Kolaborasi dan TRUST

Posted on January 6th, 2023

“Individual commitment to a group effort: That is what makes a team work, a company work, a society work, a civilization work.” (Vince Lombardi)

SAYA BELAJAR saat diundang untuk berbagi. Saat saya mempersiapkan materi, saya belajar bagaimana memadukan konsep, pengalaman dan situasi dari organisasi yang meminta. Saat berbagi, saya belajar dari reaksi peserta, pertanyaan atau komentar, serta feed-back sesudah sesi tersebut. Saya juga belajar dari refleksi pribadi, seandainya saya harus mengulangi sesi seperti itu lagi, apa yang perlu saya perbaiki. Berikut foto bersama peserta.

 

Belajar Bersama para Change Agent

Dalam menerapkan VALUES (Tata Nilai) suatu Perusahaan, umumnya kita mengikuti tahapan-tahapan baku seperti ini:

  1. Hearing it: Gain employees’ awareness.
  2. Believing it:  Accept the new values as their identity.
  3. Living it:  Implement the new values in their daily activities

Akan ada detail aktivitas dan juga periode pelaksanaannya. Pertanyaannya adalah, apa yang akan dilakukan sesudah itu? Kita mengharapkan agar karyawan di semua level dan unit akan membiasakan diri hidup sesuai tata nilai tersebut. Selanjutnya, akankah penghayatan itu semakin dalam atau ada kemungkinan pudar?

Perusahaan ini, Pamapersada sudah mempunyai system yang melibatkan berbagai unsur di seluruh organisasi dalam sosialisasi dan implementasi Values. Dari pucuk pimpinan sampai karyawan dilibatkan dengan peran yang berbeda-beda. Ini merupakan praktek yang bagus karena ada ownership/sense of belonging. Berikut suasana belajar bersama.

 

Peran Leaders Mutlak Diperlukan

Saat para change agents mulai bekerja, para leaders juga mulai bekerja mengkomunikasikan values tersebut. Dan komunikasi mereka adalah dalam bentuk kata-kata dalam berbagai event, tetapi terutama dalam bentuk contoh perilaku dalam keseharian. Karyawan akan segera membandingkan kampanye change agent itu dengan apa yang mereka alami sendiri dan saksikan dari para leader yang hadir di depan mata mereka. Kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting dalam implementasi berkelanjutan.

Diatas permukaan, Kolaborasi dimaknai sebagai sebuah proses dimana dua atau lebih orang atau organisasi bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk berkolaborasi kita membutuhkan tim beragam kompetensi, dengan berbagai latar belakang pengetahuan dan pengalaman.

Lebih jauh lagi John Maxwell mengatakan melalui video pendek yang dibagikan setiap hari, bahwa ada tiga hal penting bagi setiap anggota tim dalam berkolaborasi:

  1. I learn something. Masing-masing kita belajar sesuatu dalam berinteraksi dengan yang lain. Ini yang akan membuat kita menjadi lebih baik.
  2. Value the people/Respect them. Dalam tim kolaborasi, kita saling menghargai perbedaan latar belakang, bisa menerima setiap anggota tim dengan berbagai pendapat yang berbeda.
  3. Creativity: Adanya beda latar belakang, beda sudut pandang, serta saling menghargai perbedaan tersebut, akan memberikan peluang untuk kreativitas, untuk berinovasi

Singkatnya, dalam kolaborasi saya akan belajar sesuatu yang bisa membuat saya menjadi lebih baik, saya dan anggota tim lainnya akan saling menerima dan menghargai perbedaan dan dengan ragam pandangan di kepala yang berbeda-beda, besar peluang untuk ciptakan kreativitas atau berinovasi, demi tercapainya hasil yang lebih baik. Simak juga video COLLABORATION di link di akhir tulisan ini. Foto penerima hadiah buku dan pemrakarsa program.

Speed of TRUST

Istilah ini muncul dari judul buku Stephen Covey yang mengatakan bahwa bila kita sungguh-sungguh percaya kepada tim kita, maka pekerjaan akan bisa diselesaikan dengan cepat. Sebaliknya, proses itu akan terhambat, diperlambat bila ada keraguan saat memberdayakan mereka untuk tugas-tugas penting, termasuk kalau masih ada pertanyaan di kepala kita, adakah agenda tersembunyi yang mungkin dipunyai anggota tim.

Dengan perubahaan yang berjalan cepat, menapaki 2023 dan selanjutnya kitapun tidak punya banyak waktu untuk membenahi perilaku karyawan sesuai dengan values yang dipunyai, dengan cara biasa. Values tersebut hendaknya sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sudah menjadi habit mereka. Simak juga video FAST FORWARD di link di akhir tulisan ini.

Namun demikian, dalam pandangan perusahaan PAMA, mereka ingin mengambil manfaat dengan belajar dari pengalaman organisasi lain, yang bisa mereka gunakan untuk RECHARGING, mempertajam komitmen untuk terus mendorong seluruh karyawan untuk hidup sesuai values perusahaan.

Ini merupakan Langkah terpuji jelang akhir tahun, dalam mempersiapkan karyawannya menghadapi 2023. Kami ucapkan Selamat dan Sukses.

“No one can whistle a symphony. It takes a whole orchestra to play it.” (H.E. Luccock)

Simak juga link video berikut ini:

  1. COLLABORATION https://youtu.be/rdf3lV2RIpU
  2. FAST FORWARD https://youtu.be/MTXnaU5Xaa4

 

Bookmark and Share

2 Responses to Kolaborasi dan TRUST

  1. Heru Hardoyo says:

    Thanks for your inspiring sharing Pak.
    Keep on inspiring and enlightening

    • josef josef says:

      Thank you pa Heru for the opportunity to learn together. Appreciate also your time and effort to visit and read articles in this blog. Keep in touch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Thank you coach Helda for your insightful comment. Setuju, let us become life long learner to become a better...

Helda Tan:
Love this article Pak Josef. Setuju sekali terhadap penekanan Coaching Mindset yg benar utk menjadi...

josef:
Thank you pa Heru for the opportunity to learn together. Appreciate also your time and effort to visit and...

Heru Hardoyo:
Thanks for your inspiring sharing Pak. Keep on inspiring and enlightening

josef:
Terima kasih pa Danang Arief sudah mengunjungi blog dan menyimak tulisan ini. Benar sekali perilaku anggota...


Recent Post

  • Berbagi Tips Menuju Puncak Karier
  • Menuju Coaching Maturity
  • Tumbuhkan Gairah Kerja
  • Pilihan Penuh Tanggung-Jawab
  • Kolaborasi dan TRUST
  • Development Dialogue
  • Invest in Your People
  • Cerita FUN di Awal Desember
  • Memimpin Dengan Hati
  • Ada Niatan Positif Dibalik Setiap Perilaku