Sulitkah Mengapresiasi??

Posted on January 28th, 2014

“Appreciation can make a day, even change a life. Your willingness to put it into words is all that necessary.” (Margaret Cousins)

SAYA MENDAPATKAN PEKERJAAN, dan saya mengerjakan dengan sepenuh hati. Itu merupakan bentuk apresiasi saya atas kesempatan kerja yang didapat dan juga kepada siapa saja yang merekomendasi atau memutuskan untuk menerima saya. Putri saya belajar sungguh-sungguh bukan saja untuk mendapat bekal kehidupannya di masa mendatang, tapi juga bentuk terima kasihnya pada orang tua yang memberikannya kesempatan sekolah. Sebelum beranjak dari meja makan, saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada istri saya yang sudah menyiapkan semua ini. Dan masih banyak lagi kesempatan untuk berterima kasih sepanjang waktu.

Namun sesekali perlu refleksi: “Berapa banyak kesempatan untuk berterima kasih, yang kita lewatkan begitu saja??

Simak juga posting 21 Pebruari 2012 berjudul: Appreciation Notes (Klik judul tersebut untuk membacanya)

Apresiasi Peter Wijaya

Sebuah pesan pendek di LinkedIn dan Twitter menarik perhatian saya seketika:

@peterwijayaaa: Tulisan ini saya dedikasikan utk @Josefbataona yang sangat menginspirasi saya menulis resolusi 2014. Keep inspiring http://t.co/DJbo58kXWh

Dahi saya sempat dikernyitkan sebentar memikir apa yang telah saya lakukan. Penasaran saya membuka Tumbler linknya:

http://peterwijayaaa.tumblr.com/post/73965355969/resolusi-saya-di-tahun-2014

Dan disana saya mendapatkan jawabannya. Pertama-tama dia mengaku: “Saya tidak mengenal beliau secara personal, tapi saya mengenalnya melalui artikel yang kerap kali beliau postingkan melalui web pribadinya.”

Ternyata sharing saya di HR Gathering beberapa waktu yang lalu, telah memberikannya inspirasi untuk membuat Resolusi 2014. Pesan yang dia kirimkan kepada saya adalah untuk mengapresiasi  kontribusi saya ini. Dan cerita ini saya sajikan kembali di blog, sebagai apresiasi kepada Peter, yang telah memberikan saya #ReasonToSmile di pagi hujan itu, tapi juga mengingatkan saya bahwa apa yang saya bagi bermanfaat bagi orang lain.

Kiriman Berbagai Ilustrasi tentang Be Yourself

Tidak terhitung berapa banyak pesan yang dikirim entah via Twitter, FB, LinkedIn ataupun email dan SMS sharing tentang bagaimana pembaca terinspirasi dengan motto: “Be Yourself but Better Every Day.”  Salah satu contoh ilustrasi berikut ini yang juga membuat saya tersenyum sambil berterima kasih kepada pengirim. Terima kasih @bungimad.

Letter by josefbataona dotcom

Saling Mengingatkan

Sebagai manusia biasa, ada saja kesempatan mensyukuri yang kita lewatkan begitu saja, karena berbagai alasan. Karena itu kehadiran teman-teman yang saling mengingatkan, adalah hal yang juga patut diapresiasi. Seperti siang itu, di tengah berita tentang banjir yang sedang melanda Jakarta, hadir sebuah SMS dari Nolly, sahabat dari perusahaan sebelumnya, yang memberitakan bahwa kawan kami Lia sudah dua hari rumahnya kebanjiran. Dan tidak lupa juga mengingatkan saya untuk SMS Lia untuk memberikan support.

Messages by josefbataona dotcom

Lebih menggembirakan lagi, bahasa yang Nolly gunakan di SMS tersebut: “Pasti Make Her Day” sebuah ungkapan yang sangat familiar di telinga saya, salah satu falsafah FISHFun yang saya perkenalkan di perusahaan tersebut sekitar 10 tahun lalu. Sayapun bersyukur bahwa ilmu yang kami pelajari bersama, telah mereka jiwai dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih Nolly.

Bila secara sadar setiap malam jelang tidur, kita menelusuri perjalanan kita sepanjang hari, akan kita temukan begitu banyak hal yang menjadi alasan untuk kita syukuri, dan patut kita apresiasi.

“No Duty is more urgent than that of returning thanks.” (Ambrose)

Bookmark and Share

10 Responses to Sulitkah Mengapresiasi??

  1. Fenny Suryana says:

    Thanks buat artikel nya pak .. Saya tergugah denganpertanyaan ” berapa banyak kesempatan untuk berterimakasih yang kita lewatkan ” . Artikel bapak selalu mengangkat hal2 sangat sederhana tapi dengan value yg tinggi sekali .. Once more .. Thanks pak

    • josef josef says:

      Terima kasih Fenny, bahan kehidupan sekitar kita senantiasa menawarkan gambaran yang sangat warna warni, karena itu menarik. Terutama karena karena kita juga sering mengalami atau melakukannya. Sekedar saling mengingatkan !

  2. arif says:

    Terima kasih pak Josef atas share, luar biasa. salah satu hal yang selama ini saya lewatkan, mengapreasiasi, kadang saya berfikir kl apresiasi bisa membuat cepat puas ? tolong sedikit tips agar apresiasi jadi maksimal bukan malah cepat puas. terima kasih.

    • josef josef says:

      Terima kasih Arif, kita semua berbuat yang sama: melewatkan banyak kesempatan. Untuk apresiasi yang berpotensi membuat cepat puas ?? Nantikan ulasan berikutnya.

  3. Thanks a lot untuk postnya yang tidak hanya sangat menginspirasi tapi juga menurut saya pribadi, sangat hangat. Salah satu alasan mengapa saya sangat menikmati membaca posting2 bapak 🙂

    Jujur, tulisan bapak sangat menohok saya karena saya akui saya pribadi seringkali lupa untuk mengapresiasi banyak hal dalam hidup saya sehari-hari.

    Oleh sebab itu resolusi saya (yang sebenarnya sudah saya coba mulai dari tahun lalu tapi putus nyambung) adalah untuk membuat semacam list hal-hal (minimal 3 hal) apa saja yang membuat saya tersenyum, yang saya syukuri terjadi setiap harinya. Kebiasaan yang kalau saya tidak salah ingat juga terinspirasi dari salah satu postingan bapak dulu :))

    • josef josef says:

      Terima kasih Agus, aduh minta maaf kalau tulisan ini sampai menohok ! Memang tidak ada niatan kesana, lebih sebagai upayah untuk saling mengingatkan untuk berbuat baik. Banyak inisiatif yg kami lakukan bersama tim untuk memberi alasan tersenyum, melalui FISHFun program. Ikuti terus posting berikutnya.

  4. Adi Kurnia Wahyudi says:

    Salam kenal bang Josef.

    • josef josef says:

      Terima kasih Adi, dan salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung ke blog dan menyimak kisah ini. Nantikan posting selanjutnya yang akan hadir seriap Selasa dan Jumat pagi jam 08:00 (kecuali hari libur).

  5. Anjar Sujatmiko says:

    Pak Josef, terima kasih atas sharingnya. Hal tersebut menginspirasi saya untuk melakukan sesuatu kepada team saya dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih coach Indra, sukses juga untuk bukumu yang baru: Effective Coaching Skills for Leaders. Salam

Indra Dewanto:
Sukses selalu dan terus menginspirasi Pak Josef Bataona….:)

josef:
Terima kasih sama2 Tromol, satu dua kata yang bermanfaat, kiranya menyejukan. Salam sehat dan sukses

Tromol Sihotang:
Terima kasih pak Josef yang setiap saat memberikan pandangan, arahan dan tentunya bimbingan yang...

josef:
Terima kasih sama-sama bu Dwi Suwarnaning, sukses selalu, salam


Recent Post

  • Belajar Bersama dari Buku Leader as MEANING MAKER
  • Sikapi Dengan Hati Yang Jujur
  • Agar Tetap Tegak Diterpa Badai
  • Mengasah Listening Skill Menuju Peran Sebagai MEANING MAKER
  • Tim Membutuhkan TRUST
  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement