Mengenal dan Memotivasi Team

Posted on May 17th, 2019

“Quality questions create a quality life. Successful people ask better questions, and as a result, they get better answers.” (Anthony Robbins)

BERTANYA. Banyak Leader yakin mengenal anggota timnya, apalagi sudah bekerja sama cukup lama. Karena itu, bilamana kita mengajukan pertanyaan, apakah anda mengenal anggota timmu, akan dianggap pertanyaan yang aneh atau tidak relevan. Belum lagi kalau pertanyaan itu berlanjut dengan, apakah anda tahu apa yang memotivasi anak buahmu. Jawaban mereka akan membedakan karakteristik seorang leader.

Authentic Leader punya JAWABAN

Melalui cuitan twitter awal Mei ini, Steve Keating sengaja menggugah perhatian kita dengan menceritakan pengalaman menanyai banyak orang pada leadership position: What Motivates Your People?

Menurut Steve, menjawabi pertanyaan itu, authentic Leaders mempunyai ANSWER, sementara yang lainnya mempunyai RESPONSE. Apa perbedaan keduanya itu?

ANSWER atau JAWABAN itu berdasarkan apa yang dia ketahui, sementara RESPONSE berdasarkan apa yang dia pikirkan atau yang dia pikir dia tahu.

Authentic leader tahu apa yang memotivasi orang-orangnya karena, mereka BERTANYA kepada mereka. Sementara yang lainnya BERASUMSI mereka tahu atau mengira bahwa apa yang memotivasi seseorang akan juga memotivasi orang lain.

Berasumsi bahwa mereka tahu apa yang memotivasi orang lain merupakan kesalahan yang umum dilakukan leader yang tidak efektif. Setiap orang itu unik. Mereka memiliki pengalaman hidup yang berbeda yang membentuk keyakinannya, apa yang disukai atau tidak disukai serta apa yang memotivasinya. Membuat asumsi dengan menggeneralisasi merupakan kesalahan fatal.

Authentic leader meluangkan waktu berharganya untuk memahami apa yang menjadi motivator unik dari setiap individu. Terkadang, itu berarti membantu timnya untuk menemukan apa yang memotivasi diri mereka, karena sering orang tidak berhenti mempertimbangkannya sebagai pertanyaan penting (apa yang memotivasi) bagi diri sendiri.

Authentic Leaders tahu bahwa setiap orang pada dasarnya punya motivasi. Namun ada yang kehilangan motivasi dalam perjalanan hidup ini sehingga perlu diingatkan dan di refresh. Sementara yang lain yang sudah punya motivasi, perlu dibantu untuk tetap mempertahankan motivasinya.

Apapun lingkungan dimana timmu berada, salah satu tanggung jawab utama sebagai seorang leader adalah membantu mereka untuk mempertahankan motivasi atau menumbuhkan kembali motivasi yang sudah redup.

River of Life

Berawal dari pertanyaan pokok: Who am I, saya mengajak timku untuk menemukan berbagai jawaban terhadap seluruh perjalanan hidupnya, terutama yang menjadi kunci dia menjadi seperti sekarang ini. Dan tentu saja sepanjang sesi itu akan terungkap juga dari mulut mereka sendiri, apa yang menjadi motivasi mereka.

Bahkan di akhir sesi itu, sebagai tim kami menemukan atau persisnya menyadari  beberapa Mutiara kehidupan penting untuk membantu mempererat engagement satu sama lain demi perjalanan selanjutnya. Berikut ini saya kutip beberapa diantara  Mutiara kehidupan yang kami temukan bersama dalam sesi yang kami beri nama River of Life:

  • Lebih mengenal siapa diri kita sendiri
  • Bisa lebih mengenal satu sama lain dan membantu untuk respek satu sama lain
  • Menyadarkan kita untuk berterima kasih kepada berbagai pihak (orang tua, istri/suami, teman, dll) dan menjadikan terima kasih sebagai kebiasaan.
  • Kisah sukses kita diwarnai dengan banyak perjuangan. Menyadarkan kita bahwa ada  banyak tangan yang turut kontribusi untuk hidup kita
  • Menyadarkan kita juga tentang panggilan hidup kita untuk membantu orang lain. Apa yang kita miliki, termasuk ilmu, pengetahuan dan pengalaman bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk menolong orang lain.
  • Menyadarkan kita untuk senantiasa menanggapi secara positif setiap peristiwa hidup, dan proaktif dalam menjalani hidup ini, sambil menyebar contoh hidup positif pada lingkungan sekitar kita

Bahkan, masing-masing kami (termasuk saya) dibekali sebuah amplop berisi umpan balik berupa harapan positif dari teman lainnya. Ini merupakan ungkapan otentik atas beberapa pertanyaan yang diajukan untuk dijawab spontan.

Sesi seperti itu merupakan salah satu contoh, disamping sesi one on one yang juga hendaknya dilakukan oleh seorang leader.

 

Hadir utuh Bersama Team

Memang ada banyak leadership development program yang menawarkan tool untuk menemukan apa yang memotivasi karyawannya. Tetapi kunci pentingnya adalah seorang authentic leader perlu atau bahkan harus berbicara dengan anggota tim secara regular agar bisa memahami mereka…. Lebih sering lebih baik.

Kesimpulannya, bila anda ingin tahu apa yang memotivasi anggota timmu dan bagaimana anda bisa membantu mereka agar tetap termotivasi dalam mencapai tujuan hidup atau tujuan profesionalnya, maka: ASK, ajukan pertanyaan langsung pada mereka. Pertanyaan akan memberikan banyak kejutan, terutama bagi mereka yang tidak pernah dipimpin authentic leader.

ASK, kemudian demonstrasikan karakteristik leadership lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah: LISTEN. Simak jawaban mereka.

Karyawan yang disengaged akan merusak suasana kerja organisasi. Karyawan yang tidak punya motivasi akan cepat masuk kelompok disengaged. Peran anda sebagai seorang leader adalah hadir secara utuh dan membantu menyalakan api motivasi yang sudah redup itu. Dengan demikian anda sudah membantu organisasi untuk tumbuh sukses berkesinambungan.

“There are no foolish questions and no one becomes a fool until they have stopped asking questions.” (Anonymous)

 

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Ratih. Semua kita punya kontribusi untuk menciptakan lingkungan untuk tumbuh kembangnya mindset...

Ratih:
Penutupnya keren Pak, “fokus pada solusi”. Hal ini akan mudah diterapkan jika kita punya mindset...

josef:
Terima kasih Ratih, sungguh cantik, hanya terbatasnya ruang untuk penyajian saya di blog. Salam

Ratih:
Cantik sekali ya Pak pemandangannya..

josef:
Terima kasih Tromol untuk waktunya menyimak kisah ini. Banyak momen hadir dihadapan kita, untuk mengingatkan...


Recent Post

  • Kick-off Coaching Program
  • Suasana Penuh Kedamaian
  • Jadikan Pelajaran Berharga
  • Swedia Negara Ribuan Pulau
  • World’s Happy Countries
  • Indahnya Ciptaan Tuhan
  • Meaning dibalik Aktivitas
  • Optimisme Pekerja Mandiri
  • Positive Organization
  • Benih Positif di Taman Kehidupan