Menginspirasi dengan Perilaku Positif

Posted on October 23rd, 2018

“Positive thinking is more than just a tagline. It changes the way we behave. And I firmly believe that when I am positive, it not only makes me better, but it also makes those around me better.” (Harvey Mackay)

MULAI DARI DIRI SENDIRI. Ingin menciptakan lingkungan yang positif, mau mengajak orang lain berperilaku positif, mulailah dengan komitmen untuk hari-hari kita diisi dengan hal-hal positif.

Biasakan dengan membangun mindset positif, membaca dan menyimak kisah-kisah positif, mengucapkan kata-kata positif menginspirasi, dan tentu saja berperilaku positif. Tanpa disadari, kita telah mempersiapkan diri untuk menjadi role model, karena kata orang bijak, contoh perbuatan nyata berbicara lebih lantang daripada kata-kata.

Selanjutnya kita diharapkan untuk juga menginspirasi yang lain sekitar kita untuk juga berbuat dan berperilaku yang positif. Mudah?

Tentu saja tidak mudah, tapi daripada menunggu tanpa perbuatan nyata, kita bisa mulai dari lingkungan terdekat: keluarga, tim kecil di lingkungan kerja, lingkungan pertemanan, dan lain-lain. Atas pemikiran sederhana ini, saya pun membiasakan diri untuk membagi “inspiring quotes” kepada teman-teman di pagi hari, untuk mengajak kita semua membangun mindset positif, bahkan sebelum kita memulai aktivitas di tempat Kerja.

Makna Menyampaikan Kabar Baik

Salah satu kebiasaanku yang juga menarik penulis buku Positive Energizer, bapak M. Taufiq Amir, untuk menyertakannya dalam buku tersebut adalah, bahwa saya sering memberikan kartu ucapan terima kasih yang ditulis dengan tangan sendiri bagi anggota timku atau karyawan yang perlu mendapat apresiasi. Ini merupakan salah satu langkah positif yang dimulai dari diri sendiri, yang bisa membangkitkan emosi positif dalam diri.

Tapi dampak bagi yang menerima pun luar biasa. Pertama dia merasa apa yang dikerjakan mempunyai nilai tertentu dan diapresiasi. Hal ini juga akan membangkitkan emosi positif dalam dirinya untuk berbuat yang sama. Karena itu bukan kebetulan bahwa saya juga banyak menerima ucapan terima kasih atau tulisan mengapresiasi dari para sahabat.

Dalam kotak perhiasan di foto ini, saya simpan berbagai kartu apresiasi tersebut, termasuk dari seorang murid SD asal Filipina, putri rekan direksi yang mengirimkan kartu ucapan terima kasih kepadaku, hanya karena saya membawakan oleh-oleh krupuk kemplang sekembalinya saya dari perjalanan dinas ke Palembang. Krupuk ini adalah kesukaannya. Dan kartu ucapan terima kasih yang cantik itu hanya dibuat dengan crayon di atas kertas hvs. Sungguh kreatif.

Dia gembira selain karena dapat krupuk, juga karena ada yang paham tentang kesukaannya dan memberikan perhatian kecil melalui oleh-oleh tersebut. Kartu ucapan terima kasih dari Celsie Gomes tersebut selain tersimpan di kotak tersebut, juga saya jadikan sebagai slide terakhir di setiap presentasi saya. Ini untuk mengingatkan saya selalu, kalau ada seorang anak kecil yang berbesar hati mengajarkan saya untuk selalu bersyukur, mengucapkan terima kasih.

Menginspirasi dengan Perilaku Positif

Judul ini juga merupakan judul Pengantar di buku Positive Energizer yang ditulis Pak Taufiq Amir.

Saya kutip selengkapnya sebagai berikut:

Langkah menciptakan lingkungan yang positif di manapun kita berada, bukan hanya suatu kewajiban tapi sebuah panggilan hidup, sekaligus ungkapan rasa syukur akan kesempatan hidup yang bermakna di alam semesta ini.

Dalam proses Pengembangan Sumber Daya Manusia di perusahaan, para praktisi sudah mulai menyadari bahwa dalam era dengan perubahan yang sangat cepat, kita perlu memberikan perhatian lebih banyak kepada kekuatan seseorang. Dengan meningkatkan kekuatan yang sudah dimiliki, mudah-mudahan elemen kekurangan/kelemahan yang bersangkutan bisa diatasi atau diredam karena kekuatan tersebut bisa tampil lebih dominan dalam perbuatan dan perkataannya.

Banyak kejadian setiap hari yang hadir di hadapan kita, entah itu besar atau kecil, entah itu positif atau negatif, akan memacu kita untuk memberikan response sambil terus belajar, asalkan kita mau membuka diri untuk belajar. Ini merupakan pilihan masing-masing individu. Termasuk di dalamnya adalah belajar menemukan jalan untuk mengubah situasi kurang menyenangkan menjadi positif.

Misalnya, jalanan macet bisa membuat banyak orang marah-marah atau menyalahkan orang lain, tapi ada juga yang memanfaatkannya untuk menikmati lagu kesukaannya atau membaca buku yang menarik. Di tempat kerja kami, pendekatan ini kami kemas dengan konsep “Choose Your Attitude” yang mengingatkan setiap orang untuk memulai harinya dengan penuh kesadaran bahwa hari ini dia mempunyai pilihan untuk berperilaku positif.

Dalam kapasitas sebagai seorang pemimpin dalam organisasi atau di tengah masyarakat, kita bukan saja diajak untuk berperilaku positif, tapi bahkan dituntut untuk  menginspirasi lebih banyak lagi orang agar juga berperilaku positif. Dengan demikian konsep “leaders create more leaders”, hendaknya dibaca sebagai positive leaders create more positive leaders. Dan tentu saja mereka akan menjadi role model yang meradiasikan gelombang positif melalui perbuatan sehari-hari, yang akan dengan muda dicontoh oleh anggota timnya.

Hadirnya buku “Positive Energizer” oleh bapak M. Taufiq Amir akan disambut baik oleh para praktisi yang senantiasa berusaha belajar menjadikan pribadinya lebih baik, lebih positif dari waktu ke waktu, sehingga pada gilirannya kita akan mampu menciptakan masyarakat yang lebih positif menuju dunia yang lebih positif.

Harapan Sekaligus Doa

Harapan di akhir Kata Pengantar tersebut sekaligus merupakan doa, baik dari saya maupun sang penulis atau semua sahabat kita, semoga kita dimudahkan dalam membuat komitmen dan mengambil langkah-langkah untuk berbuat baik, demi lingkungan dan Indonesia yang lebih baik.

“There is little difference in people, but that little difference makes a big difference. The little difference is attitude. The big difference is whether it is positive or negative.” (W. Clement Stone)

Catatan:

Karena kesibukan training di akhir minggu ini, maka tidak akan ada postingan di blog di hari Jumat, 26 Oktober 2018. Postingan baru akan hadir di Selasa, 30 Oktober 2018.

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

2 Responses to Menginspirasi dengan Perilaku Positif

  1. Thankyou Pak Josef, walaupun hanya bertemu sekali, tetapi setiap ucapan bapak sangat menginspirasi. saya berharap dimoment berikutnya, saya bisa bertemu dengan bapak.

    Salam
    Denitri
    CHRP44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kaaih sama2 Santi, yang saya angkat adalah keseharian, yang bisa dialami siapa saja. Dan tujuannya...

josef:
Terima kasih sama2 Santi. Untuk test online, search saja di google. Salam

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, saya suka bertanya tanya sendiri, mengapa setiap selesai membaca tulisan...

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, terima kasih untuk ilmunya yang baru buat saya. Bila kita ingin mengikuti...

josef:
Terima kasih Santi, semua kejadian pasti ada hikmatnya, tergantung bagaimana kita menanggapinya.


Recent Post

  • Pemimpin Berkarakter Positif
  • Dampak Kata-Kata Positif
  • Enneagram: A Journey of Self-Enlightenment
  • Agar Lulus Meredam Ego
  • Menginspirasi dengan Perilaku Positif
  • Suara Hati Karyawan
  • Transformasi Berkelanjutan
  • Pemimpin dengan #180FitChallenge
  • Makna Terima Kasih Seorang Pemimpin
  • Di Antara Bebatuan Ini Kami Dibesarkan