Simple Daily Human Tips

Posted on August 20th, 2019

“Every day, be sure to tell somebody THANK YOU.” (Unknown)

Mengikuti perkembangan yang diraih anak, merupakan kebahagiaan tersendiri. Sering kita tersenyum mendengar kisah sukses yang diperoleh. Tidak sedikit juga kisah perjuangan yang membutuhkan telinga untuk mendengarkan. Ataupun juga pengungkapan pengalaman yang memerlukan pandangan bijak dari yang lebih berpengalaman. Dan sebagai orang tua kitapun ingin hadir dengan telinga terbuka lebar mendengarkan, dengan mata hati untuk mencermati langkah yang membutuhkan uluran tangan, ataupun siap memberikan tepukan di bahu mengapresiasi hasil yang diraih. Kita juga terus berdoa, semoga kisah suksesnya akan terus berlanjut. Langkah-langkah untuk memberikan supportpun akan dicari, semuanya tidak lain agar dia bisa mandiri, meraih sukses dimanapun dia berkarya.

Sebagai manusia biasa, kami sebagai orang tua juga akan melakukan hal yang sama. Saat kuliah sudah usai, putri kami berhasil diterima sebagai Management Trainee di sebuah perusahaan asing. Sebuah sumbangan sederhana kami berikan kepadanya, di awal langkah kariernya

Human Tips

Lingkungan yang akan dimasuki pasti baru dengan dinamika dari manusia yang ada disana, yang berasal dari berbagai generasi. Ilmu yang dia peroleh tentu saja akan membantu, tapi bukan satu-satunya. Hubungan antar manusia yang dia alami di keluarga, lingkungan perguruan tinggi atau di masyarakat, tentu punya warna berbeda dengan lingkungan Kerja yang akan dia masuki. Menyadari hal ini, kami mencoba membekali dia dengan tips sederhana seperti yang nampak pada gambar berikut. Ini adalah pesan yang kami berikan di hari pertama dia mulai menginjakkan kaki di tempat Kerja.

Modal membangun network

Untuk bisa belajar di tempat baru, kita perlu mengenal orang-orang di lingkungan itu agar paham kepada siapa kita bisa belajar dan tentang apa. Dan untuk bisa membuat orang tersebut membuka diri untuk membagi ilmunya secara iklas, diperlukan pendekatan proaktif dari kita sendiri. Tips sederhana diatas, diharapkan bisa membuat seseorang yang baru berada di lingkungan tertentu diterima dengan tangan terbuka. Pada saat yang bersamaan, orang baru akan terus menyimak bagaimana perilaku para karyawan dan leadernya, berkaitan dengan aspek Values yang dianut, dan yang dipaparkan saat pengenalan perusahaan di hari pertama.

Belajar Memanusiakan Manusia

Kelima butir tersebut diatas, tidak saja penting untuk dijadikan pedoman dalam berinteraksi, tapi yang terpenting adalah karyawan baru ini akan belajar memanusiakan manusia sejak hari pertama. Maksudnya ? Kita semua akan berinteraksi dengan dasar saling menghargai satu sama lain sebagai manusia. Dalam posisinya sebagai karyawan baru, dia juga akan belajar, bagaimana dirinya diperlakukan oleh karyawan lama, dari level yang berbeda-beda. Disini Values perusahaan akan lebih nampak, melalui perilaku karyawan yang ada. Kita akan lebih paham, misalnya apa makna Value Respek dalam keseharian. Atau contoh melayani seperti yang didefinisikan dalam value itu seperti apa, atau bagaimana kita seharusnya menyikapi makna “People First”

Tentu saja, sebagai manusia yang punya akal budi, karyawan baru akan memilah-milah apa yang perlu dicontoh dan perilaku mana yang tidak perlu dicontoh, tapi hanya dijadikan pembelajaran. Intinya, belajar memanusiakan manusia.

Mengapa Kelima Butir Ini?

Mengapa lima butir ini, yang nampak sangat sederhana, yang saya pilih untuk membekali anak saya di hari pertama melangkah ke dunia kerja? Pertimbangannya juga sederhana.

  • Kelima butir itu bisa dan muda dikerjakan olehnya dan juga oleh siapa saja karyawan baru. Namun demikian sering sekali lupa untuk dikerjakan
  • Orang yang kita hadapi akan merasa dihargai, dihormati, dimanusiakan.
  • Mengerjakan ini dengan tulus, akan memperlihatkan kita sebagai pribadi yang positif
  • Perilaku ini akan sekaligus menjadi contoh untuk juga dikerjakan oleh orang lain

Dengan mendemonstrasikan perilaku positif dalam keseharian tersebut, kita akan terus menempah diri menjadi pribadi positif yang layak dipercaya untuk tugas-tugas besar di kemudian hari, termasuk untuk menduduki posisi sebagai pimpinan.

“Appreciation can make a day – even change a life. Your willingness to put it into words is all that is necessary.” (Margaret Cousins)

 

Bookmark and Share

2 Responses to Simple Daily Human Tips

  1. Ratih Hapsari says:

    Terima kasih sharingnya Pak, 5 human tips yang tidak hanya berguna untuk karyawan baru, tapi sangat berguna juga untuk kehidupan sehari-hari. Sukses untuk Eka, Pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih pa Supriyono. Semoga sehat selalu. Salam

SUPRIYONO:
very inspiring article ..

josef:
Dear Farika, Terima kasih untuk merujuk pada tulisan ini, semoga bermanfaat. Happy to discuss, bilamana...

Farika Andhini:
Pak…saya lagi coba survey kecil2an ttg engagement..saya teringat bapak pernah tulis tema ini....

josef:
Terima kasih sama2 Cita, sudah semakin jarang ketemu yang seperti ini, karena itu saya sengaja mengangkatnya...


Recent Post

  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong
  • Panggilan Untuk Mengubah Paradigma
  • Gaya Hidup di Era Percepatan
  • Simple Daily Human Tips
  • 3S: Say Stay and Strive
  • Ecosystem For Learning Agility
  • Guru Yang Tulus Melayani