Saya Belajar Caranya Belajar

Posted on August 28th, 2018

“When people go within and connect with themselves, they realize they are connected to the universe and they are connected to all living things.” (Armand Dimele)

GRADUATES sudah siap dua jam sebelumnya. Hadir juga anggota keluarga, yang sebagian datang dari luar Inggeris untuk bisa bersama putra/i mereka merayakan hari yang sangat penting, seperti kata President of University: “It is a memorable day – a chance for you to receive well-deserved recognition, for your hard work and dedication in achieving your degree.” Dan tentu saja ini akan membuat bangga, tidak saja wisudawan tapi juga para orang tua.

28 Agustus 2018_Saya Belajar Caranya Belajar1

Belajar Caranya Belajar

Dalam sambutannya yang berlangsung kurang lebih 10 menit (asli hanya 10 menit), President of Southampton University, Professor Sir Christopher Snowden menyampaikan: “Proses belajar selama di universitas ini bukan melulu mengejar ijasah, tapi juga tidak kalah pentingnya membangun koneksi. Bagi kebanyakan lulusan, ini merupakan akhir dari perjalanan sebagai mahasiswa, tapi juga awal dari kesempatan untuk berkontribusi kepada dunia.”

28 Agustus 2018_Saya Belajar Caranya Belajar2

Studi membantu memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang bidang studinya, tapi juga melengkapi mahasiswa dengan ketrampilan untuk belajar hal yang baru. Dalam konteks ini, Sir Christopher menceriterakan bahwa kemanapun dia pergi di manca negara, entah ke Universitas ataupun masyarakat, dia bertemu para alumni universitas ini, dan dia belajar banyak hal dari mereka. Termasuk di dalamnya adalah belajar caranya belajar: “I also learn how to learn from many friends, from graduates that I meet.”

Di sinilah manfaatnya konektivitas yang sudah dibangun sejak lama, termasuk selama studi di Southampton. Manfaatkan jaringan persahabatan tersebut untuk menunjang pengembangan diri dan karier, demikian lanjutan pesan Christopher.

Graduation dan Commencement

Hari itu umumnya disebut dengan graduation, hari menyelesaikan studi di bidang yang dipilih. Tapi perlu diingat, hari ini adalah hari yang bisa disebut commencement, hari di mana para graduates dilepas untuk memasuki dunia kerja. Semua ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama studi siap untuk diimplementasi, untuk diamalkan di dunia kerja. Dari sini, ijazah akan diuji, apakah nilai-nilai bagus yang tercantum di sana juga memberikan jaminan kemampuan intelektual si pemilik ijazah. Di samping itu, interaksi  bersama para mahasiswa/i dari manca negara semoga memberikan harapan akan kemampuan lainnya berkaitan dengan soft skill-nya. Beberapa di antara teman-teman Eka dalam foto berikut ini.

28 Agustus 2018_Saya Belajar Caranya Belajar3

Perayaan Penuh Keakraban

Keluarga ini telah membuat Eka merasa at home selama studi di Southampton. Adalah Mbak Liliek Mega Yuliani serta Jeff Nelson yang berhasil membuat Eka betah berada di tengah  anak-anaknya: Rullie dan istrinya Luky, Rizki dan istrinya Kelly serta si bungsu Andrew. Foto berikut adalah dinner di rumah Rizky jelang graduation.

28 Agustus 2018_Saya Belajar Caranya Belajar4

Ada surprise yang disiapkan di rumah Rullie untuk merayakan hari graduation ini. Keakraban seputar meja makan, canda ria tentang nostalgia dan kisah kehidupan lainnya telah membuat suasana malam itu bertambah ceria.

28 Agustus 2018_Saya Belajar Caranya Belajar5

Dan semuanya ini tidak lain adalah usaha tulus keluarga ini untuk bersama kami merayakan kelulusan Eka. Namun bagian harunya adalah ini merupakan malam di mana kami akan berpamitan, karena keesokan harinya kami akan berangkat ke London untuk acara liburan bertiga. Terima kasih Mba Liliek dan seluruh keluarga yang sangat peduli dan penuh perhatian selama Eka belajar di Southampton. Momen penting ini akan tetap kami kenang, tak terlupakan.

“There is a good reason they call these ceremonies ‘ commencement exercises’. Graduation is not the end; it’s the beginning.” (Orrin Hatch)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

2 Responses to Saya Belajar Caranya Belajar

  1. helda says:

    selalu mengagumi cara bapak sharing berbagai hal..entah itu secara theory pun sebuah pengalaman..entah itu hal besar pun hal kecil..
    Pemilihan kata2 nya sangat trpat dlm penyampaian pesan2nya…
    Terus sharing ya pak…
    God bless u pak

    • josef josef says:

      Dear Helda terima kasih sudah mengunjungi blog dan menyimak artikel ini. Semua itu karena saya percaya bahwa yang saya alami hari ini penuh dengan pembelajaran bagiku, dan sayapun perlu membaginya buat teman2 agar kita semua bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Rolin, fondasinya adalah senantiasa bersyukur. Melangkah setiap hari dengan mindset positif, maka...

rolin:
Kehidupan Bapak&kel seperti sungai yang tidak habis airnya. Terima kasih selalu mengajarkan kami untuk...

josef:
Terima kasih banyak Santi, kami telah berusaha untuk mengawal dia sampai ke pintu kehidupan berikutnya,...

josef:
Terima kasih Santi, nilai nilai kebaikan seperti itu sering hadir dihadapan kita setiap hari. Begitu juga...

Santi Sumiyati:
Pak Josef, selamat atas kelulusan putri Bapak dari program Post Graduated di UK. Semoga Eka...


Recent Post

  • Energi dan Harapan Masa Depan
  • Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan
  • MU dan Leadership ala Alex Ferguson
  • Perjuangan Meraih Sukses
  • Kejutan Dalam Rencana Suksesi
  • Saya Belajar Caranya Belajar
  • REFLEKSI untuk Pengembangan Diri
  • Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu
  • Setelah Baju Itu Kutanggalkan
  • KESEHATAN: Harta Tak Ternilai