Alumni dan Employer Branding

Posted on December 12th, 2017

“Harmony is a beautiful balance between mind, body and soul measured in tender peaceful moments.” (Melanie Koulouris)

SALING PEDULI satu sama lain. Ini yang mau dikedepankan oleh panitia ulang tahun Unilinc, wadah keluarga Alumni Unilever. Mereka berhasil mengundang 300 orang, dengan periode bergabung di perusahaan sejak 1940.

Walau berbeda generasi, ada kebutuhan untuk saling peduli, saling menyapa sebagai satu keluarga. Dua mantan Chairman, dan 7 mantan direktur hadir membaur bersama anggota management lainnya, tanpa ada sekat, tanpa ada protokoler kepangkatan. Karena kami semua hadir sama, menciptakan harmony yang hanya bisa dirasakan oleh yang hadir.

Harmony yang diinginkan adalah lebih jauh lagi dalam keseharian, manakala semua anggota terlibat untuk peduli bukan hanya pada sesama anggota tetapi juga pada lingkungan di mana kita berada. Berikut foto bersama

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding1

Sambutan Penuh Makna

Di hari Minggu, saat mereka seharusnya berada bersama keluarga dalam long week-end, semua direksi Unilever aktif saat ini, memilih untuk hadir menyambut “Alumni Unilever”. Mereka pun membaur, menyatu di tengah hadirin, bertegur sapah sambil bernostalgia.

Dalam sambutannya, Bapak Hemant Bakshi, Presiden Direktur Unilever Indonesia menyampaikan paparan perkembangan perusahaan sejauh ini, sebagai bagian dari pertanggung-jawaban akan apa yang diwariskan oleh pendahulunya. Sambil mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, karena telah meletakkan fondasi yang kokoh, baik itu bisnis, maupun talenta yang handal penuh kreativitas dan daya juang tinggi dalam menghadapi berbagai kompetisi dan perubahan.

Beliau pun memaparkan ambisi menuju 2020 dengan penuh keyakinan, akan bisa dicapai. Bahkan ketika melihat bahwa ada saja tenaga trampilnya yang diambil oleh perusahaan lain, dia pun berkomentar, “They can take Unilever employees from us, but they can not take Unilever heart from those employees.”

Dan momen kebersamaan hari itu boleh jadi meneguhkan statement di atas. Bahkan beliau memastikan bahwa acara temu kangen ini akan dijadikan agenda tahunan, agenda bersama Unilever dan Unilinc. Rekaman beberapa wajah ceriah hari itu.

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding2

Keluarga Besar Lulusan Unilever

Wadah ini masih remaja. Upaya yang dimulai oleh sekelompok pensiunan yang berasal dari batch management trainee awal tahun 1970-an, sudah mendapatkan sambutan gembira penuh apresiasi di usianya yang ke-13. Agenda pertemuan tahunan ataupun bulanan yang dilakukan selama ini, perlahan tapi pasti mengirimkan pesan kepada anggota lain, bahwa kita memerlukan sebuah wadah untuk memudahkan komunikasi.

Wadah di mana kita bisa dengan mudah saling berbagi informasi penting, wadah di mana kita bisa merangkai program kepedulian yang lebih intens, baik peduli kepada sesama anggota ataupun lingkungan yang lebih luas. Berikut keceriaan mereka yang masuk ULI tahun 1980-1989.

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding3

Hari itu Ibu Indri Makki, Bu Janis Hanafiah dan Pak Koentoro berkenan memaparkan apa yang sudah dilakukan dan beberapa catatan ide yang bisa dilakukan. Tidak lupa juga dikedepankan acara kumpul penuh FUN, di mana berbagai talenta bisa dipamerkan, entah itu untuk menyanyi atau menari bersama, dan lain-lain.

Hari itu pun mereka memamerkan beberapa buku yang ditulis oleh anggota, untuk merangsang yang lain agar mau menuangkan pemikiran dan pengalaman mereka untuk pembelajaran masyarakat luas.

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding4

Employer Branding

Ketika posting foto kenangan reuni di hari tersebut, Bu Amalia E. Maulana, Brand Consultant, melontarkan pertanyaan. “Dalam konteks Employer Branding, apakah statusmu sebagai alumni hanya sekedar kawan atau soulmate?”

Menurut beliau, Brand Relationship antara alumni dan perusahaan almamaternya bisa dikategorikan kedalam tiga tingkatan: (1) Just Friend, (2) Good Friend, dan (3) Soulmate. Masih kurang upaya perusahaan untuk mempelajari keterlekatan emosional (emotional attachment) para alumni. Mengapa ini penting diangkat ke permukaan, menurut beliau, “The more ‘Soulmates’ you have, the stronger the Employer Brand becomes. Soulmate is Asset.”

Beberapa verbatim yang bisa saya rekam mengintip sosial media teman-teman alumni:

  • Maya Makagiansar: unforgettable, sweet memories with everlasting friendship, feel blessed to have been part of one of the world’s most admired company.
  • Okty Damayanti: we are alumni now, but still maintaining the friendship
  • Leila Djafar: The family feeling of togetherness is definitely still strong.
  • Bahrun Afriansyah: Proud Unilever Alumni, Place where we learn and grow together as Unilever big family
  • Adita Widyansari: My business school and my school of life….. that shape me who I am today; Unilever, proud to be part of your journey.
  • Jeanny Lasut: The place where I grow both personal and professional life… proud to be part of Unilever

Dengan level “Just Friend,” demikian tulis bu Amalia, tidak mungkin seorang alumni sibuk melakukan posting dengan tulisan panjang lebar tentang positive “personal experience” pada saat reuni seperti pada minggu lalu. Hanya mereka yang berada di tingkat dua (good friend) dan tiga (soulmate), yang bisa dan mau melakukan itu.

Musik dan Tari

Acara diawali dengan pilihan FunWalk seputar kantor atau office tour selama sejam. Gempita Lagu Indonesia Raya membuat aliran darah semakin menggelora. Dan saat musik gembira mengiringi Tarian Maumere, semua mulai melemaskan ototnya, seakan ingin bergoyang lebih lama lagi.

Panitia mulai menyapa dengan lagu jenaka: HELLO HELO HELO HELO HELO, KITA JUMPA LAGI …

Dua mantan Direksi, Pak Maurits dan Pak Andre memimpin Home Band untuk membawakan lagu-lagu dengan beat kekinian.

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding5

Swa-foto

Berkumpul tanpa foto akan terasa tawar. Berfoto ria tanpa swafoto, terasa jadul, maka tidak berlebihan kalau pada ramai-ramai merekam momen bersama kawan-kawan lain, dengan gaya pilihan sendiri dan tentu saja hanya dalam hitungan menit, status di social media sudah diupdate, layaknya generasi zaman NOW.

12 Desember 2017_Alumni dan Employer Branding6

Rekaman kegembiraan diwajah yang tampak di berbagai social media, bisa menjadi peneguhan akan sukacita yang didapatkan sepanjang hari itu. Tapi rekaman itu juga akan tinggal lama dalam hati sanubari masing-masing, betapa hubungan kekeluargaan yang sudah terbina, mempunyai makna lebih dalam lagi, bahwa hidup bersama dalam HARMONY akan menunjang positive mindset seluruh anggota untuk terus PEDULI pada sesama.

“Happiness is not a matter of intensity but of balance and order and rhythm and harmony.” (Thomas Merton)

Bookmark and Share

6 Responses to Alumni dan Employer Branding

  1. Basir Bidohang says:

    …belum pernah setahu saya acara seperti ini yg dilakukan oleh sebuah perusahaan seperti yg dilakukan mantan karyawan…dan katanya akan diteruskan setiap tahun…

    • josef josef says:

      Terima kasih pa Basir Bidohang, sudah mengunjungi blog dan membuat komen. Kesempatan baik ini kita maksimalkan untuk ajang silaturahmi. Dan bersama almamater dan teman2 alumni mari kita menebar kebaikan untuk masyarakat sekitar kita.

  2. Arminsyah says:

    Sayang, saya tidak mendapat undangan

  3. Boaz says:

    Ingin sekali membuat acara seperti ini untuk kantor saya. Thank you pak untuk inspirasinya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Zebedeus, telah mengunjungi blog dan membaca tulisan ini. Silahkan dicoba, semoga bisa membawa banyak manfaat. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong