Arisan Inspirasi di Kota Medan

Posted on March 13th, 2015

“Let us not be satisfied with just giving money. Money is not enough, money can be got, but they need your hearts to love them. So, spread your love everywhere you go.” (Mother Teresa)

BUKALAH MATA kita lebar-lebar dan lihatlah dunia sekitar kita. Aktifkan semua indra untuk merekam apa saja sekitar kita, karena di sana sumber inspirasi yang tak pernah habis. Dari sana mengalir berbagai ilmu dan pengetahuan yang siap untuk kita cerna sebagai bekal hidup kita ke depan.

Dan semuanya itu berkelimpahan, cukup untuk kita sendiri dan juga bagi yang lain. Sekali kita menemukannya, jangan lupa berbagi, menginspirasi orang lain untuk juga menemukan yang dibutuhkan untuk perjalanan mereka. Bayangkan kalau kita mendapatkan inspirasi untuk melangkah bersama, dampaknya tentu luar biasa.

Kejutan dari Medan

Sebuah pesan di BBM (Blakberry Messenger, red) sempat membuat saya tertegun:

“Siang Pak Jos. Ini foto dua minggu yang lalu, kami serah terima buku untuk dipinjamkan ke Bang Budi dan Edi. Sejak tahun lalu kami melakukan ARISAN INSPIRASI setiap dua minggu sekali. Dan topik inspirasi bulan lalu dan bulan ini diambil dari buku bapak (Kisah Rp10.000 yang Mengubah Hidupku). Tadi pagi giliran Bang Budi dan Edi yang sharing. Bang Budi terinspirasi dengan cerita organ yang rusak, bahwa ketrampilan di bidang apapun bisa bermanfaat bagi orang lain…. Edi terinspirasi dengan cerita Balance Life dengan cara meditasi di mana kita punya pilihan cara untuk charge baterei kita masing-masing-masing. Arisan berikutnya giliran Rini dan Nita, buku sudah beralih tangan ke mereka (dipinjamkan). Demikian sekilas info dari anak-anak bapak di Medan.”

Arisan Inspirasi Medan

Terkagum-kagum sampai tidak bisa berkata apa-apa: Arisan Inspirasi!! Label arisan yang biasanya berkaitan dengan uang, kali ini justru memberikan dampak yang lebih luas bagi kehidupan. Dan inspirasi positifnya tidak tinggal di ruang arisan inspirasi, tapi akan menembus ke tengah masyarakat, ke tengah keluarga, dan ke mana saja mereka membawa inspirasi itu.

Sumber Inspirasi

Seperti saya sampaikan di atas, sumber inspirasi bisa datang dari mana saja, asal kita membuka mata dan hati kita untuk menyerapnya. Adalah Siska Tarigan yang menggagas sharing rutin.

“Ketika anggota tim mencabut lintingan kertas, Lyna komentar: “wah kita arisan nich” Jadilah seterusnya nama sharing ini adalah Arisan Inspirasi.”

Hasil awal langsung kelihatan. Seorang anggota tim SDM minta pindah menjadi Marketing Kredit, karena terinspirasi sharing dari kisah Mery Riana. Kaget?? Tim melihatnya ini gejala positif. Sharing berlanjut.

Berikut pandangan Dini dan Elisa, dikutip apa adanya agar bisa merasakan jiwa tulisan mereka, keceriaan di balik itu dan semangat menginspirasi yang tidak terbendung.

Pendapat Dini:

“Suatu kisah atau topik yang inspiratif bagi seseorang pasti meninggalkan kesan tersendiri bagi orang tersebut, sehingga disebut “Inspirasi”. Mungkin saja kita sebagai orang yang mendengar sudah menjalani/menerapkan sebelumnya atau bahkan belum sama sekali. Dengan adanya sharing inspirasi ini setidaknya mengingatkan kita lagi, bahwa ada hal-hal yang tidak kita sadari sebelumnya justru memiliki nilai positif lebih, dan mendorong kita untuk melakukan segi positif tersebut. Rutinitas keseharian yang padat terkadang membuat kita lupa akan nilai-nilai positif tersebut. Intinya, Arisan ini bagi saya menjadi: “Reminder”, “Booster”, and…”Do It..”

Sementara itu, pandangan Elisa:

“Kesan yang saya rasakan dari arisan inspirasi yang kita lakukan di setiap weekly meeting adalah selalu penasaran akan cerita apa yang akan dibawa atau di-share oleh teman-teman SDM, karena dalam setiap cerita yang dibagikan selalu ada insight atau value baru yang saya peroleh…semuanya berkesan.

Kalau diceritakan semua kesan yang dirasakan bisa 1 buku ceritanya wkwkwkkwkwk… intinya setiap cerita yang di-share berkesan and “always looking forward for another inspiration to share.“

Untuk manfaaatnya, tentunya sangat bermanfaat… salah satunya setiap orang punya peran yang sama dalam kesempatan bercerita sehingga melatih kita untuk  jadi lebih luwes untuk bicara di depan forum, dan…

Ternyata kalau sudah bicara susah berhentinya, wkwkwkkwkwkwkwk….dan semakin kompak sebagai team, ada energi positif setiap selesai berbagi inspirasi, karena value baru yang positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan  sehari-hari.

Tuhh khan jadi panjang….padahal pertanyaannya singkat aja, cuma sebaris pulakkk.. wkwkwkkwkwkk….#ini mah judulnya doyan ngomong#

Dinamika dan Antusiasme dalam Sharing

Hadirnya buku “Kisah Rp 10.000 yang Mengubah Hidupku”, memberikan mereka kesempatan untuk menjadikannya sumber inspirasi. Saat itu, buku belum tersedia di toko buku di Medan. Jadi mereka tidak mau menunggu, termasuk tidak mau menunggu untuk komen ketika sharing.

Seperti rekaman berikut ini yang disampaikan Siska:

“Tentang keterampilan memperbaiki Organ, yang perempuan langsung komen keterampilan memasak juga sangat bermanfaat bagi orang lain. Saat Edi sharing tentang Charge Baterai, Bang Budi komen bahwa bagi dia charge baterai adalah saat hari Sabtu bermain Badminton. Walaupun capek bukan sesuatu yang menjadi beban. “

Bulan lalu, saya dan Elisa yang mendapat kesempatan share pertama kali sebagai pemilik buku. Lucunya topik yang menginspirasi saya ternyata sama dengan Elisa yaitu tentang “7 Warisan Ibu’. Waktu itu saya ada tambahan topik yang berkesan yaitu tentang karyawan yang sehat pada waktu masuk kerja seharusnya sehat juga ketika pension. Nah beberapa langsung komen tentang AC kotor yang bisa mengganggu kesehatan. Dan kami setelah itu langsung telpon bagian CREM dan sorenya AC langsung dibersihkan.

Kami juga sepakat membuat hari Senin menjadi Fruit Day. Dini waktu itu juga tidak sabar untuk sharing karena sudah membaca bukunya (dipinjamkan Elisa), dia terinspirasi dengan kisah istri Pak JB yang menghadiahi diri sendiri karena berhasil dalam target penurunan berat badan. Dini mengaitkan dengan hari tanggal gajian, itu adalah hadiah juga bagi kita karena telah berhasil bekerja dengan baik selama sebulan. Jadi kita makan-makan di luar pada tanggal tersebut bukan karena kita sedang banyak uang tetapi karena kita mengapresiasi diri kita yang sudah bekerja dengan baik selama sebulan.”

Terima kasih Siska, Elisa, Edi, Raymond, Lyna, Nita, Rini, Budi, Boy, Dini. Saya sangat kagum dengan inisiatif kalian. Teruskan saling menginspirasi!!

“It’s not what you take when you leave this world behind you. It’s what you leave behind you when you go.” (Randy Travis)

Bookmark and Share

10 Responses to Arisan Inspirasi di Kota Medan

  1. siska tarigan says:

    Terimakasih Pak Jos telah memuat kisah kami. Seperti kalimat pembuka yang Bapak tuliskan di kisah ini “Bukalah mata kita lebar lebar dan lihatlah di sekitar kita”. Banyak hal yang membuat kita merasa berkelimpahan. Ketika berbagi kita akan merasa lebih penuh bukan menjadi kurang. Setidaknya itu yang saya rasakan. Dan memang terasa energi positif menyebar ketika kami selesai berbagi hal positif yang menginspirasi kami. Terimakasih juga Bapak telah menjadi bagian dari inspirasi kami. Dulu melalui kehadiran Bapak menaji Leader dan sekarang melalui buku Bapak. ☺

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Siska. Saya telah berbagi, dan gembira mendengar bahwa kalian ada sesi berbagi. Teruskan kebiasaan ini. Saya akan lebih sering menggunakan istilah Arisan Inspirasi ciptaan kalian, seperti dalam sharing session semalam. Inspirasi kalian sudah menyebar di Jakarta. Salam untuk tim

  2. Rolin says:

    Semoga energi positif terus mewabah di Kota Medan, sehingga aura kota Medan yang dikenal selama ini…akan berubah dengan aura/energi/ sikap positive dimana-mana.
    Dan itu dimulai dari “SAYA”
    Terima kasih Pak.
    HORAS

    • josef josef says:

      Setuju Rolin, sekaligus suka dengan pemikiranmu untuk turut menyebar energy positif. Dan tentu saja harus mulai dari SAYA, dan hari ini juga. HORAS !

  3. dini says:

    Thank pak josep…td pagi ada kehebohan sedikit di kantor..ternyata arisan inspirasi kami sangat diapresiasi oleh bapak…semoga dapat menularkan semangat bagi teman teman lainnya..salam hormat kami buat bapak….dan salam inspirasi….

    • josef josef says:

      Terima kasih Dini. Kehebohan yang menyenangkan. Saya suka antusiame teman2 disana. Tetap semangat menginspirasi

  4. lyna suwanto says:

    Terimakasih Pak sudah byk membuka wawasan Lyna walau Bapak hanya sebentar bersama kami

  5. Robert Affero says:

    Terima kasih pak Josef yang selalu menginspirasi dan menghadirkan nuansa positif bagi saya. salam sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan