Ciptakan Kesempatan Belajar

Posted on January 27th, 2017

“Creative thinking is more than just coming up with new ideas. It is about living life in a way that is open, authentic and curious. It is a mindset and approach to everything we do.” (Cyndi Burnett)

BERSAMA MELANGKAH, bekerja dengan semangat positif yang kami bangun bersama dengan menggunakan program sederhana FishFUN. Empat tahun terasa empat minggu. Melalui program ini kami saling membantu untuk mempererat tingkat keterlekatan (engagement) baik secara horizontal maupun vertical.

Ini dipandu empat Fish Philosophy: Choose Your Attitude, Make Their Day, Be Present, dan Play. Empat elemen penting tersebut merupakan menu harian untuk saling menginspirasi agar senantiasa membangun mindset positif dan berperilaku positif. Inilah foto semua ketua dan fasilitator FishTeam Season 4, saya tampilkan sambil menyampaikan limpah terima kasih atas kontribusi kreatif mereka.

Ciptakan Kesempatan Belajar1

Akhir Season 4

Team PLAY, team terakhir di Season 4 menyampaikan laporan kegiatan mereka selama dua bulan terakhir, antara lain:

Email inspirasi di saat-saat penting. Sebagai contoh email tim bercerita tentang cara-cara merayakan Hari Ibu di Belahan Bumi lain. Semisal di Yugoslavia:

“Anak-anak di Yugoslavia menggunakan cara tidak biasa untuk memulai Hari Ibu yang jatuh pada bulan Desember. Mereka akan mengikat ibu mereka di tempat tidur dan berkumpul untuk memberikan berbagai permohonan yang harus dikabulkan jika ikatan itu ingin dilepaskan. Tentu kebersamaan dan keramaian di Hari Ibu akan menjadi spesial dari senyuman anak-anak yang ada di dalam kamar.”

Team kemudian merancang Hari Ibu dengan Nonton Bareng film inspirasi pendek, sambil makan siang di meeting room.

Belanja online untuk menyiapkan kado untuk tukar kado, juga merupakan ide unik yang dilansir Team Play. Kado harus dibeli online. Di sini kita bisa cepat mengenal generasi dari anggota tim yang beragam, ada yang seketika sudah menemukan apa yang dibeli dan confirm ok, ada yang masih cermat mencari berulang kali (mungkin masih perlu kemampuan selancar cepat), dan ada yang masih perlu pendampingan dari generasi muda. Manapun itu, ternyata menciptakan situasi saling menertawakan karena kemampuan yang berbeda-beda, dan inipun bisa menjadi cerita tersendiri. Simak foto berikut.

Ciptakan Kesempatan Belajar2

Perbaharui Komitmen Berbuat Kebaikan

Ini bukan sertijab. Ini momen mengobarkan api semangat berkarya. Tugas pelayanan baru, diserah-terimakan oleh MasKom dan MbaKom Season 4 FishFun, kepada MasKom dan MbaKom Season 5. Ini nama keren dengan kepanjangan Mas Kompor dan Mba Kompor, karena tugas mereka adalah ngomporin. Bahasa asingnya: fasilitator yang mengusahakan agar tim yang sedang bertugas tetap aktif.

Pesan pendek saya di pagi itu berkaitan dengan “Small Act of Kindness”.

Ini untuk mengingatkan tugas pelayanan dengan penuh keyakinan bahwa walaupun perbuatan baik tidak selalu disambut dengan positif, kita akan terus berbuat baik, karena itu adalah janji pada diri kita sendiri (implementasi Choose Your Attitude). Tidak berlebihan kalau pagi itu juga di media sosial Elfi Prawitasari mengungkapkan perasaannya, berkaitan dengan pesan tersebut.

Ciptakan Kesempatan Belajar3

Melangkah sambil terus belajar

Kegiatan FishFun tentu perlu dirancang. Untuk itu diperlukan pemikiran, luangkan waktu, persiapan dan pelaksanaan. Dari semua itu, kelima tim FishFun Season 4 melihat bahwa beberapa elemen penting berikut ini merupakan pembelajaran yang didapat sesuai porsi tugas masing-masing, antara lain:

  • Time Management
  • Team Work, terutama dalam Planning & Organising
  • Leadership (Delegate, Motivate, Persuade)
  • Communication & Negotiation
  • Self-Control penuh kesabaran menghadapi anggota tim yang beragam perilaku
  • Creative dan Positive Thinking
  • Problem Solving
  • Human Character & Relation

Season 5: Harapan Baru di tangan kita semua

Rangkaian foto dan video kegiatan FishFun Season 4 yang disajikan pagi itu, mengantar tim pada kesimpulan bahwa kita lebih mengenal satu sama lain dengan  berbagai keunikan masing-masing. Kami semua juga menyadari bahwa dengan mengenal bukan berarti kita ingin mengubah teman menjadi pribadi seperti yang kita inginkan. Tugas kita adalah saling menyodorkan berbagai kebaikan melalui aktivitas FishFun sebagai pilihan untuk bisa menyesuaikan dan memperbaiki diri masing-masing agar kerja sama tim semakin terjalin erat.

Ciptakan Kesempatan Belajar4

Peran komunikasi melalui FishWorld pada foto di atas sangat penting untuk terus mengingatkan berbagai keceriaan hasil kreasi setiap insan yang terlibat. Dan sesuai namanya FishFUN, kami semua senantiasa mendapatkan asupan energi ekstra setiap hari untuk membuat api semangat berkarya terus berkobar.

And the Journey Continues …….

“Man improves himself as he follows his path; if he stands still, waiting to improve before he makes a decision, he’ll never move.” (Paulo Coelho)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET