Kenangan Terindah Seorang Karyawan

Posted on October 3rd, 2017

“There is more hunger for love and appreciation in this world than for bread.” (Mother Teresa)

LUANGKAN WAKTU untuk sejenak beristirahat, sejenak melupakan kesibukan kerja untuk refreshing, untuk mendapatkan asupan energi baru. Yang inipun perlu dirancang serius agar hasilnya maksimal. Karena itu rencana outing selalu dibuat dengan sebaik-baiknya, dalam nuansa FUN.

Minat peserta memang beda, ada yang maunya ke gunung, yang lain sukanya ke pantai. Ada yang ingin menyimak budaya setempat, yang lain ingin menikmati panorama yang Indah. Di sinilah dibutuhkan kejelian panitia untuk memikirkannya, sambil menggali masukan dari semua tim.

Momen untuk Penghargaan

Tim CHR paham betul bahwa mereka bisa membangun sesuatu yang besar maknanya dengan memberikan sedikit saja tambahan nilai pada apa yang sedang dikerjakan dalam keseharian. Suasana di Istana Pagaruyung Sumatra Barat sudah sangat menunjang kegembiraan. Warna-warni dari pakaian daerah untuk foto bersama sudah memberikan arti yang mendalam. Dan tim hanya menambahkan sedikit saja bumbu penyedap terakhir.

Saatnya kami memberikan Penghargaan Masa Kerja kepada tiga orang yang hadir: Rani (5 tahun), Evi (15 tahun) dan Benny (25 tahun), dengan cara yang tidak biasa. Berikut foto pemberian selempang penghargaan dan foto bertiga.

3 Oktober 2017_Kenangan Terindah Seorang Karyawan1

Dalam perjalanan di pesawat kembali ke Jakarta, Rani memberikan komentar:

“Kejutan, ngga nyangka, unik, momen yg ngga akan terlupakan.”

Komentar Rani tentang kejutan, juga mewakili sebagian besar anggota tim yang tidak mengetahui rencana ini. Sementara itu melalui pesan WA, Benny Santoso mengungkapkan:

“Saya sangat terkesan dan berbahagia sekali bahwa saya mendapat Service Award 25 Tahun dari Indofood dengan acara yang sangat spesial dan mungkin belum tentu didapatkan oleh seorang pekerja manapun di lingkungan Indofood Grup, yaitu acara pemberian penghargaannya dilaksanakan di depan Istana Pagaruyung yang megah di Batu Sangkar Sumatera Barat. Disaksikan oleh teman-teman CHR yang memakai pakaian adat Sumatera Barat yang indah dan berwarna warni. Pengiring wanitanya cantik-cantik dan prianya ganteng-ganteng berwibawa. Acara ini tentu menjadi kenangan terindah dan tak terlupakan dalam hidup saya. Terima kasih kepada Bapak Joseph dan teman-teman CHR. I love you all.”

Selain disaksikan oleh anggota Tim CHR, juga oleh banyak pengunjung, karena acara dilakukan di lapangan luar depan istana. Sebuah sentuhan sederhana, tapi bisa memberikan dampak yang luar biasa, bukan saja bagi ketiga Yubilaris, tapi juga kepada semua anggota tim.

Istano Basa Pagaruyung

Hari itu tim sengaja mengeluarkan warna-warni pakaian daerah yang sedikit mewakili budaya setempat. Berikut foto bersama dengan pakaian yang sungguh menggugah semangat, gairah dan inspirasi yang sengaja dibiarkan leluasa terjadi, dirasakan, dipikirkan, diresapi ataupun diinterpretasi dengan cara tersendiri.

3 Oktober 2017_Kenangan Terindah Seorang Karyawan2

Warna-warni pakaian adat di Istano Basa Pagaruyung mengingatkan kita akan warna-warni anggota tim yang berbeda-beda dalam kebersamaan, bahwa perbedaan itu bukan saja indah tapi juga FUN dan PERLU.

Beberapa Rekaman Kegembiraan Saat Itu

Selain foto grup, mereka mencari lagi teman-teman dalam kelompok lebih kecil untuk berakting.

3 Oktober 2017_Kenangan Terindah Seorang Karyawan3

Ada yang juga merasa sebagai artis karena ada pengunjung yang minta foto bersama.

3 Oktober 2017_Kenangan Terindah Seorang Karyawan4

Waktu juga yang menghendaki semua peserta segera kembali ke bis untuk melanjutkan perjalanan menuju Bukit Tinggi.

Dinginnya Bukit Tinggi seakan memberikan kesejukan ekstra untuk melengkapi kegembiraan sepanjang hari pertama program outing.

“Open, honest communication is the best foundation for any relationship, but remember that at the end of the day it’s not what you say or what you do, but how you make people feel that matters the most.” (Tony Hsieh)

Bookmark and Share

6 Responses to Kenangan Terindah Seorang Karyawan

  1. Zarnelis kotto says:

    Saya membayangkan jika saya sbg Rani, Evi, atau Benny, dimana saya akan mendapatkan sebuah penghargaan sedemikian indahnya yg dirancang dengan tidak main-main, sungguh pastinya saya menjadi org yg beruntung ada dibagian tim itu…

    Tidak ada yg lebih membahagiakan bg seorg karyawan selain diperhatikan, diterima dan dihargai…, Dan Pak Josef n tim sudah melakukan hal tersebut..
    Bekerja menjadi hal yang menyenàngkan krn memiliki tim yang penuh perhatian..

    btw, salute untuk panitia outingnya yang bisa membungkus acara dengan keren dan memberikan kenangam manis..

    • josef josef says:

      Terima kasih Imel, ini diawali dengan niat tulus panitia untuk membahagiakan teman2; kemudian ada kreatifitas, dimana hal rutin (penghargaan masa kerja) dirancang apik, surprise, menyentuh dan unik. Untuk yang ini, kami terus belajar saling menunjang, saling memberi perhatian satu sama lain, melalui program FishFun. Sekali lagi terima kasih Imel untuk memberikan highlightnya.

  2. Wuwuh says:

    Bahagia itu sederhana…
    Ketika melihat orang-orang yg kita cintai merasa bahagia…..

    • josef josef says:

      Terima kasih Wuwuh, kita semua digugah Wuwuh untuk melengkapi kalimat itu, dan daftarnya bisa panjang sekali. Tapi apapun jawabannya, kesan yang ditimbulkan adalah saya melakukan bukan untuk kebahagiaan saya, tapi kebahagiaan orang lain, apalagi orang yang kita cintai.. terima kasih Wuwuh

  3. lia says:

    Rindunya bersama teman2 kantor diluar rutinitas kantor dengan nuansa yang berbeda…
    Thank you so much Pak sudah mengangkat perjalanan singkat tim CHR beberapa tahun lalu… Bikin happy dikala pandemic nda bisa kemana2 trus bikin pengen lihat lagi foto2 saat jalan2

    Btw akhirnya saya kesampean pake baju adat ini setelah sering banget dikira orang Padang sama beberapa orang

    Thank you again and have an awesome day as usual Pak!!!…

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Lia, kenangan bersama seperti itu tak akan pernah terlupahkan. Tapi yang terutama adalah, disana kita belajar bersama banyak hal, tentang kebersamaan, tentang saling peduli satu sama lain, tentang makna penting dari libur bersama, tentang menghargai teman yang bekerja keras sebagai panitia, dan masih banyak lagi. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Santi, dalam banyak kejadian kita dihadapkan pada pilihan bebas tanpa paksaan, termasuk pilihan...

josef:
Terima kasih sama2 Santi, ini merupakan panggilan untuk berbagi. salam

Santi Sumiyati:
Selamat pagi Pak Josef, luar biasa bagus dan menjadi pembelajaran berharga bagi saya setelah membaca...

Santi Sumiyati:
Terima kasih banyak Pak Josef atas kesediannya untuk terus menerus berbagi ilmu kepada kami.

josef:
Terima kasih tanggapan Kelana. Tidak mau membalas argumen juga merupakan pilihan. Namun kalau argumen...


Recent Post

  • Percaya Pada Diri Sendiri
  • Saya Mengaku Salah
  • Advis Utama Seorang CEO: Be Yourself
  • Building Resilience with Growth Mindset
  • Year End Meaningful Conversation
  • Inspirasi dari Pelosok Nusantara
  • Produktivitas Tanggung Jawab Semua Pemimpin
  • Terima Kasih Boleh Melayanimu
  • Tidak Semudah Itu Ferguso
  • Self Coaching for Better Tomorrow