Bersama Merajut Service Excellence (Part 3)

Posted on May 23rd, 2014

“If you want to drive great external customer service start by providing great internal customer service.” (Vicki Halsey)

PAGI-PAGI SEKALI tim sudah sarapan dan check-out. Semangat dan keceriaan mereka sangat jelas karena program hari itu menjanjikan kepuasan batin yang hanya bisa dirasakan dan belum tentu mudah dilukiskan. Dua bis besar mengantar kami menuju SMPN Pandaan. Di sana kami akan berbagi inspirasi kepada siswa sekitar 40 kelas.

Sambutan Penuh Antusias

Siswa-siswi SMP telah hadir menyambut kedatangan kami. Senyum gembira dalam suasana bermain masa kanak-kanak menebarkan energi positif, membuat kami semakin bergairah untuk segera masuk ke kelas untuk berinter-aksi.

Sambutan hangat siswa-siswi SMPN Pandaan by josefbataona dotcom

Kepala sekolah memilih untuk secara formal menyambut kami di aula, untuk menyampaikan beberapa kata sambutan. Dan di aula ini pula di akhir acara, tim kami menyerahkan beberapa sumbangan alat menggali biopori, produk, buku-buku dan lain-lain.

Sumbangan biopori by josefbataona dotcom

Berbagi Inspirasi?

Saya berkesempatan untuk berbagi di kelas 7A. Pandaan sendiri letaknya dua jam dengan bis dari Surabaya. Tidak semua murid adalah anak orang berada. Mereka tentu membangun mimpi masa depan mereka sesuai dengan kemungkinan yang mereka bisa lihat, tapi juga dengan melihat kemampuan orang tua masing-masing.

Karena itu saya memilih menggugah mereka untuk berani bermimpi besar, keluar dari hambatan yang ada di benak mereka karena lingkungan, serta mencoba melihat lebih luas lagi dunia ini dengan segala potensinya. Perjalanan kali ini pun, saya gunakan untuk menyampaikan pesan: Kalau Saya Bisa, Kamu pun Bisa, kalau saya anak seorang nelayan kecil di desa yang sangat jauh di Indonesia bagian timur berani bermimpi besar dan mengambil langkah untuk meraihnya, maka murid-murid SMP Pandaan yang berpeluang lebih besar, seharusnya bisa.

Suasana di Kelas by josefbataona dotcom

“Bagaimana membangun disiplin agar sukses?” demikian tanya seorang siswa yang dengan sederhana saya jawab dengan bertanya balik.

“Setiap pagi, siapa yang membangunkanmu dari tidur? Apakah engkau sendiri yang mau pergi pagi agar tidak terlambat, atau dipaksa sama mamamu? Kalau terlambat masuk sekolah, apakah merasa malu atau cuek saja? Kalau belajar, masih disuruh ibumu atau sudah bisa sendiri?”

Masih ada beberapa lagi pertanyaan yang sengaja saya angkat untuk membantu mereka berpikir tentang kesempatan belajar disiplin yang hadir setiap hari, setiap saat di depan mereka.

Kalau Sudah Sukses Apakah Masih Ada Tantangan??

Untuk murid sekolah setingkat SMP, beberapa pertanyaan yang disampaikan membuat saya kagum. Termasuk pertanyaan ini, “Kalau sudah sukses apakah masih ada tantangan?”

Mungkin di pikiran mereka, sukses itu sebuah destinasi, kalau sudah diraih, ya sudah selesai. Secara perlahan saya menjelaskan bahwa untuk mereka murid sekolah saat ini, yang paling penting adalah belajar agar sukses lulus di sekolah. Kalau ada ekskul, lakukan serius agar sukses. Bila selesai sekolah nanti bekerjalah sungguh-sungguh untuk meraih sukses. Semua ini lebih banyak untuk dirimu sendiri.

Setelah sukses, tantangannya adalah (inilah pertanyaannya):

  • Bagaimana membuat orang lain juga sukses.
  • Bagaimana membagi waktu untuk orang lain.
  • Bagaimana ilmu dan pengetahuanmu juga bisa dibagikan kepada teman-temanmu.
  • Bagaimana membuat dirimu berguna untuk orang banyak.
  • Bagaimana menjaga agar diri sendiri tidak sombong, tidak angkuh karena semua sukses itu, atau dengan kata lain, bagaimana agar tetap rendah hati.
  • Dan tidak kalah pentingnya, bagaimana membuat diri sendiri terus mensyukuri semua sukses yang diraih, setiap hari, setiap saat!

Belajar dari Operasi yang Berbeda

Masih ada acara untuk mengakhiri program kebersamaan kami. Indofood dengan banyak pabrik yang tersebar di berbagai pelosok tanah air, dengan usia operasi yang berbeda-beda, pengetahuan lapangan beberapa anggota tim tergantung pada lokasi kerja mana mereka berada.

Hari itu tim diperkenalkan dengan pabrik susu modern dengan menggunakan robot di hampir setiap proses sejak penerimaan bahan baku, sampai finished products keluar menuju customer. Tuntutan kecepatan pelayanan dewasa ini harus ditanggapi dengan teknologi yang melipatgandakan produk yang dihasilkan di pabrik itu.

Terima kasih kepada semua peserta yang sudah ambil bagian aktif dalam acara consolidation meeting ini. Terima kasih kepada local management  kami di Surabaya dan sekitarnya yang telah menanggapi acara kami penuh antusias. Terima kasih kepada Panitia yang sudah merancang acara ini.

Foto bersama ala Madura by josefbataona dotcom

Acara diakhiri dengan foto bersama dengan seragam kaos Madura. Seragam ini sekedar simbol untuk mengingatkan bahwa semua kami, entah atasan atau bawahan, punya panggilan yang satu dan sama, yaitu melayani dengan sepenuh hati, dan saling membantu, karena perjalanan kami masih jauh. Sepanjang perjalanan itu kami akan merangkai berbagai inisiatif untuk bisa menikmati perjalanan itu, perjalanan bersama sebagai tim yang solid.

“If you do build a great experience, customers tell each other about that. Word of mouth is very powerful.” (Jeff Bezos)

Catatan:

Berhubung saya akan berlibur ke luar kota, tidak ada posting baru di hari Selasa (27 Mei 2014), Jum’at (30 Mei 2013, dan Selasa (3 Juni 2014). Posting baru akan hadir kembali pada Jum’at (6 Juni 2013). Terima kasih atas perhatiannya.

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan