Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Posted on November 16th, 2012

Fish Fun dalam Penerapannya

Catch your energy, release your potential

SEJAUH ini, tim HR di semua Region dan kantor Pusat sudah dibekali dengan konsep tentang Fish FUN, yang intinya adalah bagaimana seluruh tim mengambil bagian dalam menciptakan sendiri lingkungan kerja yang mereka sukai, dengan memanfaatkan  berbagai event/moment penting yang ada di sekitarnya, setiap hari.

Konsep Fish FUN diambil dari kisah Pike Place Fish Market di Seattle, Amerika, yang diangkat oleh Stephen C. Lundin, Ph.D dan kawan-kawan dalam bukunya yang berjudul FISH. Fish Philosophy yang diterapkan di sini, sangat simple dan bisa diterapkan oleh siapa saja dan di mana saja:

  1. Choose your attitude
  2. Play
  3. Make their day
  4. Be present

Di balik layar skenario ULTAH: Contoh di Region 6Medan

Adalah Dini Kartika, yang merayakan ulang tahun pada 3 November. Sayangnya, itu adalah hari Sabtu, bagaimana bisa membuat surprise? Mari kita simak persiapan mereka, via email di bawah ini:

Jam 08:30: email Elisa ke Siska, bossnya:

From: Elisa Berliana Tandyna, Sent: Monday, November 05, 2012 8:31 AM

To: Siska Tarigan

Subject: Plan B _ Bday Surprise for Dini

Kak….berhubung weekly meetingnya cancel…jadi nanti pas Nanang ke bawah, panggil  Kak Dini ke ruangan kk bisa? Supaya pas kue nya masuk beserta rombongan Kak Dini ga tahu…gimana?

Terima kasih – Elisa Berliana

Briefing jam 09:00 via email dari Elisa:

From: Elisa Berliana Tandyna Sent: Monday, November 05, 2012 9:00 AM

To: Budianto Sembiring; Edi Suasono; Rini Astuti; Nanang Septiadi; Lyna Suwanto

Cc: Siska Tarigan

Subject: FW: Plan B _ Bday Surprise for Dini

Teman-teman…..

Berhubung kita ga jadi weekly meeting…so bikin surprise Kak Dini diganti rencananya ☺☺☺

Nanti pada saat Nanang turun ke lobby….Kak Siska akan diberi kode oleh Nanang, sehingga nanti Kak Dini akan dipanggil ke ruangan Kak Siska buat membahas sesuatu-lah pokoknya……begitu Kak Dini masuk ruangan Kak Siska…Rini akan masang tulisan Happy Bday di meja Kak Dini (seperti yg kita bahas hari Jumat ya Rin…)….

Trus sy akan siapkan kue ultah di ruang EWO (btw…ada yg bawa mancis ga yahhh??)…sambil menunggu Nanang en Bapak Kak Dini, begitu mrka udah sampe di lant. 6, kami langsung masuk  menuju ruangan Kak Siska ☺☺, begitu kami masuk semuanya kita kumpul yahhh.langsung nyanyi selamat ultah buat kak Dini… Setuju???? Atau ada input/saran?

Terima kasih – Elisa Berliana

Dan mereka berhasil membuat suprise seperti yang dituturkan Siska Tarigan, HR Mgr Region 6:

“Surprise buat Dini adalah..kami mengundang orangtuanya dan adiknya dan keponakannya..(suami ada halangan). Tiba tiba muncul membawa kue ulangtahun…… Dini kaget banget….gak nyangka ortunya tibatiba muncul di ruangan kerja.

 

Bersih-bersih di Makasar

Lain lagi yang dilakukan oleh tim di Kantor Makasar. Mereka percaya, bahwa kebersihan tempat kerja menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya tanggung jawab cleaning service. Kalau kesadaran tersebut ditingkatkan, kita sudah bisa membantu mengurangi pekerjaan para cleaning service.

 

Beranjak dari pemikiran tersebut, dan terinspirasi oleh “Ikan Sapu Sapu”, Tim Makasar merancang sebuah kegiatan bersih-bersih tempat kerja seperti yang nampak di foto bawah, kemudian ditutup dengan makan bubur kacang ijo bersama.

 

Hari Jadi di Balikpapan

 

Senin 5 November, Balikpapan diguyur hujan lebat dari pagi. Herry tiba di kantor jam 07:30, atau 30 menit sebelum kantor mulai. Ini membuat scenario surprise jadi lebih  mantab. Dan kebetulan lain lagi: HP Herry lupa di-charge semalam jadi tidak bisa digunakan.

 

Hari itu sebagian timnya minta untuk datang terlambat dengan berbagai alasan atau ada yang minta cuti. Dan kunci ruangan Herry pun sengaja dipinjam Jumat lalu untuk keperluan tertentu dan belum di kembalikan.

 

Sementara itu scenario diatur agar lampu ruangannya tidak boleh dinyalahkan sampai ada petunjuk lebih lanjut. Jadilah Herry tiba di kantor, hanya bisa duduk di ruang tunggu, kamar terkunci. Mau menghubungi Mona yang pegang kunci, HP nya tidak berfungsi, sementara itu dari Kantor Pusat ada telpon untuk minta laporan yang harus disampaikan pagi ini juga. Padahal anak buahnya belum ada yang nongol, kamarnya terkunci, HP-nya tidak berfungsi, lengkap sudah.

Belum habis kebingungan, Eka, atasannya, yang lagi lewat (sengaja lewat ?) menanyakan, kenapa kamarnya belum dibuka?? Ke mana anak-anak HR, jam segini belum ada yang nongol? Tentu saja dengan muka yang agak ditekuk agar kelihatan kecewa dengan situasi pagi itu, sambil mengajak Herry untuk bicara di kamarnya.

 

Ini bagian dari scenario agar tim yang mungkin lalu-lalang tidak nampak. Singkat cerita, begitu tim sudah siap, Herry diberitahu ada telpon di ruangannya, maka datanglah dia terburu-buruh ke kamarnya, dan disambut dengan Kue Ulang Tahun dan nyanyian Happy Birth Day.

Dalam sambutan singkatnya, Herry berujar:

“Terima kasih atas kejutannya… ternyata meskipun sudah datang pagi dan yakin ngga bakal dikerjain (maklum selama ini Herry termasuk aktif cari ide2 kreatif untuk ngerjain anak buah yang ber ulang tahun)…. Ternyata masih bisa dikerjain….teman2 nggak kehabisan akal dan menemukan banyak cara untuk hari bahagia ini…”

Virus positif terus menyebar. Kesadaran bahwa lingkungan kerja menyenangkan adalah karya setiap individu yang ada di sana, maka FISH Fun mulai memunculkan berbagai contoh-contoh kreatif, ide dari karyawan untuk karyawan sendiri.

 

Kisah ini dan kisah-kisah dari region lain terus mengalir untuk dibagi ke teman-teman di Region lainnya. Kita pun menyadari betapa kayanya ide-ide yang bisa muncul bahkan untuk kejadian sehari-hari seperti Ulang Tahun.

 

Baca juga rangkaian kisah FISH FUN, Klik DI SINI.

Bookmark and Share

10 Responses to Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

  1. Lisa Christiana says:

    Thank you pak Joseph utk mengangkat cerita team di HR Region…. Semoga hal2 positif yg menambah kekompakan dan produktivitas kerja bisa ditularkan kepada teman2 yg lain yang membaca blog bapak ini atau mendengar ceritanya. Have a nice day pak.

    • josef josef says:

      Terima kasih Lisa. Saya sendiri bangga dengan semangat teman2 di Region. langkah mereka untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan sudah bisa memberikan kita confident bahwa tugas2 besar mereka akan bisa mereka selesaikan dengan berhasil, tanpa beban, bahkan menyenangkan. Salam

  2. Siska Tarigan says:

    Terimakasih Pak Joseph untuk share cerita dari Medan. Suasana kerja yang menyenangkan akan menjadi “Rumah” yang menaungi semua team. Dan menjadi sumber energi yang kuat dalam bekerja Terimakasih atas “Virus”nya Pak.:)

    • josef josef says:

      Terima kasih Siska, yang saya angkat bukan sekedar cerita, tapi sebuah moment yang kalian ciptakan dengan tulus dari hati, dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Sekali lagi terima kasih dan salam untuk seluruh tim yang telah membagi contoh FishFun untuk kami semua. Salam

  3. herry kuswoyo says:

    Dear Pak Josef, terima kasih sudah mengangkat cerita kami, semoga cerita ini bisa menjadi salah satu inspirasi pembaca blog Bapak.

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Herry. Saya sunggu senang mengangkat kisah seperti ini, ringan, bisa diterapkan siapa saja. Teruskan gali ide2 baru untuk diterapkan di tempatmu. Salam

  4. dini kartika says:

    dear pak josef…mohon maaf keterlambatan comment…terima kasih sudah mengangkat cerita fish fun dari region 6…kedua orang tua saya selalu cerita sampe berulang ulang bagaimana mereka disms, ditelp dan rasa deg2an, takut dini berbuat salah di kantor..keponakan saya yg masih batita saat ini selalu mengtakan “itu kan kantor danamon ulang tahun ya ma…” (jika melintasi kantor danamon medan diponegoro). orang tua dan adik saya tidak menyangka bahwa ternyata hubungan kerja di kantor seperti hubungan saudara yg cukup dekat satu sama lain, dan mereka cukup bangga bahwa anaknya bisa berada di keluarga besar danamon. it’s so meaningfull for me & for my family.. dan saya juga mengucapkan terima kasih buat teman2 HR region 6 Medan…two tumbs for U…

    • josef josef says:

      Terima kasih Dini. Teman2 di kantor adalah juga keluarga, yang bersama mereka kita tumbuh menjadi manusia yang berguna. Usaha mereka untuk membuat hari ULTAH mu sesuatu yg spesial, adalah tidak lepas dari rangkaian usaha utk menciptakan lingkungan kerja yg saling peduli dan menyenangkan bagi kita semua. Saya turut gembira bahwa inisiatif teman2 itu disambut positif oleh keluarga Dini. Mari kita teruskan langkah kita untuk menyebar virus positif melalui program Fish FUN kita. Salam

  5. mona regina says:

    Dear p’ Yoseph….Puji Tuhan! Senang sekali bisa jadi bagian dalam setiap sukacita yang tercipta di mana tempat kita berada.Terutama bisa memasukkan tulisan dan kreasi foto2 di Blog bapak…It’s very special.Terimakasih p’ Yoseph untuk kesempatan share all moment… di wilayah.Ditunggu kunjungannya ke Balikpapan agar bisa berkenalan lbh dekat dengan teman2 di kalimantan.Selamat bekerja…semakin bersemangat.God bless us 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Mona serta teman2 di Region. Kisah2 kalian selalu unik. Sayang kalau tidak diangkat menjadi pembelajaran semua kita. contoh2 yang kalian sajikan, akan menginspirasi teman2 di Region lain untuk juga mengexplore kemungkinan lainnya. Dan ini semua merupakan buah dari inisiatif Fish Fun yang barusan kita mulai. Mari kita pupuk agar inisiatif ini akan terus tumbuh. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Roy, pasti ada waktunya untuk masing-masing kita, sesuai kebutuhan. Salam sukses

roy:
Senang sekali bila malam itu saya bisa ikut bergabung, berbagi cerita, dan bersilaturahmi dengan pak Jos dan...

josef:
Terima kasih Denitri, pa Pungki sudah mulai membangun dialog untuk menemukan jalan agar CHRP bisa mendapat...

josef:
Selalu sehat dan jangan lupa olahraga rutin, serta ajak teman2 lainnya untuk ikut bersama2. Terima kasih Ratih

josef:
Terima kasih Ratih, kontribusi nyata bisa diberikan ditempat kerja, membuat diri kompeten karena terus...


Recent Post

  • Loyalitas Timbal Balik
  • Self Discovery melalui Coaching
  • Profesi MSDM Berkualitas
  • Fokus Untuk Masa Depan
  • Komitmen Hidup Sehat
  • Leading with Love
  • Paduan Gotong Royong dan Growth Mindset
  • Train the Brain for Growth Mindset
  • Ketertarikan dan Tulus Mendengarkan
  • Paguyuban dan Gotong Royong