Gandakan Ilmu dengan Berbagi

Posted on May 20th, 2016

“The work an unknown good man has done is like a vein of water flowing hidden underground, secretly making the ground green.” (Thomas Carlyle)

ALANGKAH INDAHNYA bila keinginan untuk saling berbagi tumbuh subur di tengah masyarakat, terutama masyarakat industri. Berbagai pengetahuan dan pengalaman yang dipunyai organisasi tertentu mungkin saja bisa menjadi sumber inspirasi untuk diperkenalkan di organisasi lainnya. Kita percaya bahwa praktek seperti itu perlu dibudayakan, sekaligus mendorong berbagai pihak yang mempunyai ilmu, pengetahuan dan pengalaman untuk iklas membaginya.

Sharing dari External

Bagi yang belum pernah mendengar model Pelayanan Pelanggan Prima ala Halo BCA saya sangat menyarankan untuk segera mencari tahu dan belajar. Praktek yang diterapkan mereka dibawah komando Ibu Nathalya Wani Sabu itu sudah dikenal manca negara. Hasil kerja mereka sudah membuahkan berbagai penghargaan di Indonesia, di tingkat Asia maupun dunia. Bahkan perusahaan terkenal dari luar negeripun tidak segan untuk berkunjung dan belajar dari mereka.

Gandakan Ilmu Dengan Berbagi1

Siang itu, Masternya sendiri hadir di depan sekitar 100 peserta di ball room. Sesi selama 2 jam bukan saja menyajikan tips memberikan pelayanan pelanggan yang excellent sesuai pengalaman Halo BCA, tapi juga cara penyampaiannya juga sangat entertaining. Dia bahkan berhasil memukau para peserta yang semuanya dari HR, ketika berbicara tentang bagaimana dia me-manage sekitar 2.000 anggota timnya yang relatif sangat muda, alias dari Gen Y.

Dengan cermat dia menciptakan peluang bukan saja untuk mereka bisa betah lama bekerja di perusahaan, tapi juga peluang untuk bisa berkarya di jaringan perusahaannya, karena mereka bisa menjadi sumber rekrutmen untuk karyawan baru. Berbagai inovasi di bidang pelayanan sudah mereka lakukan, dan hasilnya tentu saja membuat karyawannya merasa engaged, puas dan tetap tinggal untuk memberikan kontribusi maksimal.

Terima kasih Bu Wani untuk sharingnya yang dibungkus dalam topik: “From Zero to Hero.”

Seribu Hari untuk Negeri

Kami semua sudah belajar dari sharing teman-teman HR dari tiga divisi, juga dari praktisi luar yang rela datang dari Jakarta untuk berbagi di Bandung. Lalu selanjutnya, apa yang akan dilakukan tim, dalam konteks berbagi?

Gandakan Ilmu Dengan Berbagi2

Seluruh tim dibagi dalam 10 kelompok yang akan mengunjungi 10 Posyandu yang berbeda. Setiap anggota tim diberikan peran sehingga semuanya aktif menghadapi sekitar 75 ibu-ibu yang akan hadir di Posyandu di daerah Padalarang. Saya sendiri kebagian tugas sebagai penyuluh di Posyandu Desa Cipendey.

Program Penyuluhan yang kami lakukan dan juga dilakukan tim lainnya, dikemas dalam judul “Seribu Hari untuk Negeri”. Ini merupakan program edukasi mengenai pentingnya gizi awal kehamilan sampai anak berusia dua tahun (seribu hari pertama kehidupan).

Edukasi berkaitan dengan pemahaman tentang keseimbangan gizi ibu selama masa kehamilan 270 hari, selama menyusui 180 hari dan periode selanjutnya hingga anak berusia 2 tahun, 550 hari. Kecukupan gizi selama periode 1000 hari pertama tersebut sangat penting karena periode itu merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan 80% otak dan seluruh organ tubuh.

Acara ditutup dengan kunjungan ke pabrik kami di Padalarang dan foto bersama mereka yang dalam kesehariannya bekerja di lapangan, yang dengan gigih berjuang memberikan edukasi  tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) tersebut.

Gandakan Ilmu Dengan Berbagi3

Kita semua mengharapkan agar negeri ini akan mempunyai generasi masa depan yang sehat dan berkualitas. Merekalah calon-calon pimpinan masa depan yang akan meneruskan langkah untuk menjadikan Indonesia ini lebih baik.

“Whatever one possesses, becomes of double value, when we have the opportunity of sharing it with others.” (Jean Nicolas Bouilly)

Bookmark and Share

4 Responses to Gandakan Ilmu dengan Berbagi

  1. Ratih says:

    Masih inget “atika” kan Pak? Saya jadi rajin mengkonsumsinya sekarang ^_^. Berbagi memang menyenangkan, mari terus berbagi..

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, memang atika alias ati ikan itu enak. Jangan pernah lelah berbagi dan saling menginspirasi untuk tetap semangat berbagi

  2. Ria R says:

    Senang nya bisa berbagi… dengan berbagi bukannya berkurang yang kita miliki tapi bertambah yang kita miliki dalam bentuk lain. Terima kasih Pa Josef

    • josef josef says:

      Terima kasih Ria, betul sekali bahwa kita tidak mengalami pengurangan, bahkan kita juga menginspirasi orang lain untuk ikut berbagi. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong