan
  • Banyak Cara Saling Menyapa