Rahasia Leadership Baba Rafi Kebab

Posted on June 24th, 2016

“Every great dream begins with a dreamer. Always remember, you have within you the strength, the patience, and the passion to reach for the stars to change the world.” (Harriet Tubman)

TRANSFORMASI MINDSET UKM LOKAL menjadi Mindset Bisnis Global. Dan seluruh karyawan didorong untuk merealisasikannya. Kira-kira itulah makna COURAGE dalam keseharian di Baba Rafi.

Saya berkesempatan untuk hadir di tengah mereka, karyawan dan pimpinan di kantor pusatnya. Begitu tiba di Graha Babarafi di daerah Fatmawati Jakarta Selatan, sudah ada karyawan yang siap mengantar saya kepada pimpinan mereka. Karena masih ada waktu saya meminta untuk menengoki tempat acara untuk melihat bagaimana tata ruang, setting komputer, lighting seputar screen dll. Ini merupakan kebiasaan saya untuk melihat kalau-kalau ada yang perlu dipersiapkan lagi sebelum acara dimulai.

Berikut foto bersama Pak Hendy dan anak-anaknya.

1_Rahasia Leadership Baba Rafi Kebab

Prestasi dan Penghargaan

Saya menapaki tangga demi tangga secara perlahan menuju lantai tiga. Kagum menyaksikan semua dinding dipenuhi berbagai penghargaan. Saya juga menyaksikan dua atau tiga lemari di lantai yang berbeda berisi berbagai penghargaan, sampai saya berkomentar pada Pak Hendy Setiono, Presiden Direkturnya, “Sepertinya kita akan memerlukan gedung tambahan untuk menampung berbagai tambahan penghargaan.”

Dengan nada merendah, beliau cuma berujar: “Ini karena bossnya narsis.”

Dalam sharing session, saya menggaris bawahi bahwa bekerja secara sungguh-sungguh tidak harus pada saat pimpinan berada di tempat. Setiap saat kita seakan berada di atas panggung. Semua mata melihat kita, baik di dalam perusahaan maupun di luar sana: konsumen, pelanggan dan pasar melihat kita, menyimak, mengikuti gerak langkah kita, baik individu dalam peran tertentu, tapi juga secara kolektif sebagai organisasi atau bisnis. Buah dari semuanya sedang dipetik.

2_Rahasia Leadership Baba Rafi Kebab

Luar Biasa

Begitu saya menyapa karyawan dan pimpinan yang hadir dengan, “Apa kabar?” mereka serempak menyahutiku dengan, “Baik.” Saya pun bereaksi dengan bertanya, “Baik? Saya tadi berjalan lewat tangga menuju lantai tiga dan menyaksikan berbagai penghargaan yang didapat. Dan menurut saya itu adalah pencapaian yang luar biasa.” Karena itu saya mengulang sapaan saya, “Apa kabar”, dan dengan serempak penuh gairah mereka menjawab, “Luar Biasa!”

Saya lanjutkan dengan penjelasan. Ucapan Luar Biasa yang kalian ucapkan adalah merupakan konfirmasi dari hasil yang sudah kalian capai, sekaligus ada komitmen untuk melanjutkannya. Seluruh dirimu, pikiran dan hati kalian semua seakan diajak berjanji bahwa kita hanya menerima yang “Luar Biasa”, tidak sekedar hasil yang biasa-biasa saja. Sementara itu konsumen sangat demanding. Luar Biasa hari ini bisa saja menjadi biasa-biasa saja di hari esok. Karena itu, daya kreatif, inovasi terus dikerahkan untuk menanggapi semua ini, untuk memberikan produk dan jasa yang luar biasa.

Visi dan Misi yang Hidup

Berawal dari hanya sebuah gerobak di Surabaya pada 2003, Pak Hendy Setiono mulai melangkah pasti. Nama Baba Rafi yang diambil dari Baba = panggilan ayah/bapak dan Rafi, nama anak pertamanya. Dengan pesatnya kemajuan diraih sehingga 4 tahun kemudian dia putuskan untuk memindahkan kantor pusat ke Jakarta.

Visi Baba Rafi berbunyi:

“Strive to be the largest, the most profitable and the most influential Kebab Chain in the world”

Dengan model bisnis franchise dia mulai melirik manca negara, dimulai dengan Malaysia dan Philipina di 2009, dan saat ini sudah merambah juga ke Brunei, Singapura, Srilangka, China, Belanda dan segera akan hadir di Bangladesh. Dan sekarang mereka sudah mempunyai 1.300 outlet di Indonesia dan manca negara

Visi Misi mereka bukan sekedar sesuatu yang dibingkai cantik dan ditempelkan di dinding, tapi merupakan komunikasi yang aktif kepada karyawan, pesan memotivasi yang bisa diakses karyawan dalam keseharian. Dan karyawan terus menyaksikan sukses demi sukses dalam perjalanan meraih Visi tersebut. Pimpinan pun terus menggaris-bawahi di berbagai komunikasi bahwa ini merupakan kontribusi semuanya.

Karyawan Profesional

Mengantisipasi perkembangan perusahaan yang pesat, ditambah lagi dengan ambisi merambah manca negara, Pak Hendy mengambil keputusan yang perlu diacungi jempol: merekrut dan develop karyawan professional. Saat ini operasinya dikawal 800 karyawan langsung dan 1.900 tidak langsung. Mereka meyakini bahwa butir-butir misi berikut ini, adalah sebuah komitmen, sebuah janji yang harus dipenuhi, bukan saja oleh seorang pimpinan tapi juga oleh seluruh karyawannya. Bunyi Misi Baba Rafi Kebab:

“We strive to be the world’s biggest kebab chain by providing high quality affordable meals with superior service to our franchisees and customers. We are also devoted to improving our human resources and implementing socially responsible programs that support our communities and shareholders”

Sharing saya hari itu dihadiri oleh sekitar 150 orang di kantor Jakarta dan 200 orang lainnya di tiga kota yang berbeda. Mereka adalah professional yang sudah dan akan terus membawa perusahaan ini menjadi Chain Global. Pimpinan perusahaan di semua lini sangat percaya bahwa semua janjinya kepada konsumen dan pelanggan hanya akan dipenuhi kalau mereka terus fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusianya.

3_Rahasia Leadership Baba Rafi Kebab

Sharing adalah Konfirmasi

Dalam mempersiapkan tulisan ini, saya merasakan sebetulnya butir sharing saya kemarin adalah mengangkat mutiara kehidupan bisnis di lingkungan Baba Rafi, kemudian menggaris bawahinya:

  1. Motoku “Be Yourself but Better everyday” terasa bukan milik saya sendiri. Profesional yang direkruit adalah mereka yang mampu mendemonstrasikan skill dan juga komitmen untuk terus belajar menjadi karyawan atau pimpinan yang lebih baik dari waktu ke waktu sejalan dengan tuntutan konsumen dan pelanggan.
  2. Hidup di rumah kaca: Kedekatan pimpinan dengan karyawan, seakan membuka sekat antar mereka, mengurai hambatan hirarkis, sehingga komunikasi keseharian leluasa mengalir ke atas maupun ke bawah atau secara horizontal, dan perilaku pimpinan akan dengan mudah menginspirasi dan dicontoh karyawan.
  3. Setiap momen, mempersiapkan masa depan individu maupun perusahaan. Tidak ada yang kebetulan. Laju perkembangan yang bermula dari sebuah gerobak sederhana di Surabaya, cukup bercerita tentang langkah mereka meraih Visi/Misinya.
  4. Mensyukuri, merayakan, kemudian terus melangkah: Hari itu, saya hadir bersama mereka, di tengah suasana mensyukuri, mensyukuri berbagai berkat sukses yang diperoleh sejauh ini.

Seluruh kemampuan inderaku sengaja dikerahkan untuk merekam siatuasi di sana. Dan saya tergelitik untuk kemudian menelpon Pak Hendy Setiono untuk konfirmasi beberapa pengamatanku. Dan berikut ini konfirmasi beliau:

Kunci Sukses dan Model Kepemimpinan

Ada tiga unsur penting yang menjadi Kunci Sukses Baba Rafi:

  1. Courage: karyawan didorong untuk berani, berinovasi, mencoba yang baru, membuat terobosan, mengubah mindset UKM lokal menjadi Mindset Global.
  2. Passionate, menyukai apa yang dikerjakan, bekerja dari hati, passionate untuk Go Global.
  3. Belajar: tidak pernah puas, belajar untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, belajar menelorkan ide-ide dan kreasi baru.

Sementara itu berada beberapa saat di tengah karyawan Baba Rafi sore itu saya merasakan ada keunikan gaya kepemimpinan Pak Hendy. Ini konfirmasinya:

  1. Intra-preneurship: menciptakan peluang mencetak mindset entrepreneur di semua divisi dan antar divisi, mendorong mereka berpikir out of box, berani punya ide sendiri, dengan pendekatan bottom up.
  2. Empower karyawan mulai dari bawah di tingkat operator, middle management, untuk bertindak sesuai fungsi masing-masing, tapi dengan fokus demi tujuan bersama
  3. Mendorong karyawan untuk bergerak cepat, berani mengambil keputusan, bekerja untuk sebuah tujuan yang lebih besar dari diri mereka, bukan sekedar untuk menerima gaji.
  4. Kedekatan: Pak Hendy memang dekat dengan karyawan, tidak segan membaur, tapi dia juga tahu kapan harus mengambil jarak. Menurut Pak Hendy, boleh jadi karena usianya yang tidak terpaut jauh dari rata-rata usia karyawannya yang 30 tahun ke bawah.

Sukses yang diraih Baba Rafi sejauh ini bukan sebuah kebetulan. Ini merupakan hasil dari sebuah komitmen untuk membawa sebuah UKM Lokal menjadi  Perusahaan Global, sesuai Visi yang digariskan di 2009: “Strive to be the largest, the most profitable and the most influential Kebab Chain in the world

Kita semua boleh turut berbangga, karena kiprah Baba Rafi di manca negara akan mengharumkan nama Indonesia, dan sekaligus menginspirasi kita semua, bahwa kita juga BISA.

“EXCELLENCE: is the result of caring more than others think is wise, risking more than others think is safe, dreaming more than others think is practical and expecting more than others think is possible.” (Unknown)

Bookmark and Share

4 Responses to Rahasia Leadership Baba Rafi Kebab

  1. Budi Rachmat says:

    Wow… luar biasa. Ilmu/teori dan pelaksanaannya…

    Salam, @budi_rachmat

  2. Sandra says:

    Siang dan apa kabar Pak?
    Thanks atas inspiring sharingnya. Terpenting adalah prosesnya yah pak result akan mengikuti.Juga semangat pantang menyerah. Keep survive.

    Pak saya juga ada kirim email via japri jika Bapak ada waktu mohon responsenya. Thanks.

    • josef josef says:

      Terima kasih Sandra, masih sempatkan untuk mampir ke blog dan menyimak artikel ini. Saya sdh respond di WA. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan