Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu

Posted on July 20th, 2018

(Perpisahaan – Bagian 5 dan Terakhir)

Don’t confuse your path with your destination. Just because it’s stormy now doesn’t mean that you aren’t headed for sunshine. (Unknown)

BANYAK KISAH KEHIDUPAN yang pernah diceritakan dalam berbagai forum, baik dalam suasana formal di kelas ataupun dalam situasi santai sambil ngobrol atau minum kopi. Cerita sayapun tak ada niatan untuk mengajari. Namun saya yakin bahwa karena yang saya ceritakan adalah pengalaman nyata, maka bisa menginspirasi mereka yang mendengarkan atau memotivasi mereka yang sedang berjuang dalam kehidupan ini, bahwa banyak ketidak-mungkinan yang ternyata MUNGKIN, kalau saja kita berusaha sepenuh hati.

Kotak Berisi Mutiara

Hari-hari senggangku, saya gunakan untuk menyimak isi sebuah kotak yang barusan dihadiahkan kepadaku akhir Juni lalu oleh team CHR Indofood.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day1

Kotak itu berisi scratched book, buku catatan dari anggota team, diawali dengan Farika, yang menggaris-bawahi self confidence yang dia dapatkan dari seorang leader yang mendengarkan dengan hati.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day2

Bahkan seorang musikus seperti Lupus terinspirasi untuk kembali mengisi hari-hari luangnya dengan bermain musik, dalam rangka menjaga keseimbangan hidup. Atau Nanda yang membuat tekad sendiri untuk terus belajar untuk terus memperbaiki hidupnya.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day3

Mutiara Kehidupan

Banyak sharing saya yang mengundang banyak tanggapan, termasuk yang disampaikan melalui sosmed, disampaikan secara lisan, ataupun dalam bentuk tulisan di kartu atau surat/email. Semua itu saya simpan rapih dalam sebuah kotak, Jewelry Box, yang menurut hemat saya berisi banyak Mutiara, MUTIARA KEHIDUPAN.

Di sana bisa ditemukan berbagai catatan yang dikirim teman, karena terinspirasi dengan pembicaraan tertentu. Ada juga kartu terima kasih, karena setelah mendengarkan kisah tertentu, lalu dia juga mengimplementasikan dan ternyata membawa manfaat.

Ada juga yang mendapatkan inspirasi dari berbagai tulisanku dan akhirnya menjadi pembaca setia tulisan di sosmed atau di blogku. Kini scratched book yang dihadiahkan teman-teman CHR akan hadir bersama berbagai catatan lain, yang sangat kaya akan pembelajaran kehidupan.

Catatan Supandi dalam scratched book ini mengedepankan beberapa pengalamannya dalam bentuk akronim nama saya. Sebut saja untuk huruf O dan N:

“Often inspire others with his life experience.” Dan,  

“Never give up upon his dream.”

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day4

Manfaat Catatan Tertulis

Banyak sekali pelajaran hidup yang dihadirkan oleh alam semesta di hadapan kita setiap hari, namun berapa banyak yang sungguh kita tanggapi? Ada yang memang membuat kita merasakan manfaatnya, tapi juga segera dilupakan karena memory kita terbatas.

Saya sering menyarankan teman-teman untuk membuat catatan pribadi, tentang apa yang dipelajari hari ini. Menuliskan di sebuah buku catatan tentang 3-5 butir hal positif yang dialami atau yang dikerjakan hari ini, terutama hal positif yang membantu orang lain juga turut serta dalam hal positif tersebut.

Hal terakhir ini yang ditangkap oleh Yeanny dalam catatannya: memegang teguh moto hidup, sambil berbagi ilmu dan tetap positif.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day5

Menyikapi Mendung Yang Kelabu

Sebagai manusia biasa, hidup kita naik turun. Ada hari yang penuh keceriaan, ada pula hari yang diliput kabut, di saat kita membutuhkan asupan positif untuk membuat hari kita kembali cerah. Catatan yang dibuat sendiri, ataupun yang diberikan oleh teman-teman dalam bentuk scratched book seperti ini, bisa merupakan sumber untuk menghadirkan senyum saat membaca tulisan, seperti catatan Ratih mengingat ucapan saya: Tak ada yang kebetulan.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day6

Begitu juga semangat akan terus dipertebal bila menyimak ucapan terima kasih Susanty, atas hasil yang dialaminya dalam perjalanan kebersamaan kami.

20 Juli 2018_Open It on Rainy Day7

Masih banyak lagi catatan-catatan penting dalam perjalanan bersama. Mereka mengangkatnya sebagai sesuatu yang sangat bermakna, di mana mereka bisa merekam kebersamaan tersebut dalam bentuk kata dan foto.

Semua ini, bersama pengalaman hidup kebersamaan kami akan selalu saya simpan dan saat saya rindu tim ini, saya akan kembali membuka dan menyimak catatan-catatan tersebut. Saat itu saya akan merasakan kehadiran mereka, seakan sedang berbicara langsung.

Rangkaian lima kisah ini akan saya akhiri di sini. Sekali lagi terima kasih berlimpah SAHABAT CHR Indofood, saya doakan kalian sukses dan sehat selalu.

“Only a select few are able to see the true beauty that lies behind what just might seem like a rainy day or a grey sky.” (Jessica M. Laar)

Catatan: Karena perjalanan kami keluar kota, maka tidak akan ada posting baru di blog sampai dengan hadirnya posting di 24 Agustus 2018.

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

6 Responses to Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu

  1. Lia says:

    Ciptakan sendiri cuaca hatimu, agar harimu yang ceria bisa dimanfaatkan untuk berbuat kebaikan >> sudah membuat saya senyum dulu pagi ini sebelum baca postingan ini….
    Good morning Pak… Have a fabulous Friday…
    Happy holiday and safe trip…
    I’ll wait for the next story from you…

    • josef josef says:

      Terima kasih Lia, hadirkan caption itu setiap hari sebelum memulai aktivitas, maka senyummu akan juga membuat lebih banyak orang sekitarmu juga tersenyum. Salam

  2. Farika says:

    Yeay…udah dibaca. Pasti mencerahkan bgt ya Pak. Harta karun jiwa

  3. Yoshaira says:

    Saya baca tulisan ini berulangkali, setiap kali dibaca selalu memberikan insight baru buat saya, akhirnya semakin tersadar bahwa gambaran diri pada cermin sangat penting untuk introspeksi dan jadi penentu langkah yang lebih baik selanjutnya. Cermin tersebut tentu bukan dari kita, namun dari orang lain yang berinteraksi dengan kita, Gambaran yang muncul pada cermin kabur atau jelas, juga sangat tergantung dari kita dalam menentukan sudut dan sisi pandangnya.

    Terima Kasih Pak Josef …. sangat menginspirasi

    • josef josef says:

      Terima kasih Yoshaira sudah menyempatkan diri menyimak isi blog, termasuk postingan ini. Kisah seperti ini sengaja saya tulis, bukan saja untuk refleksi sendiri tapi juga untuk menggugah yang lain yang mempunyai pengalaman yang sama, mau berbagi juga untuk pembelajaran bersama. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 bu Nuniek, semangat belajarmu penuh disiplin, dengan rajin membuat rekap setiap hari di FB...

Nuniek Tirta:
Saya sangat beruntung mengikuti kelas ini dan terlebih lagi beruntung karena sekelas dengan Pak Josef....

josef:
Terima kasih sama2 Faiz, semoga bermanfaat dan sukses selalu. Salam

Faiz:
Terima kasih bapak josef atas sharing ilmunya disruption technology memang perbincangan menarik baik dalam...

josef:
Terima kasih Indri, Tim mereka selalu menginspirasi untuk siapa saja yang berkunjung kesana. Salam


Recent Post

  • Self Empowerment
  • Forum Network dan Saling Belajar
  • Harapan Akan Kesempatan Baru
  • Blessing in Disruption
  • Valuable Leader Multiplicator
  • Pemimpin Berkarakter Positif
  • Dampak Kata-Kata Positif
  • Enneagram: A Journey of Self-Enlightenment
  • Agar Lulus Meredam Ego
  • Menginspirasi dengan Perilaku Positif