Memaknai Pesan Alam Semesta

Posted on January 24th, 2020

“Every day the existence of the universe depends on whether you care enough to create it.” (Paul Williams)

MEMBUKA mata hati kita, maka kita akan bisa melihat jelas berbagai pesan yang disampaikan oleh alam semesta, melalui peristiwa yang hadir di hadapan kita. Ada tiga hal yang hadir di pagi itu, seakan merangkai sebuah cerita yang berkaitan satu sama lain, tapi dengan sebuah makna yang penting, terutama bagi perjalanan hidupku sendiri.

Secangkit Kopi yang Mengubah Hidup

Jelang jam 08:00 seorang kawan membagi video melalui WA. Judulnya: “Secangkir Kopi dan pesan hangat yang mengubah kehidupan.” Ada seorang pria Kanada, Oliver,  yang sering membeli kopi di drive-thru. Saat membeli kopi, ia sering membeli makanan ringan untuk pengemudi di belakang mobilnya. Dia selalu meminta pelayan drive-thru untuk menyampaikan pesan hangatnya kepada pengemudi tersebut: “Semoga harimu menyenangkan.” Empat bulan berselang, istri Oliver membaca sebuah artikel di koran yang menarik perhatiannya dan membuatnya menangis. Ia segera memberitahu oliver. Artikel itu berjudul: “Secangkir Kopi dan Biskuit Menyelamatkan Hidup Seorang Pria.”

Ceritanya, ada seseorang yang mengalami hidup yang sulit, dan 18 Juli hampir menjadi hari terakhir dalam hidupnya. Tapi hari itu, saat dia ke drive-thru untuk membeli kopi, dan saat membayar pelayan disana tersenyum dan berkata bahwa pengemudi di depannya telah membayar dan berpesan semoga harinya menyenangkan. Pria itu kaget, tapi percaya pada Tuhan dan Mukjizat. Dia pikir itu adalah sebuah pertanda, ada alasan dibalik itu. Pulang rumah dia menangis dan memutuskan untuk menggunakan hidupnya untuk membantu orang lain. Sejak hari itu dia selalu membantu orang lain dan hidupnya telah berubah, menjadi lebih bermakna.

Oliverpun terkejut setelah membaca artikel itu, siapa menyangka, secangkir kopi bisa mengubah hidup seseorang. Kitapun terkadang tidak menyadari, bahwa sebuah perbuatan kecil yang kita lakukan, bisa menginspirasi orang lain. Karena itu, jangan pernah lelah membantu dan membagi kebaikan pada orang lain.

Belajar dan mengaplikasi dalam kehidupan

Bukan pula sebuah kebetulan, bahwa beberapa menit kemudian di pagi yang sama, ada postingan di LinkedIn oleh Yosep Ponco Saputro, yang menarik perhatian saya, Saya kutip secara utuh sebagai berikut:

“Hal yang paling saya sukai adalah belajar dari orang sukses dan mengaplikasikannya langsung ke dalam kehidupan kita sehari hari.”

 

Seperti pada saat saya belajar dari Pak Josef Bataona yang dimana ketika first time bertemu beliau di Learning Centre kami.

“Padi semakin berisi semakin merunduk”. Itulah kesan pertama saya terhadap beliau. Saya sangat kagum dengan beliau yang memiliki banyak penghargaan dan pengalaman amazing. Beliau sering sharing kepada  keluarga Selamat Pagi Indonesia bahwa menjadi seorang #valuableperson itu sangat penting. Mengapa?

Karena dengan kita menjadi seorang yang sadar bahwa kita adalah #valuableperson kita akan tahu bahwa Tuhan ternyata mencintai hidup kita. Kita masih bisa diberikan pekerjaan & bukan hanya bekerja, tapi kita bisa berkarya & memberikan dampak lebih bagi organisasi & perusahaan.

Ketika kita menjadi seorang #valuableperson maka Tuhan akan memberikan banyak sekali rahmat, berkat Nya untuk kita.

 

Salah satu cara untuk menjadi #valuableperson, Bersyukur atas :

  1. Kehidupan yang kita miliki hari ini.
  2. Oksigen yang kita hirup dengan segar di pagi hari
  3. Anggota Tubuh yang lengkap
  4. Ayah, Ibu, Istri, Anak, & Keluarga yang kita miliki
  5. Pekerjaan dan Tanggung Jawab yang diberikan & dipercayakan kepada kita hingga hari ini

Itulah step awal untuk kita menjadi #valuableperson, demikian kesimpulan yang diutarakan oleh Yosep Ponco Saputro.

 

Discover Your True Calling

Bersamaan dengan kedua pesan diatas, hadir News Letter dari Erickson International yang ditujukan kepada alumninya sejagat, dengan judul yang provoking: How to discover your true calling.

Isinya menggoda pembaca dengan pertanyaan: Is coaching your calling? Bila jawabannya IYA, dia kembali mengingatkan kita semua akan “Solution-Focused coaching skills” yang memungkinkan kita membuat transformational change bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tidak berhenti disitu, berbagai pertanyaan menginspirasi diajukan untuk kita sendiri mencarikan jawabannya, dalam kaitan dengan discovering true calling:

  1. How often are you focusing your mind on being who you want to be, doing what truly inspires you, or experiencing the results that you know you can produce?
  2. How much do your daily actions align with who you really are?
  3. How fully alive are you being on your own terms?
  4. How much do you wholeheartedly engage and enjoy each moment, no matter where you are or what you are doing?

Whatever life looks like for you, the answers to these questions define how powerfully you play the game of life.

Penguasaan Coaching dan pengembangan diri secara berkelanjutan merupakan unsur penting untuk membantu masing-masing kita untuk: “to build on our purpose and develop our hero’s journey, following our own heartfelt calling.”

Dengan sepenuh hati menanggapi panggilan hidup kita masing-masing, tanpa disadari banyak hal yang muncul begitu saja di hadapan kita, dihadirkan oleh alam semesta, seperti pesan Marilyn Atkinson yang saya petik untuk mengakhiri tulisan ini.

“When you decide to live your purpose and go for what you really want, amazing things start to occur. We start to believe that the universe is in our corner; with this clarity of belief, anything is possible.” (Marilyn Atkinson)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih mba Meisia, batuknya sudah hilang berkat resep tradisional

Meisia:
terima kasih sharing tips nya pak… Ternyata obat-obatan itu ada di sekitar kita ya.. BTW semoga udah...

josef:
Terima kasih sama2 Santi, semoga lebih banyak leader yang mau belajar coaching untuk menunjang tugas...

Santi Sumiyati:
Selamat malam Pak Josef, terima kasih untuk tulisannya yang selalu saja memberikan suatu insight...

josef:
Selamat Pagi pa Riyadno. Kami sehat-sehat saja. Tolong japri saya di wa jadi saya tahu no hpnya masih sama...


Recent Post

  • Agar Sehat dan FIT
  • Evaluasi Leadership Program
  • Kesalahan BESAR Seorang Pemimpin
  • Memaknai Pesan Alam Semesta
  • Waiting Time is Learning Moment
  • #GEMprogram3 Mulai Bergulir
  • Bersyukur: Sumber Kebahagiaan
  • Membuka Peluang Belajar
  • Pilihan Buku Pilihan Hidup
  • Membekali Agen Perubahan