VALUES Landasan Sukses

Posted on March 26th, 2021

“If we lose our human values by having everything mechanized, then machines will dictate our lives.” (Dalai Lama)

SITUASI NORMAL memungkinkan kita mempunyai banyak kesempatan untuk berbena, mempersiapkan masa depan, memberikan pembelajaran kepada karyawan demi meningkatkan kompetensi mereka. Kitapun akan menyimak kembali bagaimana semua pelaku dalam organisasi, baik pimpinan maupun karyawan hidup sesuai values. Berbagai inisiatif bisa dirancang untuk kembali menyemangati semuanya untuk menghidupi values tersebut. Bagaimana dengan situasi dewasa ini, dimana perubahan berjalan begitu cepat?

Cepat Tak Terduga

Kosa kata yang akan terus kita dengarkan adalah: FAST, dalam kaitan dengan irama perubahan, dan juga SHORT dalam kaitan dengan dimensi waktu bila kita ingin membuat perencanaan. Bahkan ada yang berani menyebutkan, bahwa kedepan kita akan semakin FASTER dan SHORTER. Berarti berbagai perencanaan kita dimasa mendatang akan berubah dalam dimensi waktu. Long term plan yang dulu bisa 10 tahun, mungkin akan berubah menjadi 1-2 tahun.

Dalam kaitan ini, banyak yang semakin berusaha memahami mengapa mereka melakukan pekerjaan ini. Apa MAKNA dibalik semua ini, yang kalau dipahami, akan menjadi motivasi, menjadi driver untuk berlari lebih cepat.

Consolidation Meeting dengan HR Teamku, 100 Managers se Indonesia, dengan tema Go Beyond, tanpa disadari merupakan persiapan sebelum disruption yang dialami dewasa ini (foto atas). Sementara itu, belajar bersama di Transformer Center (foto bawah), dengan Tema Valuable Leader, menjelaskan mengapa pentingnya memperkokoh landasan hidup organisasi berdasarkan VALUES, seperti paparan berikut ini.

Fast Forward

Menyimak Video harian yang dibagi John Maxwell berjudul Fast Forward, 12 Februari 2021, dia memberikan komen tentang situasi di masa mendatang:

Fast will be faster dibanding sekarang. Dengan teknologi dan sosmed yang ada sulit dibayangkan bahwa dunia bergerak dengan cara perlahan. Jadi faster akan lebih faster di masa mendatang.

Forward, akan menjadi shorter. Kita akan berjalan lebih cepat: faster dan shorter

Jadi kalau saat ini kita membuat rencana 2 tahun, banyak yang sudah ketinggalan, outdated. Bahkan seorang sahabat John, yang mempunyai perusahaan kimia mengatakan, bahwa apa yang mereka kerjakan sekarang, mungkin tidak ada lagi dalam 1.5 atau dua tahun. Shorter and faster. Semua yang diungkapkan ini, kita sudah paham, tapi pesan apa yang sesungguhnya mau dikedepankan oleh John?

Landasan VALUES dan TRUST

Kita harus punya VALUES yang kokoh. Dalam artian, kita di organisasi sudah harus melangkah dan bekerja sesuai values yang dipunyai. Karena begitu kita melangkah secara cepat, tak akan ada waktu lagi untuk memikirkan apa yang benar bermakna dalam kehidupan kita, apa prinsip2 yang memandu hidup kita. Kita seharusnya sudah paham, sudah menjadi habit.

Karena itu kita harus serius dengan values kita, tahu siapa diri kita, apa yang saya perjuangkan, karena begitu proses kehidupan ini dipercepat, kita tak akan ada waktu untuk memikirkan semua ini.

Untuk itu, TRUST harus dibangun dan diraih dalam keseharian, dimana para leader sungguh menjadi Role Model.

Steven Covey, dalam bukunya The Speed of Trust  mengatakan: Kalau kita punya TRUST, kita akan go faster, Mengapa? Anda tidak lagi menatap wajah teamnya dan menanyakan apa motifnya? Mengapa mereka lakukan itu, apakah ada agenda tersembunyi? Semua ini akan memperlambat proses kerja.

Kalau anda percaya akan pimpinanmu, anda akan bisa berlari cepat, karena tidak ada issue TRUST. Leader tidak akan mempertarukan trust dalam hal ini.

Pertanyaan2 yang bernada meragukan, apakah dia bisa dipercaya dan lain2, bisa kita singkirkan.

Karena itu, Values harus hadir dan hidup, TRUST  harus hadir dalam hubungan horizontal maupun vertical.

Dunia Terus Berubah

Saatnya juga menyikapi perubahan secara proaktif dan siap untuk melakukan adjustment. Tak ada yang konstan. Tak ada yang final.

Kitapun harus siap menerima, bahwa apa yang bagus kemarin, menjadi biasa2 saja hari ini dan kurang berarti besok. Dan begitu kecepatan tindak meningkat, adjustment juga harus dilakukan secara cepat. Kita hendaknya terbiasa dengan Sense of being comfortable dengan change, dengan adjusting and creating new things.

Values, trust, willing to be flexible hendaknya menjadi keseharian kita.

Memikirkan Fast and Forward, orang yang memiliki itu, dan memiliki team yang siap melakukan adjustment, akan sangat berhasil. Karena speed not only kills, speed also eliminates.

Begitu anda bergerak cepat, banyak orang akan menyimak the game. Akan lebih sedikit yang berlari dan lebih sedikit yang berhasil. Mereka yang berlari akan sukses. Karena itu, pesan John di akhir videonya: Fasten your seat belt, karena kecepatan meningkat, forward will be shorter.

“Our mission and core values drive our culture and are the foundation of our practice. We measure each decision against these standards.” (Chris Hanslik)

Catatan: Jumat 2 April 2021 tidak ada postingan karena hari libur

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Mudji, semoga sehat selalu. Kalau bisa bicara pasti bisa menulis. Yang diucapkan kalau dituangkan...

Mudji:
Masyā Allāh, bahagia sekali baca tulisan Pak JOS & semua sharingnya… Ternyata ketidak-pedean menulis...

josef:
Terima kasih Abu Azzam sudah menyimak cerita di blog ini. Saya sudah email link untuk pesanan buku online...

-:
Coach, saya dari papua barat, saya sangat berminat untuk memiliki bukunya “leader as meaning maker”....

josef:
Terima kasih Tasha untuk kunjungannya ke blog ini dan menyimak tulisan2 yang saya hadirkan disini. Bila terasa...


Recent Post

  • Terima Kasih Pintuku Dibuka
  • VALUES Landasan Sukses
  • BERMAKNA Bagi Orang Lain
  • Berani Bersuara
  • Saya Belajar Bersyukur dari Murid SD
  • Mengukir Positive Legacy
  • Coaching for Student’s Resilience
  • Mengasah Intuisi Menginterpretasi Simbol
  • Jeli Saat Menjadi Andalan
  • Banyak Cara Saling Menyapa