Makna Keluarga di Tempat Kerja

Posted on June 20th, 2014

“I have found the best way to give advice to your children is to find out what they want and then advise them to do it.” (Harry S Truman)

KELUARGA UTAMA memang ada di rumah. Sebagai anak, kita mempunyai orang tua dan saudara/saudari sekandung. Setelah berkeluarga, kita mempunyai istri/suami dan anak. Dalam kehidupan di masyarakat kita, masih dikenal “extended family”, yaitu orang tua/mertua atau saudara sekandung/ipar yang tinggal bersama kita, ataupun yang memerlukan perhatian dari kita.

Manis pahitnya kehidupan di rumah, interaksi satu sama lain, berbagai pengalaman tersebut telah menempa kita menjadi lebih bijak dalam menghadapi berbagai tantangan hidup ini. Pengalaman tak ternilai tersebut juga memberikan kita bekal dalam berinteraksi dengan tim di tempat kerja ataupun di masyarakat umumnya.

Keluarga di Tempat Kerja

Quartet Sindu, Farika, Yudhi dan Diana berusaha memberikan gambaran situasi dalam keluarga dengan mengangkat toko IBU, dan sekaligus melantunkan lagu Melly Guslow sebagai berikut:

Quartet Sindu- Farika-Yudhi-Diana

BUNDA (Melly Goeslow)

Kubuka album biru

Penuh debu dan usang

Ku pandangi semua gambar diri

Kecil bersih belum ternoda

Pikirku pun melayang

Dahulu penuh kasih

Teringat semua cerita orang

Tentang riwayatku

Reff:

Kata mereka diriku slalu dimanja

Kata mereka diriku slalu ditimang ……

Tempat kerja sering disebut sebagai rumah kedua dan rekan kerja sebagai anggota keluarga. Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya penerapan nilai kekeluargaan dalam hubungan satu sama lain di tempat kerja. Bila hubungan demikian tercipta, orang akan merasa betah tinggal dan bekerja.

Walaupun demikian masih ada lagi faktor yang menentukan apakah mereka akan tinggal lama atau sebentar. Beberapa verbatim yang dikutip dari sharing beberapa kawan, sekaligus bisa memberikan kami nilai kekeluargaan yang dirasakan hadir di sekitar kami:

“Ikatan batin sangat kuat sebagai keluarga (Sindu). Banyak doa yang saya dapat dari teman-teman kantor (Fitri). Suasana yang nyaman, menjadi diri kita sendiri (Lia).”

Kami semua menyadari bahwa sebagian besar waktu adalah bersama teman-teman di kantor. Karena itu bila suasana tercipta nyaman, maka berangkat kantor setiap pagi akan penuh semangat.

Perjalanan dalam Suasana Kekeluargaan

FishFun Team “Choose Your Attitude” dengan cekatan menampilkan sebuah foto di screen. Semua yang hadir diminta untuk menuliskan sebuah kata sifat yang bisa mendeskripsikan foto Keluarga CHR tersebut, saat Outing akhir tahun silam.

Outing Keluarga CHR

Spontan keluar ekspresi berikut ini:

  • Seru, Ceria, Ekspresif
  • Harmonis, Kompak
  • Ramai, Riang, Gembira, Senang, Bahagia,
  • Kasih sayang
  • Bebas
  • Wow Halilintar

Ada pula ungkapan sebaliknya, seperti:

  • Sedih (karena tidak diajak)
  • Sirik (karena ingin ikut)

Mereka tidak bisa ikut, entah karena harus mengurus bayinya, alasan keluarga lainnya, atau karyawan yang baru masuk sesudah itu. Tapi justru komentar itu menggaris bawahi imaginasi mereka sekaligus keinginan, seandainya waktu itu mereka juga ikut.

Peran FishFun Team

Apakah situasi seperti diceritakan di atas tercipta begitu saja? Tentu saja tidak. Ekspresi spontan di atas merupakan pengalaman batin yang dialami selama ini. Tapi  siapa yang memberikan mereka situasi seperti itu?

Jawabannya: mereka sendiri!!

Anggota tim HR secara kompak sepakat untuk menciptakan sendiri lingkungan kerja yang mereka senangi. Berbagai rangkaian program yang dirancang dengan tekun dan cermat, serta kemudian dilaksanakan secara konsisten oleh semua anggota.

Namun demikian, di balik semua itu ada FishFun Team yang secara bergantian berperan. Mereka adalah arsitek di balik semua kegiatan. Karena semua akan kebagian giliran, maka pada dasarnya masing-masing anggota tim, baik secara individu ataupun bersama-sama punya kontribusi penting.

Dan untuk terlibat sepenuh hati, mereka harus percaya akan pentingnya inisiatif ini. Peran FishFun Team selanjutnya adalah memfasilitasi seluruh tim untuk bersama mencari bentuk. Partisipasi semua pihak akan membantu agar model yang diciptakan adalah yang dimaui semua orang dan untuk kenyamanan semua.

Partisipasi

Tidak berlebihan kalau Penyair “Choose Your Attitude” Team, Agus Syarif  tergugah untuk membuat puisi berjudul: “Keluarga”

Saya petik bait terakhir puisi ini sebagai penutup tulisan ini:

Keluarga….

Kita yang berkumpul di sini adalah keluarga

Satu keluarga CHR Indofood yang dipimpin oleh Bapak Joseph Bataona

Satu keluarga yang diharapkan selalu memberikan makna, saling memberikan ceria, memberikan tawa, dan tanpa sedikit pun ada cela dan derita

Walaupun kita beda Kakek, Nenek, Ibu dan Bapa

Ingatlah kita adalah saudara

satu keluarga CHR yang kita cinta

Bookmark and Share

2 Responses to Makna Keluarga di Tempat Kerja

  1. Banis says:

    Terima kasih atas inspirasinya yg mengharukan…memang tempat kerja yg penuh kekeluargaan menjadi faktor penentu utama kita betah dan mau berkorban :’)

    • josef josef says:

      Terima kasih Banis, inilah rumah kita yang kedua, dan rekan kerja adalah keluarga kita.kita masing2 harus berkontribusi utk ciptakan suasana kekeluargaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan