Bekerja Penuh Semangat karena FUN

Posted on May 17th, 2013

(One Team One Mission, Part 3)

“You can only have FUN helping other people have FUN, if you’re having FUN doing it” (Bernie DeKoven)

BILA TERTAWA diyakini sebagai sesuatu yang perlu untuk gaya hidup yang sehat, maka tertawa di tempat kerja juga akan memberikan dampak pada lingkungan kerja yang menyenangkan. Orang-orang yang berada dalam lingkungan kerja yang menyenangkan akan bekerja lebih bersemangat dan pada gilirannya akan  bersama-sama menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan.

Alasan Saya Tersenyum

Bekerja dengan FUN tidak didasari instruksi atau perintah. Harus datangnya dari hati. Karena itu tidak berlebihan kalau pagi itu, semua peserta yang hadir diminta untuk juga membawa Post-It yang berisi tulisan, “Alasan kenapa hari ini saya tersenyum.” Saya kutipkan beberapa diantaranya, Alasan saya tersenyum hari ini karena:

“Saya selalu mengingat keceriaan & kelincahan anak saya yang tidak setiap saat bersama saya” (Achmad Nasrullah)

“Masih diberi kesehatan dan masih bisa bekerja. Pertama kalinya datang ke Makassar” (Joko TW)

“Barcelona telah kalah” (Kusno)

Sangat sederhana, bukan? Melalui latihan kecil ini, saya ingin semua HR Team bisa menjadi driver dalam upaya untuk membangun lingkungan positif di tempat kerja masing-masing. Salah satu langkah sederhana adalah dengan mengajak semuanya untuk secara sadar memikirkan alasan mereka tersenyum pada hari itu. Memilih langkah kecil dan sederhana.

Dan tidak salah ketika membaca posting saya tanggal 3 Mei 2013 yang berjudul “Sejuta alasan untuk tersenyum” (baca di sini) seorang kawan,  Nanang Siswanto berkomentar di blog:

“Setuju sekali dengan artikel ini. menebarkan senyum sebanyak dan sesering mungkin, akan membuat orang disekitar kita juga tersenyum. bahkan saat menerima telpon, saya akan usahakan untuk selalu tersenyum, karena akan mempengaruhi mood kita, meskipun orang di seberang telpon sana tidak mengetahui. Thanks atas inspirasinya pak Josef”

Closing Dinner dan Talent Performance

Tibalah waktunya di akhir Consolidation Meeting, untuk Malam Kebersamaan yang diawali dengan makan malam. Malam kebersamaan menurut definisi saya, adalah kalau semua berpartisipasi untuk membuat malam ini suatu malam yang menyenangkan, hasil ciptaan kami semua. Bukan malam di mana kita menjadi penonton untuk pentas professional oleh orang lain.

Untuk itu semua yang hadir ingin melihat contoh dari sang pemimpin. Karena itu tanpa menunggu lama, saya meraih mike dan membawakan sebuah lagu favoritku dari Harry Belafonte: DAY O…..

Selanjutnya, acaranya mengalir seperti air, semuanya mau tampil menunjukan kebolehannya di atas panggung. Foto di bawah sedikit memberikan gambaran antusiasme mereka di atas panggung.

Dan tidak pas kalau semua peserta tidak diajak turun untuk tarian kebersamaan  ala Indonesia Timur: Poco-poco. Bahkan ketika mereka ditanya masih mau menerima tantangan, serempak mereka menjawab mauuuuuuuuuu.

Musik pun mengalunkan lagu Sajojo dan disambut oleh semua peserta menari Sajojo mengikuti petunjuk dari atas panggung.

Fun Meningkatkan Semangat Kerja

Dalam artikelnya yang berjudul “FUN at Work” Catherine Ripplinger Fenwich memberikan tips dan contoh bagaimana meningkatkan JOY di tempat kerja:

  1. Akan membantu kalau kita mencintai pekerjaan.
  2. Kendorkan control yang berlebihan dan berikan keleluasaan.
  3. Jangan takut mencoba cara-cara baru dalam bekerja.
  4. Buatkan program secara spontan.
  5. Lakukan social gathering di luar kantor.
  6. Rayakan keberhasilan, walau kecil sekali pun.
  7. Ciptakan atmosfir yang menyenangkan dengan berbagai poster, gambar, kartun, kisah lucu.
  8. Mulailah meeting dengan cerita lucu untuk mencairkan suasana.
  9. Ciptakan “Comedy Corner”…. dan masih banyak lagi….

Yakin akan konsep FUN di tempat kerja, meeting ini telah dibuat dengan kombinasi materi yang serius dan juga bumbu FUN di sana-sini. Dan seperti yang saya sampaikan dalam banyak kesempatan, saya tidak percaya yang namanya “co-incident”, semua terjadi karena ada alasannya.

Universe siap menyodorkan hal-hal yang kita perlukan. Memasuki lift menuju ruang meeting untuk acara penutupan, ada Tukul, symbol FUN. Moment itu tidak lupa saya abadikan untuk menjadi slide penutup meeting saya: Tukul hadir untuk memberikan affirmasi: FUN itu perlu!!

Contoh di atas menambah khazanah contoh-contoh lainnya yang sudah kami terapkan melalui FishFUN.

Kembali ke tempat kerja diharapkan semua peserta akan mendapatkan energy baru, energy positif, yang siap mereka tularkan kepada yang lain.

Terima kasih panitia HR Consolidation Meeting, yang telah mengemas seluruh rangkaian acara yang mendapatkan applause dari semua yang hadir.

People rarely succeed unless they have fun in what they are doing.” (Dale Carnegie)

Baca juga:

  1. One Team One Mission, Part 1, di sini.
  2. One Team One Mission, Part 2, di sini.

Bookmark and Share

12 Responses to Bekerja Penuh Semangat karena FUN

  1. ratih says:

    Mari kita awali pagi yang cerah ini dengan FUN!

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, langkah positif satu orang sudah berpotensi memberi dampak positif pada orang2 sekitarnya. Apalagi kalau kita semua sepakat untuk mengawLi pagi cerah ini dengan FUN, dengan tersenyum, bayangkan hasilnya !!

  2. devi says:

    Sekarang hampir setiap Selasa dan Jum’at saya menunggu tulisan terbaru dari Pak Josep, pagi ini masih mengisahkan rangkaian cerita sejuta makna dari acara Consolidasi meeting di Makassar. Kami khususnya paraktisi hr sangat bahagia sekali dengan adanya blog dari Pak Josep yg selalu menyuguhkan cerita yg ringan dan sederhana tetapi sarat pelajaran kehidupan. Terima kasih Pak Josep atas setiap tulisan yg anda bagikan kepada semua orang. LUAR BIASA….

    • josef josef says:

      Terima kasih Devi, masukan kalian seperti ini sangat bermanfaat untuk tulisan2 saya di masa mendatang. Terima kasih juga untuk terus mengunjungi blog dan menyimak kisah2 disini.

  3. Benny says:

    Terima kasih banyak pak Josep atas sharingnya! Ada yg versi bahasa inggris ga pak? Krn pengen saya share ke GM HR regional saya 🙂 bs dicontoh neh :))

    • josef josef says:

      Terima kasih Benny, saya belum membuat versi Inggrisnya. Tapi anehnya saya terima beberapa komentar dalam bahasa Inggris. Mungkin ada yang bantuin untuk terjemahkan. Mudah2an ada diantara angota timmu yang berkenan membuat terjemahannya. Sekali lagi terima kasih atas perhatiannya

  4. Indira says:

    Terima kasih Pak utk tulisan Bpk tiap selasa jumat. Selalu menginspirasi saya. Selalu ada “pelajaran” baru. Kadang sy forward ke teman-teman ktr. Spy bersama-sama “Be better every day..” God bless you & fam

    • josef josef says:

      Terima kasih Indira, silahkan untuk share berbagai cerita ini untuk teman2 atau siapa saja yang membutuhkan. Semoga kita semua saling belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik hari ini dibanding kemarin dan esok lebih baik dari hari ini. God Bless you and family too

  5. I Gusti Gde Ngurah says:

    Semangat Pagi Pak Josef perkenalkan saya Gde alumni Fakultas Ilmu Administrasi Atma Jaya angkatan 2004. Senang sekali rasanya saya menemukan blog pak Josef secara tidak sengaja :).

    Saya terinspirasi sekali dengan artikel bapak terutama kalimat “Universe siap menyodorkan hal-hal yang kita perlukan”. Saya percaya kekuatan alam semesta akan membantu mencarikan jalan sesuai dengan keinginan kita yang positif.

    Saya tunggu tulisan-tulisan bapak selanjutnya :).

    Gde

    • josef josef says:

      Terima kasih Ngurah untuk komentarmu tentang pemahaman tentang alam semesta. Dan Ngurah juga pasti setuju dengan saya bahwa bukan kebetulan Ngurah menemukan blog saya (Ngurah mengatakan: saya menemukan blog pak Josef secara tidak sengaja). Ini merupakan salah satu contoh Universe menuntunmu menemukan blog ini, sekaligus untuk terkoneksi dengan saya. Untuk apa ? Perjalanan hidup selanjutnya akan menguak alasannya. Simak juga >150 artikel yang sudah ada di blog ini, dan ikuti posting baru yang akan hadir setiap Selasa dan Jumat pagi jam 08:00. Begitu siap akan saya broadcast melalui twitter @josefbataona dan link ke FB dan LinkedIn. Tapi Ngurah bisa akses langsung ke blog: https://www.josefbataona.com

      • I Gusti Gde Ngurah says:

        Terima kasih pak atas replynya.

        Sejujurnya memang saya sedang mendalami PASSION saya yaitu dibidang “Self Enrichment” walaupun saat ini bidang saya tekuni adalah Marketing di salah satu perusahaan Telekomunikasi.

        Memang benar pak “Universe” telah menuntun saya mulai dari buku-buku dari Rene Suhardono sampai “kebetulan” menemukan nama bapak di buku tersebut.

        Setelah saya membaca beberapa artikel bapak, saya memahami bahwa karier saya selanjutnya adalah dibidang “human resources” dengan mengedepankan “Compassion” atau rasa kasih sayang antar rekan kerja.

        Saya yakin tulisan-tulisan bapak akan menginsipirasi saya untuk menemukan perjalanan hidup saya kedepan.

        terima kasih 🙂

        • josef josef says:

          Terima kasih Ngurah, bukalah dirimu untuk belajar di setiap moment, dari siapa saja, dari mana saja. Just follow your heart. Karena setiap anda berada di persimpangan jalan, berbagai pengetahuan atau pengalaman sebelumnya pasti telah mepersiapkanmu untuk memilih jalan yang akan ditapaki. Terima kasih telah mengunjungi blog ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET