Banyak Cara Saling Menyapa

Posted on January 29th, 2021

“Gratitude makes you more generous and creative. By focusing on how fortunate you are, you’re able to give the best you can give.” (Ralph Marston)

SENYUM yang ditampilkan di layar zoom, atau suara candaan segar yang dilontarkan silih berganti, menciptakan suasana senang membahagiakan. Kerinduan selama ini seakan terobati, walau kami hanya bertemu melalui zoom. HR-Unilovers, paguyuban yang sudah dibina sejak lama, beranggotakan mereka yang masih aktif bekerja ataupun yang sudah lulus dari dunia Pendidikan ini, Unilever Indonesia kami anggap sebagai tempat kami belajar ilmu, belajar dari pengalaman tentang karier dan kehidupan. Dan tak kalah pentingnya, kami membangun family system, yang terus mengakar walaupun sebagian telah menempuh perjalanan sendiri di tempat lain.

Berat Terasa Ringan

Salah satu agenda pertemuan kali ini memang tentang berbagi pengalaman tak terlupakan selama 2020, atau kegiatan yang diyakini membuat kita bisa sukses melewati 2020. Ada dua sahabat yang berbagi tentang situasi sulit yang dialami berkaitan dengan kondisi kesehatan diri atau keluarga. Dan dalam situasi sulit seperti itu, mereka merasakan betapa pertemanan yang dibangun selama ini terasa hadir dekat di hati, menghibur, menyemangati. Berikut foto Sebagian peserta yang hadir untuk saling menyapa dan menyemangati.

Seorang teman, menggambarkan makna penting pertemanan ini di sosmednya:

“Family and Support System. HR Family, memang sungguh keluarga, saling mendukung, kangen ingin segera ketemu. Bahkan dengan virtual, mereka yang kebetulan terlibat di webinar lain, sempatkan juga untuk hadir di akhir temu kangen tersebut. Ada pula teman yang mengikutinya sambil berbaring dengan ventilator di RS, karena tidak ingin melewatkan momen berharga tersebut. Sebuah indikasi, betapa anggota keluarga ini saling merindukan, saling berbagi kehidupan HR masa kini.”

Dalam perjalanan karier kami bersama, kami terus saling menginspirasi untuk bisa menemukan MAKNA penting dibalik apa yang kami kerjakan sesuai fungsi masing-masing. Selain itu, keluarga yang kami bangun bersama di tempat kerja memberikan arti yang sangat penting dalam usaha untuk saling menunjang, saling memotivasi untuk meraih sukses bersama.

FUNtastic Program

Nuansa sukacita terus dibangun oleh Trio yang merancang program ini. Terima kasih Irwan, Edwin dan Alfari. Seperti halnya pertemuan tatap muka sebelum pandemi, sesi virtual juga mereka rancang sama  kreatifnya, menimbulkan gelak tertawa, saling melemparkan guyonan segar, termasuk tentang mantan atasan mereka, yang juga hadir di sesi ini. Tak ada yang tersinggung, apalagi marah karena ini, bahkan terus menimpali, sehingga waktu terasa cepat berlalu. Quiz berhadiah tidak lupa di selipkan di awal dan tengah acara tersebut.

Selain yang mengikuti sambil berbaring di rumah sakit, ada juga teman yang mengikuti dari Kuala Lumpur. Cerita dia, bahwa di lemarinya ada tiga macam ukuran pakaiannya: XXL XL dan L. Menyadari bahwa dia telah melakukan kesalahan besar, karena memberikan peluang bahwa sesudah turun berat badan ke L dan suatu waktu beratnya naik lagi, maka pakaian dengan ukuran lebih besar masih tersimpan. Karena itu sekarang dia ingin mendonasikan pakaian yang berukuran lebih besar, dengan demikian, dia akan komit untuk tetap di ukuran badan saat ini. Salut untuk komitmen ini.

Saling Menginspirasi

Saya sendiri berbagi cerita tentang aktivitas gym yang dibawa ke rumah selama pandemic. Pagi-pagi sekitar jam 06:00 saya dan istriku berjalan kaki di kompleks, menempuh sekitar 7.000an steps (lebih dari 6 km). Sesudah itu kami akan melakukan latihan ringan di rumah dengan sarana yang tersedia. Misalnya, step up menggunakan tangga, shoulder circumduction dengan bamboo, latihan di teras rumah seperti plank, lunges atau squats, dan lain-lain.

Sementara itu mindful program antara lain melalui meditasi rutin tiap tengah malam selama 30 menit. Sesekali menerapkan mindful walking, saat jalan pagi fokus pada momen Indah di pagi hari, mensyukuri kesempatan hidup sehat walafiat, dan mendoakan mereka yang ditemui saat jalan kaki, semoga mereka dan keluarganya diberkati dengan rezeki, kesehatan, kerukunan dan keselamatan. Siapa mereka? Petugas kebersihan, pemulung, tukang jamu, penjual roti, dan lain-lain. Mendoakan tanpa mereka sendiri sadar sedang didoakan.

Teman2 ini sudah tahu tentang praktek seperti itu yang saya lakukan selama ini. Namun saya ingin mengangkat kembali untuk mendorong mereka untuk juga melakukan hal tersebut, bila mereka merasakan ada manfaatnya.

Berita Gembira

Pak Willy Saelan, VP HR juga membagi cerita tentang inisiatif Perusahaan selama Pandemi. Ada sebuah berita gembira, bukan hanya bagi kami yang mendengar, tetapi juga bagi masyarakat HR umumnya. Dalam situasi sulit, perusahaan cenderung mencari peluang untuk memangkas biaya. Salah satu yang selalu menjadi sasaran adalah biaya Learning. Namun yang dilakukan oleh Unilever adalah HR dibolehkan untuk mengeluarkan biaya learning 2x lipat dari anggaran Learning 2020, dan jumlah tersebut dipertahankan untuk 2021.

Tanpa menunggu reuni, bila ada kebutuhan untuk saling belajar, kami bisa memanfaatkan sumber ilmu dan pengalaman di group ini. Sayapun tidak sungkan untuk belajar dari para yunior yang ilmunya justru lebih kekinian dan sangat kaya dilihat dari berbagai aspek.

Waktu yang dialokasi hingga 21:00, ternyata masih berlanjut 21:30. Saat kami semua harus meninggalkan zoom, terasa kerinduan ini sudah terobati, namun muncul kembali keinginan untuk bertemu lagi, walau via zoom.

Sekali lagi terima kasih Trio Irwan, Edwin dan Alfari, serta semua yang hadir malam itu, karena kontribusi masing-masingnya telah membuat pertemuan tersebut sangat berkesan. Mari kita saling mendoakan agar sehat dan sukses selalu, dan teman yang masih sakit segera sembuh kembali.

“When you are happy, be thankful and your happiness is greatly multiplied. When you are feeling down, be thankful and you’ll soon be feeling much better.” (Ralph Marston)

Bookmark and Share

6 Responses to Banyak Cara Saling Menyapa

  1. johny sulistio says:

    Makasih pak Jos, sebuah cara mengabadikan moment2 baik tidak menguap

  2. Alhamdulillah. Senang sekali bisa menjadi bagian dari keluarga HR Unilovers.

    Terima kasih pak Josef yang sudah menuliskan kisah berbagi ini diantara kita semua. Walaupun sudah lama tidak bertatap muka, senang rasanya bisa saling berkabar meski lewat Zoom.

    • josef josef says:

      Terima kasih Noer, teman2 merasakan yang sama, senang menjadi anggota keluarga HR Unilovers. Masih banyak cerita kebersamaan yang bisa kita tulis, kisah dimana kita saling memotivasi. Salam

  3. Indri says:

    Selalu menginspirasi pak Josef. I’m proud to be part of those inspiring leaders. Stay healthy & happy everyobe ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kaaih Dianti, sudah mengunjungi dan menyimak tulisan ini. Salam sehat

Dianti:
Tks pak Jo, its so true. Trmksh sdh sharing dan serasa diingatkan klo kita perlu membentuk atmosfir positif...

josef:
Terima kasih sama-sama mba Malla. Mudah-mudahan bahagia kita semakin banyak disertai sukses, dan tidak kalah...

Malla Latif:
Pak Josef thank youuuuuu so much for sharing this to us. Ini beneran #jleb banget. Dan ternyata link...

josef:
Terima kasih Santi, yang kita tuliskan dimanapun tempatnya, siapa tahu berkontribusi dalam membagi pengalaman...


Recent Post

  • Integritas dan Kebanggaan Keluarga
  • Pilihan Untuk Bahagia
  • Masukan Paling Berkesan
  • Bisa Bercerita Bisa Menulis
  • Jadilah Role Model
  • Employee Experience
  • Feedback Yang TULUS
  • Luangkan Waktu Untuk MEMBACA
  • Tak Hentinya Belajar Melayani
  • Membersihkan Hati