Performance Discussion

Posted on November 15th, 2016

“It is no use saying ‘we are doing our best’, You have to succeed in doing what is necessary.” (Winston Churchill)

SAAT MENJELANG AKHIR TAHUN, banyak yang ingin melakukan evaluasi perjalanan setahun. Walau ada diskusi yang semakin intens mempertanyakan, apakah performance review cukup setahun sekali di akhir tahun, atau hendaknya dilakukan secara rutin, namun prakteknya dalam kenyataan, bervariasi. Dan ketika kita bicara tentang individual performance review, kita akan kaitkan pencapaiannya dalam konteks pencapaian individu dan bisnis di tempat kerjanya.

Komitmen untuk Sehat

Perjalanan saya dan istri ke Singapore akhir pekan lalu, juga dalam rangka Performance Review. Tapi ini dalam konteks mereview tanggung-jawab hidup sehat, menilai tubuh yang dipercayakan Sang Pencipta untuk kita rawat.

Perasaan kami, sepanjang tahun kami telah melakukan yang terbaik demi menjaga kesehatan: Langkah olahraga boleh saja dijalankan secara rutin. Pola makan bisa saja telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kenikmatan hidup tapi juga menunjang hidup sehat. Tapi RASA sehat apakah sudah cukup?

Sebagai panduan, saya sudah membuat sendiri “My 10 Healthy Commitment” yang saya sajikan kembali di sini.

10-komitmen-sehat-josefbataona

 

Jangan lupa simak juga postingan “Komitmen Hidup Sehat dan Tenang, Jumat 12 Agustus, 2016DI SINI.

Sama seperti dalam aspek kehidupan lainnya, untuk kesehatan pun perlu continuous discussion dengan pakarnya. Perlu parameter untuk mengukur tingkat kesehatan. Karena itu secara berkala, kami melakukan medical check-up. Kami bertemu dengan dokter ahlinya yang mampu memberikan kami interpretasi dari hasil pemeriksaan laboratorium atau alat kesehatan lainnya yang diperlukan. Kalaupun ada yang perlu ditindak-lanjuti, ini merupakan bagian dari continuous improvement atas tingkat kesehatan kami.

Perkataan Sejalan dengan Perbuatan

Kalau ada teman yang menghitung, barangkali dia bisa memberikan kesaksian berapa banyak kali saya mengajak orang lain untuk olahraga atau mengambil langkah untuk hidup sehat, entah itu di berbagai forum seminar, atau juga melalui social media. Dan saya tidak akan pernah berhenti melakukannya. Kata orang bijak, cara meyakinkan orang yang paling jitu adalah dengan memberi contoh. Karena itu saya menjalankan semua komitmen hidup sehat secara konsisten, agar saya bisa menjadikannya sebagai contoh.

Karena itu pula saya ingin meminta maaf kalau ada permintaan “breakfast meeting” yang saya tolak, karena itu akan mengganggu olahraga pagi. Minta maaf pula kalau sesekali saya posting foto saya keluar rumah jelang jam 05:00 pagi atau foto di gym jelang jam 06:00 pagi, hanya sekedar mengingatkan teman-teman yang sudah punya niat baik untuk olahraga, agar dilaksanakan.

Ada baiknya kita renungkan kata-kata Stephen Covey berikut ini:

“Kebanyakan kita berpikir tidak punya waktu untuk olahraga, sebuah paradigma yang rada melenceng. Kita berbicara tentang 3-6 jam seminggu, atau minimum 30 menit olahraga dua hari sekali. Ini merupakan waktu yang tidak seberapa, terutama kalau mempertimbangkan manfaat atau dampak  luar biasa terhadap 162-165 jam sisanya dalam seminggu.”

Karena itu, hati saya sungguh gembira ketika seorang sahabat, HR Manager,  mengirim WA minggu lalu, yang berbunyi:

“Selamat sore pak Josef. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat. Hanya ingin info, bahwa kami mengadaptasi Program Peregangan (stretching) pada jam 15:00 untuk karyawan di office. One of employee engagement activity.”

Ini bukan perusahaan pertama yang meniru inisiatif yang sudah kami jalankan. Semakin banyak, semakin baik. Mereka sudah mendengar, atau menyaksikan sendiri aktifitas itu dan merasa ada manfaatnya untuk ditiru.

Syukur Atas Hasil

Langkah serius untuk hidup sesuai komitmen membuahkan hasil. Secangkir kopi sudah cukup untuk merayakan hasil ini dengan penuh sukacita.

performance-discussion_kopi-selebrasi

Evaluasi dokter memberikan nilai sangat bagus untuk tingkat kesehatan kami berdua. Sebuah kenyataan yang tiada habisnya kami syukuri, hidup sehat wal’afiat. Namun demikian dokter tetap memberikan berbagai advis yang harus dilakukan. Kata seorang dokter: “mesin mobil saja perlu diberikan treatment khusus agar lifetime-nya bisa lebih panjang, apalagi manusia…”

Banyak tugas dan tanggung-jawab yang masih harus dikerjakan di tahun mendatang, sebagai bagian dari misi hidup kami. Tapi satu hal yang kami tahu pasti, semua itu bisa dijalankan dengan hasil maksimal kalau kami terus menjaga kesehatan jiwa dan raga kami.

“We do not stop exercising because we grow old – we grow old because we stop exercising.” (Dr. Kenneth Cooper)

Bookmark and Share

6 Responses to Performance Discussion

  1. Erlina Panitri says:

    Tulisan Bapak selalu menginspirasi. Setiap pagi ‘morning quote’ bapak di FB saya jadikan sarapan sebelum beraktifitas..Semoga bapak dan ibu selalu sehat dan tetap diberkahi sehingga selalu menyemangati banyak orang…

    • josef josef says:

      Terima kasih Erlina, karena kalianlah yang menjadi alasan saya menulis, ada yang membaca, ada yang menyimak dan share lagi ke teman2nya, ada yang membaca merenung dan mengimplementasi. Semuanya indah sekali saat saya membayangkannya, sekaligus memberikan saya semangat untuk terus berbagi. Sekali lagi terima kasih sudah luangkan waktu berharganya untuk menyimak tulisan ini. Salam

  2. wuwuh says:

    Baca tulisan Bapak….mendengar cerita apa aja dari Bapak…terasa seperti mendapatkan siraman rohani…tenang dan selalu menikmati hidup detik demi detik…selalu menjadi inspirasi kami….Terimakasih Pak…Semoga Bapak dan Keluarga selalu dalam lindungan-Nya…. Amien

    • josef josef says:

      Terima kasih Wuwuh, ditengah kesibukanmu masih sempat mengunjungi blog dan menyimak tulisan ini. Bahagiaku, bila ada pembaca yang terinspirasi, kemudian turut berbagi, atau mulai mengambil langkah positif untuk menjalankan hidup sehat. Salam sehat !

  3. johny says:

    being consistent as living example, . . . .inspiring pak Jos, salam untuk ibu Lena

    • josef josef says:

      Terima kasih dokter Johny, yang senantiasa memberikan masukan2 penting berkaitan dengan aspek kesehatan. Saling menginspirasi dari praktek masing2 kita punya kontribusi besar. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan