Nursery Room Dambaan Karyawan Perempuan

Posted on November 15th, 2013

“Being a full time mother is one of the highest salaried jobs… since the payment is pure love. (Mildred B. Vermont), sebuah quote manis yang dikirim pagi itu di email Group Head Quarter HR, dilanjutkan dengan ucapan: Selamat Atas Pembukaan “Lactation Room” pada 8 Nopember 2013.

Periode 1000 Hari Pertama

Salah satu edukasi penting bagi ibu-ibu yang hamil adalah tentang pentingnya gizi awal kehamilan hingga anak berusia dua tahun (1000 hari pertama kehidupan). Edukasi ini akan memaparkan juga dampaknya kalau hal ini tidak diperhatikan.

Diantara 1000 hari tersebut ada periode menyusui selama 180 hari, di mana sangat disarankan untuk anak diberikan ASI Eksklusif, makanan alami yang kaya akan semua bahan yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh. Namun tantangan yang dihadapi oleh ibu-ibu yang menyusui adalah masa harus kembali bekerja setelah cuti melahirkan.

Hasrat kuat untuk memberikan ASI Eksklusif, namun bayi tidak mungkin hadir di tempat kerja karena berbagai alasan. Pilihannya adalah air susu dipompa dan disimpan untuk dibawa pulang sore harinya. Tapi dimana? Apakah ada fasilitas tersedia untuk itu??

Peraturan Perundangan

Pemerintah sebetulnya sudah lama menyediakan perangkat aturan untuk penyediaan fasilitas di tempat kerja. Terakhir dengan hadirnya Permenkes No. 15 tahun 2013. Dalam Bab II tentang Dukungan Program ASI Eksklusif, disebutkan antara lain:

Pasal 3

(1) Pengurus Tempat Kerja dan Penyelenggara Tempat Sarana Umum harus mendukung program ASI Eksklusif.

(2) Dukungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan melalui:

a. penyediaan fasilitas khusus untuk menyusui dan/atau memerah ASI;

b. pemberian kesempatan kepada ibu yang bekerja untuk memberikan ASI Eksklusif kepada bayi atau memerah ASI selama waktu kerja di Tempat Kerja;

c. pembuatan peraturan internal yang mendukung keberhasilan program pemberian ASI Eksklusif;

Penerapan aturan tersebut di atas bukan pilihan, tapi kewajiban, yang rujukannya adalah UU No. 36/2009 tentang Kesehatan, di mana Pasal 128 (2) berbunyi:  Selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.

[Keterangan: Testimony Lia]

Komitmen Management untuk Karyawan

Dengan status sebagai karyawan, tugas mulia seorang ibu tidak mungkin ditinggalkan. Sadar akan pentingnya dukungan kepada karyawan yang menyusui, maka dirancang inisiatif untuk menghadirkan Nursery Room di Kantor Indofood, Gedung Sudirman Plaza, Indofood Tower, Jakarta. Dan apa yang diharapkan karyawan, telah menjadi kenyataan.

Pada 8 November 2013, telah resmi hadir sebuah Ruang Laktasi. Ini merupakan kontribusi perusahaan untuk menunjang program 1000 hari pertama kehidupan anak karyawan. Hadir untuk meresmikan, saya sendiri dan Ibu Werianty mewakili BOD dan Bapak Robert, Kepala Divisi NSF  yang memproduksi makanan SUN dengan tagline: “SUN 1000days, Seribu Hari Untuk Negeri”.

Do’a yang Menyentuh

Selain berdoa memohon ampun dan juga berkat untuk kelancaran penyelenggaraan program ini, Agus Syarif, tidak lupa pula mengajak kita semua untuk berdoa bagi Ibunda kita masing-masing:

“Ya Tuhan Kami …Ampunilah dosa dan khilaf Ibunda kami, sosok lembut penuh cinta kasih…Sosok yang berjuang antara hidup dan mati untuk melahirkan kami….Sosok yang selalu mempersembahkan perhatian dan waktu terbaiknya untuk mengurus kami …mulai dari tetesan ASI-Ibundalah … kami yang berada di sini bisa tumbuh sehat, cerdas sampai kami Sukses seperti saat sekarang ini.”

Perjalanan baru dimulai, masih banyak yang harus dipelajarai. Namun satu hal yang sudah bisa kelihatan: Senyum karyawan perempuan, yang melihat bukan saja hadirnya sarana fisik berupa Nursery Room, tapi juga komitmen manajemen untuk mewujudkan sarana tersebut, sekaligus memberikan waktu untuk menjalankan peran mereka sebagai seorang ibu. Testimoni Lia di atas, rasanya bisa mewakili teman-temannya. (*)

Bookmark and Share

13 Responses to Nursery Room Dambaan Karyawan Perempuan

  1. Damianus Rangga says:

    Luar biasa ruangannya Pak Josef, semoga produktivitas ibu karyawan semakin meningkat, tapi terlebih anak karyawan Indofood tumbuh sehat dan cerdas.Selamat atas pembukaan lactation room.

  2. Sri Kumala Dewi says:

    Salut utk komitmen Manajemen Indofood thd fasilitas penting ini. Semoga banyak perusahaan lain yg jg terinspirasi utk memulai langkah mulia ini.

    Selamat yaa kpd Ibu2 ASI disana. Smart Mommies are Smart Employees. Manajemen laktasi justru dpt mendorong produktifitas kerja Ibu2 di kantor krn kami hrs efisien & cermat dalam memanfaatkan waktu yg ada agar semua peran dapat dijalani dg baik.

    GBU Pak Josef 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Dewi, semoga semua menyadaria bahwa ini bukan pilihan tapi kewajiban untuk menyediakan sarana ini. Terima kasih juga untuk sharing pengalamannya yang bermanfaat

    • josef josef says:

      Terima kasih Dewi, semoga semua menyadari bahwa ini bukan pilihan tapi kewajiban untuk menyediakan sarana ini. Terima kasih juga untuk sharing pengalamannya yang bermanfaat

  3. Banis says:

    Dear pak Josef, terima kasih atas inspirasinya pagi ini. Sbg ibu menyusui sy sangat terharu melihat bgmn manajemen perusahaan begitu memberi perhatian, dan tentunya melalui tindakan nyata utk menghargai ibu2 bekerja. Semoga menular kpd perusahaan2 lain. Salut pak! 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Banis, perhatian kecil ini punya nilai penting dimata karyawan. Mereka dihargai sebagai ibu yang punya bayi, disamping tugasnya sebagai karyawan.

  4. Phipi says:

    Selamat atas lactation room di Indofood… Tumbs up untuk tim management yang sangat memperhatikan pekerja wanitanya dengan menyediakan ruang lactation yg nyaman 🙂

    Selalu semangat teman-teman di Indofood untuk memberikan ASI sebagai makanan terbaik bayi.. Go ASIX !

  5. Agnes Murniati says:

    Pak Josef, … Menjadi mama sekaligus bekerja adalah suatu Pilihan yang diambil setiap pekerja wanita. Bagi saya yang memiliki putri 3.5 thn dan 1thn, yang masih memberikan ASI kepada mereka adalah suatu keharuan dan rahmat, karena ada orang lain yang mau empati dengan pilihan “karir” saat ini. Selamat ya Pak Josef….atas terwujudnya Ruang Laktasi di Indofood. Saya yakin keluarga karyawan, khususnya anak2nya akan sangat berterima kasih karena mereka bisa tetap memperoleh ASI, dan mama tetap berkarya. Kerennnnn…….

    • josef josef says:

      Terima kasih Agnes, anakmu juga pasti sangat mensyukuri bahwa ibunya yang memilih bekerja, tidak mengurangi tanggung jawabnya untuk memberikan yang terbaik bagi anak2nya

  6. ratih says:

    Tidak ada kata yg dapat diucapkan kecuali terima kasih, terima kasih dan terima kasih atas dukungan Pak Josef sehingga ruang laktasi ini akhirnya dapat tersedia di Indofood Tower.

    • josef josef says:

      Terima kasih. Kontribusi teman2 semua dalam mempersiapkan juga sangat berarti. Yang penting nantinya adalah secara optimal digunakan demi kesehatan dan pertumbuhan optimum sang anak. Langkah untuk menyebarkan berita positif inipun sangat membantu untuk lingkungan kerja di tempat lain. Selamat berakir pekan bersama Vino dan kel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan