Daya Tarik Lingkungan Baru

Posted on November 18th, 2016

“Travel is more than the seeing of sights; it is a change that goes on, deep and permanent, in the ideas of living.” (Miriam Beard)

WARNA MERAH DAN PUTIH sangat mencolok di tempat-tempat umum sekitar tempat kami menginap. Kemeriahan menyambut pertandingan Southampton melawan Swansea sangat terasa. Kami pun tergoda untuk turut antri membeli kaos The Saint, agar terlihat menyatu. Dan support seperti itu seakan memberi semangat ekstra untuk The Saint, yang bertanding di markasnya di St. Mary’s Stadium, dan akhirnya memenangkan pertandingan dengan hasil 1-0.

daya-tarik-lingkungan-baru

Detail Perlu Diperhatikan

Perjalanan kami ke Southampton dalam rangka mengantar anak untuk melanjutkan kuliah di sana, bukan untuk menonton pertandingan sepak bola. Perhatian terhadap keriuhan pertandingan baru terasa ketika berada di tengah masyarakat sana.

Dan keputusan untuk memakai kaos The Saint tentu sudah pas. Namun ada pengalaman menarik ketika kami mengunjungi Portsmouth dan saya masih dengan kaos The Saint. Kawan yang mengantar kami, segera mengingatkan untuk menutupnya dengan jaket. Secara bercanda dia mengatakan, “Kita bisa dikejar orang-orang sini.”

Saya pun menurut, dan melalui penelusuran Google saya baru belajar hal yang sangat fundamental: saya sedang berada di wilayah Pompey, sebutan lain untuk Portsmouth, yang klub sepakbolanya merupakan musuh bebuyutan The Saint. Kata mereka: ‘Saints v Pompey: A History of Unrelenting Rivalry’.

Tentu saja memakai kaos The Saint di wilayah Pompey bukan merupakan tindakan yang tepat, karena bisa berakibat fatal. Kesalahan tersebut akan membuat saya terus belajar untuk lebih berhati-hati memasuki tempat-tempat baru. Terlepas dari pengalaman kecil ini, daya tarik Southampton dan Portsmouth tetap menarik untuk saya kembali lagi di kemudian hari.

Segera Membaur

Dalam lingkungan kerja, kita menyelenggarakan program pengenalan perusahaan, Induction/Orientation Program, bagi karyawan baru, dengan tujuan agar mereka mempunyai pengetahuan dasar, sebelum mereka terlibat lebih jauh dalam aktivitas sehari-hari. Walaupun kita tidak bisa berasumsi bahwa mereka sama sekali belum mengenal perusahaan. Teknologi justru sudah menolong mereka menemukan berbagai informasi yang membantu mereka untuk mengambil keputusan memilih perusahaan tertentu.

Karena program ini sekaligus merupakan gerbang masuk ke Perusahaan, maka umumnya dirancang sangat cermat dan serius. Visi-Misi dan Value Perusahaan akan menjadi daya tarik karena karyawan baru akan terus melihat kesesuaian ketika membandingkannya dengan Values diri mereka, tujuan hidup mereka sendiri. Mereka juga akan membuka matanya untuk mencermati apakah informasi yang dia peroleh tentang perusahaan itu sudah sesuai dengan apa yang diketahui sebelum bergabung.

Dan tentu saja tidak kalah pentingnya untuk mereka berkenalan dengan 5W 1H (Who, When, Where, What, Why dan How) dari aspek kehadiran mereka di perusahaan ini. Kita semua sudah mengalami ini dan tentu sangat mengapresiasi program ini.

Employer Branding

Banyak upaya yang dilakukan oleh Perusahaan untuk menciptakan daya tarik bagi pencari kerja. Yang punya pendekatan yang lebih komprehensif, akan berusaha membangun Employer Branding sebagai fondasi untuk memberikan gambaran pada para pihak tentang apa keunikan perusahaan ini. Tentang apa manfaat yang diberikan kepada masyarakat berkat kehadiran perusahaan, baik untuk karyawan dan keluarganya maupun untuk masyarakat umumnya, entah itu konsumen ataupun mereka yang tinggal di seputar lokasi kerja perusahaan.

Semua itu akan dilihat sebagai potret nilai sosial dan spiritual, selain nilai ekonomi dari hadirnya perusahaan tersebut.

Terkadang kita sangat fokus pada dunia pencari kerja di luar, mengunjungi kampus, job fair ataupun melalui social media, dan lain-lain. Tujuannya jelas, menarik pencari kerja untuk memilih perusahaan kita. Namun tidak kalah pentingnya adalah menyajikan komunikasi yang sama kepada karyawan yang sudah ada di dalam perusahaan, agar mereka lebih mengerti perusahaan dan mau berjuang demi kemajuan perusahaan untuk jangka panjang.

Dan komunikasi yang paling ampuh adalah perilaku para pimpinan di perusahaan itu, di mana mereka mendemonstrasikan kesesuaian kata dan perbuatan: Bagaimana karyawan diperlakukan setiap hari. Bagaimana kesesuaian Visi Misi dan Value di atas kertas dengan perilaku keseharian para pemimpin.

Semoga perilaku keseharian para pimpinan di organisasi, yang mendemonstrasikan keselarasan kata dan perbuatan, terus membuat karyawan percaya bahwa ini merupakan tempat untuk mereka tinggal dan berkarya, kalau perlu sampai pensiun.

“We live in a wonderful world that is full of beauty, charm and adventure. There is no end to the adventures we can have if only we seek them with our eyes open.” (Jawaharial Nehru)

Bookmark and Share

4 Responses to Daya Tarik Lingkungan Baru

  1. Ari Wibawamukti says:

    Hi Pak Josef,
    Perkenalkan nama saya Ari, sy praktisi dibidang HR sama seperti bapak hanya masih harus banyak belajar dan pada akhirnya saya ingin bisa bermanfaat banyak bagi banyak orang.

    Pak, tulisan diatas sangat bagus dan bermanfaat sekali. Saya sudah hampir 15 tahun bekerja di bidang HR dimana selalu berusaha menjadi jembatan bagi business dan employee engagement.

    Akantetapi pada saat kepada titik para pemimpin tidak bisa menjaga keselarasan drpada kata dan perbuatan justru akan me jadi bumerang bagi kita di HR.

    Mungkin bisa dishare tips and triks drpada menjaga para pemimpin kita untuk selalu komitment akan hal itu dan apa yang menjadi saran Pak Josef apabila melihat dari sisi lain sbg manusia, haruskah kita tinggalkan para pemimpin yang tidak bisa komitmen akan hal itu, tentunya kita sudah mencoba berbagai cara menyampaikan kepada para pemimpin dalam waktu yang cukup.

    Terima kasih banyak Pak Josef, dan jangan berhenti untuk terus menyirami kita yang masih junior ini…thanks.

    • josef josef says:

      Terima kasih Ari sdh sempat mengunjungi blog dan menyimak kisah ini. Jawaban pertanyaanmu ada diantara 460an artikel di blog ini. Berikan saya no telponmu. Saya akan jelaskan bagaimana mencarinya

  2. Yuanita Rahmi says:

    Dear p.Josef,
    saya memiliki pengalaman & kendala yg sama dgn sdr.Ari Wibawamukti.
    mohon bisa di share utk saran & langkah terbaik yg mungkin bisa saya terapkan atas kendala yg ada tsb. terima kasih.

    • josef josef says:

      Terima kasih Yuanita sudah sempatkan menyimak tulisan ini. Saya juga akan memberikan saran yang sama untuk Yuanita, seperti untuk Ari. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life