Cara Gemilang Mempersiapkan Future Leaders

Posted on December 14th, 2012

Email yang Mempesona

SUNGGUH!! Saya memang serius memilih kata tersebut: Mempesona! Itulah reaksi saya ketika menerima email dari Verry Anggara Musriana (very.anggara.m [at] gmail.com), tertanggal 28 Oktober 2012 dan membaca subject email tersebut: Permintaan menjadi pembicara StudentsxCEOs Summit 2012. Dan lebih tersentak lagi ketika saya menyimak isi email sebagai berikut:

Dear pak Josef Bataona

Saya Verry Anggara, Mahasiswa ITB dan anggota dari sebuah organisasi pemuda bernama StudentsxCEOs

saat ini saya dan teman-teman StudentsxCEOs sedang mempersiapkan sebuah student-run business conference bernama StudentsxCEOs Summit 2012. yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2012 di Kampus Institut Teknologi Bandung. Di Summit ini nanti akan ada “talks” dari beberapa prominent-CEO di Indonesia, Workshop mengenai management, serta Job Fair.

Kami sangat ingin mengundang pak Josef untuk menjadi pembicara dalam Summit ini setelah direkomendasikan oleh pak Handry Satriago (CEO General Electric). Tulisan-tulisan bapak di website pribadi bapak juga sangat menginspirasi dan mendidik. Kami ingin bapak berbagi dengan mahasiswa-mahasiswa yang hadir di conference ini mengenai perjalanan karir bapak dalam dunia HR. Rencananya kami akan mengundang beberapa CEO (atau C-level management lain) dari segmen industri yang lain (seperti telekomunikasi, energi, manufaktur, dll). ………. Terima kasih banyak.

Tentu saja saya dengan antusias menerima tawaran ini dan SETUJU!!

Untuk apa Organisasi StudentsxCEOs?

Komunitas StudentsxCEOs dibentuk pada 2010, dengan anggota yang dipilih dari berbagai Universitas di Indonesia. Misi mereka adalah mempersiapkan Indonesia’s Top-tier students untuk menjadi Future Business Leaders. Untuk itu mereka sangat berkeinginan untuk belajar langsung dari para CEO atau C-Level management tentang pengalaman sukses mereka. Dan tidak tanggung-tanggung, banner berikut ini merupakan jawaban dari para Top Leaders untuk sharing pengalaman di forum Minggu, 9 Desember 2012, di Kampus ITB Bandung.

CEO yang Menyuarakan Pentingnya Personal Development

Saya tampil pada acara tersebut di sesi pertama pagi, bersama pak Arwin Rasyid, CEO CIMB Niaga, Jodjana Jody, Chief Executive Auto2000 dan Mardi Wu, Presiden Direktur Nutrifood. Pada kesempatan itu saya mengawali presentasi dengan kisah seorang putra nelayan dari desa Lamalera, Lembata NTT yang berjuang menapaki tangga karier. Dan dia yang bernama Josef Bataona, menapaki kehidupannya dipandu motto hidupnya: “Be Yourself, but Better Everyday”, sebuah motto yang terus mengingatkan dia untuk belajar setiap saat, agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik hari ini dibandingkan dengan hari kemarin, dan besok lebih baik dibandingkan dengan hari ini.

Ternyata banyak sekali moment dalam perjalanan itu, yang justru mempersiapkan saya untuk perjalanan selanjutnya. Dan ini saya temukan setiap melakukan refleksi/kilas balik. Karena itu pesan saya kepada students, calon pimpinan masa depan untuk melaksanakan setiap tugas yang dihadapi dengan sebaik-baiknya.

Disamping melaksanakan yang terbaik, langkah untuk terus membangun network adalah juga penting. Ketika saya mendapat tugas sebagai HR Manager Asia Pacific untuk Quest International, sebuah anak perusahaan Unilever, saya baru menyadari bahwa kebanyakan pimpinan Unilever di kawasan itu adalah orang-orang yang pernah saya bekerja sama dengan mereka. Karena itu, setiap kali saya memerlukan bantuan mereka di negara masing-masing, dengan mudah mereka mengulurkan tangan untuk membantu.

Dalam butir-butir tips sebagai bekal untuk para calon Pimpinan masa depan, Pak Arwin Rasyid mengedepankan:

  1. Open Minded and ready to change.
  2. Miliki karakter sebagai manusia pembelajar, terus belajar dan mencoba hal baru
  3. You don’t know what you don’t know, karena itu cari mentor, belajar dari senior yang sukses.
  4. Kejarlah prestasi bukan jabatan.
  5. Dalam mengambil keputusan, gunakan kompas.
  6. Jadilah manusia yang pandai bersyukur.

Tidak lupa saya mengakhiri presentasi saya dengan mengedepankan pentingnya INTEGRITAS. Dan ini merupakan “Conditio Sine Qua Non” sebuah syarat mutlak untuk belajar menjadi pribadi yang layak dipercaya, sebelum menjadi pimpinan yang layak dipercaya. (Trustworthy)

Moment Interaksi

Belum cukup mendengarkan presentasi, selama coffee break, para peserta StudentsxCEOs terus memperlihatkan keingin-tahuan mereka, dengan semangat belajar tinggi, menggali lagi berbagai aspek pengalaman menuju ke puncak, siapa tahu ini merupakan sumber inspirasi bagi mereka juga untuk menuju puncak karier mereka nanti. Foto di bawah ini memperlihatkan kerumunan peserta yang merasa lebih penting terus mendapatkan sharing pengalaman daripada ngopi.

Dan melalui twitter kami terus memonitor, betapa bersemangatnya para peserta untuk terus belajar dari pembicara2 lainnya sampai sore hari. Dan di akhir sesi sore itu, @jungnovi berkicau:

Thank you for today @StudentsxCEOs @SxCsummit, great and inspiring

Sementara itu @sxcsummit mengakhiri kicauannya dengan:

Nah buat teman2  semua, khususnya peserta SxcSummit2012, jangan lupa menerapkan semua ilmu yang sudah didapatnya

Harapan saudara Very Anggara, yang disampaikan dalam kata pembukaan, bukanlah hal yang berlebihan: “Semoga para students yang hadir hari ini, suatu waktu akan tampil sebagai Top leaders di berbagai organisasi, terutama di Indonesia”

Dan ini juga sejalan dengan yang dipaparkan oleh Paulo Coelho dalam bukunya berjudul Alchemist:

“If you have a dream and you commit to achieve it, all the universe will conspire to help you to achieve it”

Bookmark and Share

14 Responses to Cara Gemilang Mempersiapkan Future Leaders

  1. Imel says:

    Nice sharing,,,
    Sungguh kesempatan yg sgt bharga bisa bbicara dan berdialog di dpn generasi muda yg penuh potensi, sang pembicarapun penuh potensi dan semangat yg luar biasa, luv u sir,,,

    • josef josef says:

      Terima kasih Imel. Saya suka semangat anak2 muda ini, dengan mimpi yang mereka bangun, sudah mempersiapkan diri sejak dini. Saya dukung sambil doakan mereka sukses sebagai pemimpin masa depan. Salam

  2. erlina says:

    Congrats yaa Pak…. Mempesona 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Erlina. Saya sendiri juga terinspirasi dengan pola pikir para students, dan langkah yang mereka ambil untuk mempersiapkan diri menjadi pimpinan masa depan. Salut pada mereka !

  3. Elmail says:

    Salam Kenal Pak josef,

    Baru sekali beretemu rasanya sudah sangat akrab.
    kisah Anak nelayan sangat inspiratif “Meskipun Anak Nelayan itu tidak ikut berburu paus,Menurut Saya Anak itu salah satu dari lamafa( Pemburu Paus)”.
    Semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan dan kita semua bisa lebih sukses dari hari kemarin.

    • josef josef says:

      Terima kasih dan salam kenal juga. Namamu Elmail Novel ? Terima kasih telah mengunjungi dan menyimak blog ini. Nampaknya anda tahu benar kisah penangkapan ikan paus. Sukses selalu, semoga bisa jumpa di lain kesempatan

  4. Tromol says:

    Dear Pak Josef,
    LUAR biasa acara ini dimana salah satu pendekatan yang sangat ditunggu-tunggu rekan mahasiswa yang tentunya akan memotivasi mereka untuk mengenal dunia kerja sedini mungkin dan merupakan kebanggan tersendiri bagi mereka bisa sharing experience dengan CEO dari berbagai perusahaan yang ternama di Indonesia.

    Semoga kesempatan ini dapat dipergunakan rekan-rekan mahasiswa untuk meniti masa depan yang lebih baik.

    Tks n Sukses Selalu!

  5. Nuryadi says:

    Terimakasih Pak Josef atas sharingnya,

    Saya sangat senang sekali bisa bertemu bapak langsung di acara tersebut, meskipun beberapa jam tetapi saya sangat terinspirasi sekali dengan sharing bapak hingga saya lupa “coffee break” karena saya pikir sharing lebih penting daripada “ngopi”.
    Saya akan implementasikan sharing bapak untuk mencapai impian saya. Semoga saya dapat bertemu bapak kembali.

    Thanks n Salam Sukses.

    • josef josef says:

      Terima kasih Nuryadi atas perhatiannya pada sharing di Bandung, dan juga kaena telah mengunjungi blog dan menyimak kisah2 disana. Di Blog telah hadir lebih dari 100 kisah kehidupan, siapa tahu bermanfaat. Salam

  6. Wah sepertinya seru sekali acara-nya Pak Josef.
    Sukses selalu berbagi dengan generasi muda harapan bangsa.

    • josef josef says:

      Betul Noer, acaranya seruh dan penuh antusias. Semua students sungguh menyimak serius setiap presentasi hingga akhir. Kami percaya semua materi itu bisa menjadi bekal bermanfaat bagi mereka. Terima kasih Noer. Salam

  7. ahimsa says:

    terima kasih pak atas sharingnya, semoga kita semua bisa membangun indonesia menjadi lebih baik

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Ahimsa. Kita bisa mengubah Indonesia kalau kita mau mengubah diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan