Kunjungan FISH dengan Berbagai Pesan

Posted on February 12th, 2013

PEMBICARAAN tentang rencana memperkenalkan pola untuk menciptakan bersama lingkungan kerja yang menyenangkan terus berlanjut, walau peluncurannya masih keesokan harinya. Team duo: Ratih dan Santi telah berhasil memancing reaksi positif dari teman-temannya untuk menjadikan FISH sebagai bahan obrolan penuh dengan keingin-tahuan.

Sehari Menjelang Peluncuran

Momentum ini tidak disia-siakan. Pagi itu, ketika karyawan tiba di meja kerja masing-masing, mereka menemukan seekor ikan yang nempel di monitor komputer dengan membawa pesan, mengutip kata-kata bijak untuk memotivasi di pagi hari. Dan ramailah tim saling sharing quote yang mereka dapatkan, dan ada yang langsung difoto untuk update profile di BB nya. Info kepada saya: “Pesan untuk bapa langsung dibawa oleh ikan paus.” Lihat foto berikut ini.

Memperkenalkan HR FISH-Fun

Jelang jam 08:00, semua tim sudah mulai berkumpul di tempat acara. Mereka menerima tanda berupa kertas tempel  berbentuk IKAN dengan warna tertentu, yang ternyata kemudian diketahui bahwa warna merujuk pada pembagian tim nantinya.

Ruang terbuka, hanya ada 4  flip chart di pojok, laptop untuk presentasi dan projector. Dan begitu tepat jam 08:00, kami mulai dengan ice-breaking session, dan inilah moment yang paling saya sukai, karena di sana suasana mulai hangat begitu setiap orang harus berkeliling ruangan, dipacu waktu, menanyakan temannya untuk bisa mengisi  lembar jawaban. Mereka senyum, tawa-ria, girang menemukan surprise jawaban teman, juga kagum karena tidak menyangka ada sisi itu yang dimiliki temannya.

FISH! Adalah cerita tentang bagaimana menemukan energy, semangat dan kreativitas yang mendalam yang ada pada diri kita, dengan belajar mencintai apa yang kita kerjakan. Bahkan satu kelompok kecil yang berkomitment pun dapat mengubah lingkungan kerja kita.

FISH! Berawal dari kisah nyata di Pike Place Fish Market, Seattle, Amerika, tertuang dalam buku berjudul FISH, karangan Stephen C. Lundin dkk.  Konsep FISH! Diharapkan bisa memotivasi orang untuk bekerja secara FUN.

4 Falsafah Dasar FISH

1. Play

PLAY tidak harus menghentikan pekerjaan, tapi lebih merupakan usaha menciptakan suasana kerja lebih menyenangkan. Dan ini bisa terjadi karena PLAY memicu kreatifitas tim, membantu kekompakan tim untuk mencapai hasil.

2. Choose your Attitude:

Kalau saja setiap anggota tim sepakat untuk memilih perilaku positif selama jam kerja, bayangkan sendiri apa yang akan terjadi.

3. Be There

Kompak dengan sesama tim, sepenuh hati dalam melakukan pekerjaan apa pun, hadir secara fisik dan emosional pada saat dibutuhkan, memberikan dorongan semangat pada teman, dll.

4. Make Their Day

Ini merupakan upaya positif penuh sadar untuk membuat orang lain punya suasana hati menyenangkan sehingga hari-harinya akan penuh semangat.

Eksperimen

Tidak sabaran mendengar penjelasan dari saya, tim yang masing-masing diberi nama sesuai falsafah FISH di atas, mulai mendekati flip chart untuk sebuah latihan. Mereka harus mendiskusikan contoh-contoh inisiatif apa saja yang akan diimplementasi di tempat kerja. Contoh itu boleh banyak tapi harus dipresentasikan dalam selembar flip chart dan dalam bentuk gambar. Beberapa foto di bawah memperlihatkan suasana pada waktu diskusi dan presentasi.

Follow up

Hari ini hanya sekedar mengenal konsep. Tim yang sudah dibagi, akan memulai tugas, dan tiap tim akan bertugas selama dua bulan. Walaupun yang bertugas adalah satu tim, tapi aktivitasnya bisa melibatkan semua orang. Dan foto bersama ini bisa memperlihatkan wajah-wajah penuh semangat yang ingin segera memulai aktivitas ini.

Dan tentu saja tidak lengkap kalau tidak saya tampilkan duet yang mempersiapkan semua ini: Terima kasih Ratih dan Santi.

Dan saat saya menulis kisah ini, masih ada yang menyimpan pesan di profil BB nya:

Nothing is impossible. The world itself says: I’m possible (Audrey Hepburn)

Bookmark and Share

15 Responses to Kunjungan FISH dengan Berbagai Pesan

  1. widie tjahjanto says:

    Good creation in team building…

  2. Juli says:

    Luar biasa, Pak Josef. Dimana pun tetap mempraktekan FISH. kalau bapak ada waktu, mungkin kita bisa diskusi mengenai FISH yang sudah dijalankan selama ini, ya, pak.
    Sukses, pak 🙂

  3. erlina says:

    Sip…tetap S E M A N G A T 🙂

  4. Sri Kumala Dewi says:

    Kereeeen Pak, ikan2 lucu yg inspiratif 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Dewi, semua itu kreasi anak2 disini. Sampai hari ini, ikan dan berbagai pesan masih pada nempel di screen komputer mereka. Saya akan terus sharing kisah disini agar komunitas HR dimanapun bisa terinspirasi unruk mencoba. Sekali lagi terima kasih Dewi, salamku untuk komunitas Pomcyn

  5. Sri Kumala Dewi says:

    Terima Kasih Pak Josef tuk postingan2 inspiratifnya, kebayang bhw program2 fish fun selalu mampu menceriakan suasana kantor

    Fish fun delivers fun @ work 🙂

    Saya senang mengikuti postingan2 Bpk, krn terdapat nilai2 hebat yg dikemas dlm kegiatan dan penyampaian yg mengena di hati pembaca 🙂 🙂 🙂

    Salam kembali dr teman2 komunitas Pomcyn, Pak 😀

    • josef josef says:

      Terima kasih Dewi, saya akan terus berbagi melalui media ini. Semoga teman2 yang membacanya juga terus bersemangat. semangat Pagi Dewi, sukses dan sehat selalu

  6. Francis Noya says:

    halo pak Josef, saya juga lagi mau coba bawain training fish di kantor saya.. sharing ide dong games dan aktivitas buat peserta yang seru dan ngga bosenin… makasih pak

    • josef josef says:

      Hi Francis, senang mendengar teman lain sedang berasyik ria dengan program FISH. Kalau berbagai cerita di blog blm cukup, telp saya any time, atau email. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

      • Francis Noya says:

        terimakasih untuk respon baik yang saya terima, jika berkenan bolehkah saya diberikan alamat email pak Jozef untuk sekedar bertanya dan berbagi tentang training FISH dan program pengembangan karyawan lainnya? … terima kasih untuk tanggapannya.

        Regards,

        Francis

  7. Pingback: Danamon Young Leaders Award (DYLA) – day 2 | William Lautama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life